Mantan Pegawai Apple Bagikan Tips Hemat Baterai Yang Harus Diketahui

Kamis, 4 Januari 2024 | 17:52:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Mantan Pegawai Apple Bagikan Tips Hemat Baterai Yang Harus Diketahui

Tyler Morgan. (TikTok.com/tylermorgan)

Ladiestory.id - Seorang TikToker, Tyler Morga, baru-baru ini membagikan tips kepada 930 ribu pengikutnya, cara menghemat baterai iPhone. 

Pria yang mengaku pernah bekerja di perusahaan besar, Apple, mengatakan bahwa baterai handphone dengan merek ternama satu ini memiliki kelemahan. Untuk itu, ia pun membagikan tips secara blak-blakan. 

Cara ini akan membuat baterai dan handphone kamu awet untuk pemakaian jangka panjang. 

Optimalkan Baterai

Baterai iPhone. (Pinterest.com)

 

 

Menurut Tyler Morgan, sebaiknya jangan mengisi daya iPhone kamu hingga 100 persen untuk seharian. Namun ia mengatakan tetap boleh mengisi sampai penuh asalkan jangan setiap hari. 

Untungnya, iPhone memiliki fitur yang dapat mengoptimalkan baterai dengan otomatis. Pengisian daya yang baik menurut mantan karyawan Apple tersebut, hanya cukup 80 persen saja dan siap digunakan sebelum nanti akan di-charge kembali.

Matikan Background App

iPhone. (Pinterest.com)

Fitur ini akan selalu me-refresh aplikasi yang berada di handphone kamu. Aplikasi yang kamu buka akan secara otomatis diperbarui kontennya pada sisi background. Hal ini ternyata sangat menguras baterai lho, Ladies

Matikan Layanan Lokasi

Maps iPhone. (Pinterest.com)

 

Layanan lokasi atau location services adalah salah satu fitur yang cukup memakan baterai. Fitur ini akan membantu melacak dan menemukan lokasi di mana kamu berada. 

Aplikasi seperti Google Maps sangat membantu mencari lokasi dan menjadi petunjuk arah. Ketika tidak dipakai, kamu harus mematikan aplikasi tersebut.

Sebaiknya kamu mengaktifkan fitur ‘while using’ yang berarti akses lokasi akan digunakan jika kamu sedang membuka aplikasi.

Turn Down Brightness

Screen iPhone. (Pinterest.com)

 

 

Tanpa kamu sadari, kecerahan layar iPhone sangat berdampak lho. Untuk menghemat baterai, kamu bisa menurunkan pencahayaan dan mengaktifkan dark mode.

Kamu bisa mengubah di pengaturan melalui pusat kontrol dan atur kecerahaan ke bawah untuk mengurangi pencahayaan. Jika ingin lebih gampang, kamu bisa mengaktifkan mode auto brightness agar iPhone secara cepat menyesuaikan kondisimu. 

Turn off ‘Siri’

Siri iPhone. (Pinterest.com)

 Menurut Morgan, menyalakan Siri sangat boros untuk baterai handphone. Untuk mematikannya, buka pengaturan lalu cari Siri dan ubah menjadi mode mati.

Dengan mengaktifkan mode ini, kamu akan menghemat paling tidak beberapa persen. Lumayan, kan!