4 Manfaat Tamanu Oil Untuk Rambut dan Kulit

Sabtu, 4 September 2021 | 05:08:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Manfaat Tamanu Oil Untuk Rambut dan Kulit

Foto: Herworld

Tamanu oil  merupakan minyak yang banyak mengandung  asam lemak, minyak ini sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut salah satunya untuk  menyembuhkan jerawat. Hal ini terbukti dengan penelitian yang menunjukkan bahwa sifat antibakteri tamanu oil mampu melawan bakteri penyebab jerawat,

Manfaat Tamanu Oil Untuk Rambut dan Kulit

Di Indonesia, tamanu oil biasanya memiliki warna hijau pekat dan disebut juga dengan  minyak nyamplung tanah karena asalnya dari buah nyamplung. Manfaatnya sangat banyak. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa mengaplikasikan minyak ini dengan bahan lain. Adapun manfaat tamanu oil untuk rambut dan kulit yaitu:

1. Menyuburkan dan Menyehatkan Rambut

Manfaat Tamanu Oil
Foto: Bukalapak

 

Manfaat tamanu oil untuk rambut adalah untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Kerontokan rambut akan membuat penampilan seseorang jadi  terganggu. Tamanu oil mampu menjaga rambut tetap sehat dan tidak rontok.

Kandungan alami pada minyak tamanu dapat mempertahankan kesehatan rambut bahkan membuatnya tumbuh lebat.

Cara memanfaatkan minyak ini yaitu dengan mengusapkannya beberapa tetes pada kulit kepala, setelah 15 menit lalu keramas seperti biasa. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal. Tapi ingat, oleskan secukupnya saja ya ladies. Jika kebanyakan dikhawatirkan akan memicu tumbuhnya ketombe. 

2. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat Tamanu Oil
Foto: IDN Times

Manfaat lainnya dari tamanu oil adalah untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata atau yang disebut mata panda. Pastinya Anda tahu bukan mata panda dapat merusak penampilan karena wajah tampak lelah dan kusam.

Kabar baiknya ya ladies, ternyata dalam tamanu oil juga terdapat asam lemak yang baik untuk merangsang perkembangan sel pada area mata. Bila Anda rajin mengoleskan tamanu oil di sekitar mata, maka kelamaan kantung mata yang menghitam pun akan memudar. Hasilnya memang tidak bisa instan, karena itu Anda harus telaten dan sabar.

3. Membuat Awet Muda

Manfaat Tamanu Oil
Foto: Wolipop

Bertambahnya usia tentu saja  akan membuat kulit semakin tua juga dan akan kehilangan elastisitasnya. Oleh sebab itu, kulit pun akan mudah keriput. Biasanya garis-garis halus atau keriput akan mulai muncul di usia  35 keatas atau awal usia 40.

Untuk mengatasi penuaan dini tersebut Anda bisa memanfaatkan minyak tamanu. Caranya cukup gunakan minyak ini pada area kulit yang terdapat kerutan.

Anda juga bisa memanfaatkan tamanu oil untuk campuran masker agar wajah tetap kencang dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Zat antioksidan yang melimpah dalam tamanu oil mampu menghindarkan kulit dari efek radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. 

4. Menyamarkan Stretch Mark

Manfaat Tamanu Oil
Foto: Alodokter

Buat para wanita yang sehabis melahirkan akan muncul stretch mark di mana-mana, minyak tamanu bisa jadi solusi untuk menyingkirkan stretch mark yang bisa membuat wanita tidak percaya diri.

Garis-garis stretch mark timbul karena elastisitas kulit yang berkurang akibat penambahan berat badan selama masa kehamilan dan setelah melahirkan.

Cara menggunakan tamanu oil untuk menghilangkan stretch mark ini cukup mudah, cukup oleskan tamanu oil pada stretch mark secara rutin. Biasanya hasilnya akan terlihat setelah 14 hari pemakaian. 

Itulah 4 manfaat tamanu oil untuk rambut dan kulit ya ladies, semoga bermanfaat.