Mengenal Alprazolam, Obat yang Turut Jadi Barang Bukti Ardhito Pramono

Senin, 17 Januari 2022 | 00:01:00

Mengenal Alprazolam, Obat Yang Turut Jadi Barang Bukti Ardhito Pramono

Ilustrasi obat-obatan. (Special)

Ladiestory.id - Tertangkapnya Ardhito akibat penyalahgunaan narkotika cukup membuat publik geger. Ia menjadi artis kesekian kali yang diamankan pihak berwajib karena penyelewengan konsumsi obat-obatan.

Ardhito diketahui mengonsumsi obat penenang yang mengandung Alprazolam tanpa resep dokter. Sebenarnya apa, sih, obat Alprazolam itu? Mengapa penyalahgunaan obat ini sampai mengakibatkan berurusan dengan pihak berwajib? Simak selengkapnya di sini, ya, Ladies!

Sekilas Tentang Alprazolam

Alprazolam merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk pengidap gangguan mental, seperti serangan panik dan gangguan kecemasan yang disebabkan oleh depresi.

Alprazolam masuk dalam kelas obat benzodiazepin yang bekerja pada otak serta sistem saraf pusat untuk memberi efek menenangkan. Karena bisa memberi efek menenangkan, obat ini acap kali menimbulkan kecanduan. Hal tersebut pula yang menyebabkan obat ini sering disalahgunakan.

Efek Samping Alprazolam

Setiap obat kimia pasti memiliki efek samping, termasuk obat penenang ini. Kamu bisa saja mengalami gejala alergi terhadap Alprazolam, seperti mual, muntah, gatal, berkeringat, sesak napas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, hingga tenggorokan, bahkan bisa jadi merasa seperti akan pingsan.

Selain itu, bisa saja Kamu mengalami efek samping lain dari Alprazolam, di antaranya:

Mudah lelah, pusing, ngantuk, atau mudah marah.

Penglihatan kabur, sakit kepala, sulit konsentrasi, hingga bermasalah dengan ingatan.

Insomnia.

Bengkak di kaki atau tangan.

Otot melemah.

Mulas, mual, muntah, sembelit, diare.

Perubahan nafsu makan.

Dan yang paling berbahaya adalah Kamu jadi kecanduan terhadap obat ini.

Setelah mengetahui efek samping Alprazolam, sebaiknya Kamu berhati-hati sebelum mengkonsumsinya. Sekali lagi, pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk penyalahgunaan.