Memasuki Era Endemi, RSIA Bunda Jakarta Perkuat Layanan Preventif Ibu dan Anak

Selasa, 1 Agustus 2023 | 16:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Memasuki Era Endemi, Rsia Bunda Jakarta Perkuat Layanan Preventif Ibu Dan Anak

RSIA Bunda Jakarta. (Spesial)

Ladiestory.id - Setelah melewati masa pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020 lalu, kini masyarakat sudah mulai semakin aware terhadap kesehatan. Khususnya kesehatan yang berfokus pada ibu dan anak.

Dan memasuki era endemi, terjadi pergeseran tren pada masyarakat yang semakin menjadikan kesehatan sebagai bagian integral dari gaya hidup terkini.

Di masa endemi saat ini, layanan kesehatan bersifat preventif menjadi layanan kesehatan yang paling dicari.

“Yang saat ini lebih banyak dicari layanan untuk bisa melakukan preventif atau pencegahan penyakit yang mungkin timbul,” tutur dr. Imelda Rachmawati selaku Direktur RSIA Bunda Jakarta kepada rekan media, di kawasan Jakarta Pusat pada Senin (31/7/2023).

Sebagai Direktur RSIA Bunda Jakarta, Imelda menyatakan peningkatan kesadaran dini masyarakat dalam mengambil langkah-langkah preventif sebagai hal yang positif. Dengan aksi pencegahan, banyak ibu hamil yang akan memastikan anaknya sehat sejak masa mengandung hingga melahirkan.

Lebih lanjut, dia menyebut banyak pula ibu yang tertarik dengan edukasi merawat anak pasca-melahirkan termasuk proses menyusui dan konsultasi gizi ibu dan anak, misalnya belajar mengedukasi anak supaya memiliki minat makan yang sesuai tanpa takut mereka rewel.

Dokter Spesialis Anak RSIA Bunda, I Gusti Ayu Nyoman Partiwi menjelaskan pentingnya langkah preventif mengetahui kesehatan bayi sejak dalam kandungan. Contoh dalam kasus kemungkinan prematur, maka orang tua dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter gizi agar tak salah langkah dalam penanganan.

RSIA Bunda Jakarta. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Kemudian perjalanan orang tua tak hanya berhenti di situ saja. Ibu masih memiliki peranan penting untuk menyusui dan memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Selain itu, orang tua juga bisa melakukan deteksi dini untuk melihat tumbuh kembang mereka. Menurutnya, 2 tahun pertama merupakan masa keemasan bagi pertumbuhan anak.

“Jadi dua tahun pertama itu harus sangat dipantau, baik dari sisi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dokter juga memiliki tugas untuk selalu mengevaluasi hal ini,” jelas I Gusti Ayu Nyoman Partiwi.

Layanan medical check up juga dapat dimanfaatkan sebagai langkah preventif dalam memeriksa risiko penyakit. Layanan ini tidak hanya menyasar orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Salah satu layanan medical check up yang disarankan dokter anak adalah pemeriksaan darah.

“Seringkali anak terlihat pucat dan ternyata pas cek hemoglobin-nya sangat rendah. Periksa darah ini penting untuk mengetahui kemungkinan anemia pada anak,” tambahnya.

Sebagai upaya untuk mengakomodir tren tersebut, RSIA Bunda Jakarta yang telah menjadi penyedia layanan kesehatan ibu dan anak terdepan sejak 1973, terus memperkuat transformasi melalui pendekatan healthcare lifestyle.

RSIA Bunda Jakarta melakukan berbagai langkah progresif yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pasien melalui pengoptimalan layanan kesehatan holistik melalui kolaborasi jajaran tim dokter dan tenaga kesehatan yang sudah dikenal publik memiliki jam terbang tinggi dan mumpuni, serta diperkuat inovasi digital, layanan dan fasilitas kesehatan yang unggul dan terintegrasi.

Selain itu, RSIA Bunda Jakarta juga mengoptimalkan layanan dengan menyelam ke dalam dunia teknologi yang semakin berkembang pesat, yakni dengan menghadirkan fitur OneBunda yang semakin inovatif.

OneBunda hadir semakin inovatif lewat beragam fitur yang dapat diakses pasien secara cepat dan mudah, mulai dari buat janji temu dokter, telekonsultasi, pemesanan dan hasil lab secara digital, dan program loyalti untuk pengguna OneBunda serta buku vaksinasi anak digital dan buku kehamilan digital yang akan ditingkatkan dalam jangka waktu terdekat.