Mau Kulit Cerah? Yuk Rutin Konsumsi 6 Minuman Ini!

Senin, 24 Januari 2022 | 18:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Mau Kulit Cerah? Yuk Rutin Konsumsi 6 Minuman Ini!

Ilustrasi perempuan minum air putih. (Special)

Ladiestory.id - Kulit yang sehat dan cerah tentu menjadi idaman para perempuan. Tak jarang para perempuan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit yang cerah terutama di bagian wajah. Melakukan perawatan di salon ataupun rajin memakai skincare mereka lakukan demi memiliki wajah yang bersih dan cerah.

Namun, kenyataannya ada cara alami yang dapat membantu mencerahkan wajah. Salah satunya adalah dengan rutin konsumsi minuman atau makanan tertentu. Dengan konsumsi makanan atau minuman tersebut maka akan membantu mencerahkan wajah dari dalam.

Kandungan yang dimiliki oleh beberapa makanan dan minuman tersebut dipercaya mampu membuat wajah terlihat lebih cerah, bersih dan sehat. Ladies, penasaran apa saja bahan makanan atau minuman yang mampu mencerahkan wajah? Berikut Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu.

1. Air Putih

Ilustrasi perempuan minum air putih. (Special)
Ilustrasi perempuan minum air putih. (Special)

Air putih dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit. Dengan konsumsi air putih secara rutin maka akan didapatkan kulit wajah yang kenyal dan juga tampak cerah.

Anjuran minum air putih seharinya adalah 8 gelas ukuran 230 mililiter atau total dua liter. Minum air putih yang sesuai dengan kebutuhan harian tentu akan membuat organ tubuh menjadi sehat dan juga membuat kulit menjadi kenyal.

2. Jus Kale

Jus Kale. (Special)
Jus Kale. (Special)

Kale atau yang biasa disebut sebagai kubis keriting merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang termasuk dalam keluarga kubis. Bentuknya menyerupai brokoli. Kale memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Vitamin A yang terkandung dalam kale mampu mempercepat pergantian sel yang rusak sehingga mampu menghilangkan kulit kusam. Selain itu, vitamin A juga dianggap mampu mencegah penuaan dini dan membuat kulit menjadi kenyal. Kale juga mengandung vitamin C dan tembaga yang bisa menjaga kekuatan kulit.

3. Susu Kedelai

Susu Kedelai. (Special)
Susu Kedelai. (Special)

Dalam kedelai terdapat kandungan isoflavon. Isoflavon dipercaya mampu melindungi kolagen kulit sehingga membuat kulit tampak awet muda.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa isoflavon mampu melawan pembentukan kerutan pada kulit akibat pancaran sinar matahari. Selain itu, mineral dan protein yang terkandung dalam susu kedelai mampu mengurangi penggelapan kulit serta mampu meratakan kulit wajah.

4. Teh Hijau

 Teh Hijau. (Special)
 Teh Hijau. (Special)

Kandungan antioksidan dalam teh hijau yang disebut katekin dan polifenol diyakini mampu membantu menberikan perlindungan kulit dadi sinar UV. Sehingga mampu mengurangi kemungkinan kulit terbakar karena sinar matahari.

Kulit yang sedang memerah ataupun meradang juga akan berkurang dengan konsumsi teh hijau secara teratur. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau tersebut.

5. Jus Delima

Jus Delima. (Special)
Jus Delima. (Special)

Jus delima memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang sangat banyak. Jus delima dipercaya mampu menjaga fibroblas pada kulit yang merupakan sumber pembuatan kolagen bagi kulit.

Semakin banyak jumlah kolagen dalam kulit, maka kerutan dan garis-garis halus pada kulit akan memudar. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jus delima mampu meningkatkan warna kulit. Sehingga mampu membuat kulit wajah menjadi cerah.

6. Infused Water

Infused Water. (Special)
Infused Water. (Special)

Infused water yang berbahan dasar mentimun mampu menbuat kulit lebih cerah dan sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan air yang cukup banyak dalam mentimun mampu menghidrasi kulit, sehingga kulit tidak akan menjadi kering. Kandungan mineral yang ada dalam mentimun, berupa magnesium dan kalium, mampu menjaga pH basa kulit sekaligus mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.