Jangan Anggap Sepele, 4 Manfaat Rutin Pakai Lip Serum

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jangan Anggap Sepele, 4 Manfaat Rutin Pakai Lip Serum

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bibir adalah salah tubuh organ yang terkadang jarang diperhatikan. Namun masalah bibir seperti kering dan pecah-pecah menjadi salah satu yang menyebalkan. Maka dari itu, mulai sekarang coba untuk rutin mengaplikasikan perawatan bibir.

Ada berbagai macam perawatan bibir di antaranya ada lip balm dan lip serum. Berdasarkan fungsinya, lip balm kurang efektif dalam mengatasi bibir pecah-pecah sehingga perlu diimbangi dengan menggunakan lip serum

Sama halnya dengan fungsi dari serum pada wajah, serum bibir berperan untuk mengoptimalkan kesehatan bibir. Selain itu, ada beberapa serum yang dilengkapi dengan bahan pelembap, seperti asam hialuronat dan gliserin. Fungsinya adalah membantu mengatasi kekeringan, peptida untuk meningkatkan kolagen.

Sedangkan serum bibir dengan retinol mampu mengurangi munculnya bintik hitam dan garis halus pada bibir. Bukan hanya itu, lip balm diciptakan sebagai penghalang pelindung bibir dan menjaga kelembapan. 

Manfaat Rutin Menggunakan Lip Serum

Tidak hanya itu, lip serum dapat memberikan penambahan dan kelembapan bibir di area kulit terdalam. Maka penting untuk kita menggunakan lip balm, terlebih dahulu sebelum lip serum.

Selain itu, kandungan formula di dalam serum dapat dikatakan efektif karena bahan pelembapnya dapat menembus lebih dalam ke permukaan kulit. Ini adalah deretan manfaat dari lip serum untuk bibir:

1. Menjaga Kelembapan Bibir 

Foto: Ladiestory.id

Bibir kering sangat cocok diatasi dengan produk ini. Faktanya, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam lip serum mampu menjaga kelembapan bibir sehingga terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. 

2. Bebas Bibir Gelap dan Tetap Cerah 

Manfaat penting yang terkandung dalam lip serum adalah mencerahkan kulit bibir. Umumnya, beberapa lip serum mengandung vitamin E, almond oil, dan vitamin C sehingga dapat dikatakan efektif dalam mencerahkan kulit.

Tidak hanya itu, Kandungan ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pasokan oksigen pada bibir tercukupi. 

3. Menghindari Iritasi

Meskipun bukan area yang cukup sensitif, namun ketika bibir secara terus-menerus terkena paparan sinar matahar, maka dapat mengalami iritasi. Peran penting dari lip serum dengan kandungan ekstrak minyak tanaman dapat dijadikan sebagai lapisan pelindung.

Selain itu, pelindung bibir ini berperan dalam memperkuat daya tahan kulit bibir dari paparan sinar UV dan menurunkan risiko iritasi.

4. Mengangkat Sisa Kotoran agar Bibir Tidak Kusam

Foto: Ladiestory.id

Scrub bibir adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengangkat sisa kotoran pada bibir. Namun, lip serum dapat dijadikan sebagai alternatif lain. Caranya mudah, kita hanya cukup menuangkan lip serum ke atas kapas (atau langsung dioleskan pada bibir), lalu gosok dan pijat lembut bibir.

Perawatan ini akan membantu dalam mengangkat dan membersihkan sisa kotoran, makeup, atau makanan sehingga kulit bibir pun menjadi lebih bersih. 

Ada cara pemakaian lip serum lainnya yang dapat dicoba seperti membersihkan bibir terlebih dahulu, kemudian  oleskan beberapa tetes serum bibir dan diamkan selama beberapa menit.

Untuk tahap selanjutnya, mulai dengan mengoleskan lip balm sebagai tahap akhir. Ketika ada waktu lebih, sempatkan untuk melakukan scrub bibir sebelum menggunakan serum

Ketika perawatan bibir dilakukan dengan rutin, maka warna bibir akan semakin cerah, lembut, dan tidak pecah-pecah. Mulai sekarang, jangan ragu untuk menggunakan lip serum, ya!