Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Menyanyi Bagi Anak

Minggu, 11 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Menyanyi Bagi Anak

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Ladiestory.id - Menyanyi merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Sebab, dengan menyanyi akan memberikan sensasi kesenangan pada anak. Bahkan, pada sebuah penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa tubuh manusia telah terbiasa dengan irama, seperti detak jantung, pernafasan serta gelombang otak.

Otak hingga sistem saraf manusia sudah tercipta berirama. Sehingga, tak ayal menyanyi dapat menjadi salah satu ritual terapi. Namun, apa saja sih manfaat menyanyi khususnya bagi anak? Yuk, simak penjelasanya berikut ini.

Hilangkan Stres

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Salah satu manfaat menyanyi bagi anak yang utama yaitu menghilangkan stres. Pada sebuah penelitian pada 2017, dilakukan pengukuran jumlah kortisol, hormon stres, serta air liur para peserta sebelum dan sesudah bernyanyi. Kemudian, ditemukan jumlah kortisol yang mulanya lebih tinggi berubah menjadi rendah setelah bernyanyi.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa menyanyi dapat membuat peserta menjadi lebih rileks dan mengurangi hingga menghilangkan stres. Selain itu, anak menjadi cenderung lebih bahagia, santai, dan ceria. Hal ini berbanding terbalik dengan anak yang tidak suka menyanyi.

Tingkatkan Imun pada Tubuh

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Kegiatan menyanyi dapat membantu anak untuk melepaskan hormon endorfin. Endorfin sendiri merupakan hormon yang meningkatkan perasaan positif. Selain itu, menyanyi dapat meningkatkan imunoglobulin A dan antibodi. Dua hal tersebut sangat efektif membantu tubuh anak dalam menangkal infeksi.

Hormon endorfin yang dihasilkan pun tak hanya meningkatkan perasaan positif hingga bahagia saja. Namun, juga membantu merangsang sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga, anak lebih kuat secara imunitas ketika menghadapi cuaca buruk atau musim penyakit tertentu.

Kurangi Perasaan Negatif

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Menyanyi juga dapat meredam hingga mengurangi perasaan negatif pada anak. Biasanya, anak sering mengalami kecemasan hingga rasa sedih karena keadaan lingkungan sekitarnya yang membuat dirinya tidak nyaman. Namun, dengan menyanyi dapat membantu anak lebih mampu mengendalikan perasaannya.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang bergabung dengan grup vokal atau paduan suara memiliki perbaikan kesehatan mental lebih baik dan dapat terhindar dari depresi atau kecemasan yang parah. 

Tingkatkan Kemampuan Kreativitas

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Manfaat lain dari menyanyi yaitu meningkatkan kemampuan kreativitas. Sebab, menyanyi dapat meningkatkan plastisitas otak yang berhubungan dengan kemampuan dalam berpikir terutama dalam mempelajari hal-hal baru.

Sehingga, anak menjadi individu yang kreatif. Tak hanya menjadi kreatif saja, menyanyi juga meningkatkan komunikasi anak serta rasa percaya diri. Kamu dapat mengajari anak bernyanyi mulai sejak dini supaya mendapatkan manfaatnya. 

Optimalkan Fungsi Pernapasan dan Jantung

Ilustrasi anak menyanyi. (Special)

Tak hanya memberikan kesehatan pada mental saja. Menyanyi juga memberikan manfaat pada kesehatan secara fisik. Ketika seorang anak bernyanyi, maka secara tidak langsung ia perlu menggunakan teknik pernapasan yang baik. Hal ini pun membuat udara yang masuk ke dalam paru-paru lebih teratur.

Penelitian pun menunjukan bahwa menyanyi dapat memberikan manfaat bagi anak yang memiliki kondisi seperti asma, kanker, sklerosis ganda, hingga gangguan paru obstruktif kronik. Tak hanya membantu mengobati penyakit tertentu, menyanyi juga meningkatkan kekuatan otot pernapasan. Sebab, jumlah oksigen menjadi meningkat dalam darah.

Ajaklah buah hati bernyany. Kamu dapat menyanyikan lagu anak-anak populer seperti bangun tidur, pelangi, hingga balonku ada lima. Selain lirik yang mudah, lagu tersebut juga memiliki tema yang ceria dan bahagia. Hal itu dapat memancing terbentuknya kemampuan mereka. Selain itu, menyanyi dapat membantu kamu memiliki ikatan komunikasi yang baik dengan anak.