Mau Hidup Tenang dan Bahagia? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:57:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mau Hidup Tenang dan Bahagia? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Foto : Ladiestory.id

Ladiestory.id - Setiap manusia tentu menginginkan hidup tenang dan bahagia. Meskipun bagi sebagian orang hal itu sulit untuk dicapai. Kebahagiaan dapat hadir tiba-tiba lalu menghilang begitu saja. Tergantung bagaimana pikiran Anda saat itu.

Tapi bukan berarti Anda tidak dapat merasakan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai hidup tenang dan bahagia, lalu bertahan lama dalam diri dan pikiran Anda.

Tips Hidup Tenang dan Bahagia

Sebenarnya agar hidup tenang dan bahagia itu relatif tidak sulit. Untuk membantu Anda, simak tips hidup tenang dan bahagia di bawah ini.

1. Banyak Bersyukur

Foto : Ladiestory.id

Kunci hidup tenang dan bahagia salah satunya adalah dengan bersyukur. Dengan bersyukur, mampu memberikan dampak positif seperti hadirnya ketentraman jiwa dan pikiran.

Bersyukur juga dapat mengarahkan Anda untuk dapat berbuat baik misalnya dengan berbagi. Cobalah belajar bersyukur dan berterima kasih atas segala yang didapatkan, bahkan untuk hal yang negatif sekali pun.  Walau sulit tapi nantinya Anda dapat rasakan dampaknya yaitu hidup yang tenang dan bahagia.

2. Jangan Mendendam

Foto : Ladiestory.id

Dendam adalah penyakit hati yang akan membuat hidup tidak bahagia dan tertekan. Dendam juga merupakan pemicu utama beban terberat dalam hidup bila disimpan dan berniat untuk membalasnya. Karena belum tentu Anda punya kesempatan untuk dapat membalasnya dan itu akan menjadi sakit hati yang berkepanjangan. 

Untuk itu, berusahalah untuk buang jauh rasa dendam, karena dendam tidak ada gunanya. Saatnya Anda untuk hidup tenang dan bahagia tanpa harus membalas perlakuan buruk orang lain terhadap Anda. Lebih baik gunakan saja energi Anda tersebut untuk hal yang baik atau positif.

3. Jangan Membawa Masalah saat Tidur

Foto : Ladiestory.id

Tips hidup tenang dan bahagia salah satunya dengan tidak membawa masalah saat tidur. Sebuah penelitian di  Cina, menyebutkan bahwa suatu kenangan buruk yang dibawa tidur akan berdampak sangat buruk untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan otak. 

Jadi, ketika seseorang sedang marah dan kecewa lalu ia membawa semua masalahnya itu dalam tidur justru hal itu akan membuatnya menjadi seseorang yang sangat mudah stres dan terus teringat dengan kenangan buruk tersebut.

4. Selalu Berpikir Positif

Foto : Ladiestory.id

Untuk  berpikir positif memang bukan hal mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi ketika Anda sedang ditimpa masalah, tak sedikit orang yang justru cenderung berpikir negatif.

Padahal jika pikiran lebih banyak pada hal-hal  negatif yang sudah terjadi di masa lalu, hidup juga akan menuju ke arah yang negatif.

Karena itu adalah salah satu hal yang membuat hidup tidak tenang dan tidak bahagia, maka cobalah untuk selalu berpikiran positif.

Berpikir positif akan memberikan pengaruh baik untuk keadaan psikologis Anda. Pola pikir positif ini juga bisa membuat Anda jadi lebih menikmati hidup dengan rasa tenang dan bahagia.

5. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain dan Iri Hati

Foto : Ladiestory.id

Anda juga tidak akan merasakan tenang dan bahagia bila masih membandingkan diri Anda sendiri dengan orang lain. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain malah akan membuat Anda merasa kurang dengan diri sendiri dan membuat Anda tidak pernah bersyukur dengan yang dimiliki.

Anda harus bahagia dengan apa yang dimiliki serta tidak cemburu atau iri dengan apa yang menjadi milik orang lain. Ingatlah, keserakahan, cemburu, serta iri hati tidak akan membuat hidup tenang. Anda harus bahagia dengan apa yang dimiliki dalam hidup. 

Nah, itulah 5 tips agar hidup tenang dan bahagia. Bukan hanya bersyukur, tapi cobalah untuk melupakan dendam, berpikir positif dan tidak iri hati dengan orang lain. Maka hidup tenang dan bahagia pun pasti akan Anda rasakan selamanya.

Berita Terkait