5 Manfaat Staycation untuk Bantu Kembalikan Semangatmu

Selasa, 10 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Staycation Untuk Bantu Kembalikan Semangatmu

Ilustrasi staycation. (Special)

Ladiestory.id - Liburan merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Namun, biasanya liburan lebih identik dengan perjalanan jauh yang melelahkan. Bagi kamu yang hanya memiliki sedikit waktu liburan, kini tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa mulai mencoba liburan singkat yang disebut staycation.

Liburan singkat ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu dan budget, bahkan jika kamu hanya ingin bersantai menghindari hiruk pikuk pekerjaan. Nah, ternyata staycation memiliki berbagai manfaat. Yuk, simak lima manfaat staycation untuk bantu kembalikan semangatmu!

Bantu Segarkan Pikiran

Ilustrasi perempuan rileks. (Special)

Manfaat yang paling terasa dari melakukan staycation yaitu membantu pikiran menjadi lebih segar. Meski hanya melakukan liburan singkat, kegiatan semacam ini dapat membantumu menjaga kesehatan mental. Kamu dapat mengisi staycation dengan bersantai sejenak, menonton film kesukaan, atau sekedar jalan-jalan ke tempat yang kamu inginkan.

Staycation juga dapat dilakukan sendiri maupun bersama keluarga atau teman-teman. Pastinya, setelah staycation kamu akan menjadi kembali semangat dan segar ketika memulai rutinitas bekerja atau lainnya.

Lebih Hemat Biaya Liburan

Ilustrasi uang. (Special)

Karena dilakukan dalam waktu yang singkat, tentunya staycation lebih menghemat biaya. Sebab, kamu bisa menentukan budget yang lebih murah untuk menikmati waktu selama staycation.

Kamu cukup mengeluarkan uang bensin untuk transportasi atau penginapan murah yang ada di kotamu. Nah, pilihan staycation lain yang lebih murah seperti bersepeda, pergi ke taman, pergi ke tempat wisata, atau hanya sekadar menikmati street food terbaik di kotamu. 

Waktu Terbaik Habiskan Momen dengan Orang Terdekat

Ilustrasi staycation keluarga. (Special)

Menentukan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman ke suatu wilayah yang jauh biasanya akan mengalami kesulitan. Nah, berbeda dengan staycation, kamu akan lebih mudah menentukan waktunya. Misal, pada akhir pekan atau tanggal merah nasional.

Hal ini dapat dilakukan karena staycation lebih singkat dan dekat. Selain itu, kamu lebih bisa quality time dengan orang-orang terdekat menikmati momen bersama meski hanya satu malam. Kegiatan ini juga tentunya baik untukmu dalam melepas stres setelah bekerja selama beberapa waktu. 

Tak Perlu Jauh-jauh Berlibur

Ilsutrasi travelling bersama. (Speciql)

Manfaat lain yang didapatkan dari staycation yaitu kamu tidak perlu jauh-jauh pergi untuk berlibur. Kamu tak perlu memikirkan pemesanan tiket pesawat atau moda transportasi lainnya. Selain itu, tak perlu memesan penginapan pada jauh-jauh hari. Sebab, staycation dapat dilakukan di tempat yang dekat dengan lokasimu saat ini.

Misalnya, menginap di sebuah hotel terdekat, mengunjungi tempat wisata terdekat, hingga pergi ke rumah sanak saudara untuk sekadar berkumpul dan bercengkrama. Tentunya, hal semacam ini akan membuatmu lebih mudah dan efektif dalam melepas lelah.

Lebih Mudah Menyusun Rencana

Ilustrasi perempuan berlibur. (Special)

Staycation yang singkat dan menyenangkan juga memiliki manfaat lain, salah satunya yaitu lebih mudah dalam menyusun rencana. Kamu dapat lebih santai dalam menikmati liburanmu. Tak hanya itu, kamu juga lebih fleksibel dalam menghabiskan waktu.  Staycation juga memudahkan dalam menyusun budget liburanmu. Hal tersebut sangat baik untuk membantu menjaga pengeluaranmu sesuai target.

Kamu juga bisa tidak menyusun sebuah rencana selama staycation. Sebab, kegiatan bisa dilakukan secara mendadak namun tetap membuat hati senang. Misalnya, mengelilingi kota dengan kendaraan pribadi kemudian menikmati makanan terenak di kotamu. Menarik untuk dicoba, bukan?

Itulah lima manfaat staycation yang dapat membantu kembalikan semangatmu. Tentunya, manfaat ini dapat berguna bagi diri sendiri maupun orang-orang terdekatmu. Kini, liburan tak lagi melulu soal budget yang besar dan waktu yang panjang. Liburan singkat yang menyenangkan pun juga selalu menarik untuk dicoba. Selamat staycation, Ladies!