Mengenal Anti Aging dan 7 Sumber Alaminya

Kamis, 9 September 2021 | 08:05:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Anti Aging dan 7 Sumber Alaminya

Foto: Soompi

Istilah anti-penuaan sekarang banyak digunakan dengan cara yang berbeda. Dalam istilah ilmiah, anti-penuaan mengacu pada upaya memperlambat, mencegah dan membalikkan proses penuaan. Namun sebenarnya sejauh ini, tidak ada bukti atau teknologi medis yang benar-benar dapat memperlambat atau membalikkan proses penuaan kepada seseorang.

Arti Anti Aging 

Sementara secara medis, Anti-penuaan mengacu pada perawatan yang merupakan deteksi dini, pencegahan dan pengobatan penyakit penuaan. Tentu saja, ini sangat berbeda dibandingkan dengan upaya untuk mencegah proses penuaan, di mana ada banyak cara dan terapi saat ini yang tersedia untuk memenuhi tujuan tersebut.

Perlu diingat, Ladies, bahwa proses penuaan yang muncul pada penampilan fisik seseorang, tidak dapat dipisahkan dari proses metabolisme dalam tubuh.

Defisiensi gizi, gaya hidup yang tidak sehat atau masalah kesehatan fisik dan mental bisa menyebabkan tanda penuaan lebih tampak.  Bahkan, bisa jadi tanda-tanda ini tampak lebih cepat, yang biasa kita kenal dengan proses penuaan dini.

Produk Anti Aging

Anti Aging
Foto: Ladiestory.id

Saat ini telah banyak beredar dipasaran produk-produk anti aging yang bisa mengatasi masalah penuaan dini, biasanya produk - produk tersebut berbentuk:

  • Losion
  • Krim
  • Masker
  • Tonik
  • Lulur
  • Serum
  • Minyak
  • Minuman kolagen
  • Suplemen.

Sumber Alami Anti Aging

Selain menggunakan produk di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tak kalah ampuhnya untuk mengatasi masalah anti aging yang timbul sebelum memasuki usia lanjut. Berikut ini bahan alami yang dapat menjadi sumber anti aging.

1. Brokoli

Anti Aging
Foto: Ladiestory.id

Brokoli mengandung banyak vitamin C yang penting bagi produksi kolagen. Tidak hanya itu, sayuran ini juga memiliki beragam kandungan anti aging lainnya yang baik untuk kesehatan kulit dalam meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit.

2. Bayam

Bayam sangat efektif dalam menghidrasi tubuh karena bayam mengandung banyak air dan mampu memberikan manfaat lebih bagi kesehatan rambut. Selain itu, bayam, juga mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.

3. Alpukat

Anti Aging
Foto: Ladiestory.id

Alpukat memiliki manfaat yang sangat besar bagi kulit, seperti menyingkirkan sel kulit mati, membuat kulit halus berseri, dan membantu mencegah kanker kulit.

4. Ubi

Kandungan beta karoten dalam ubi dapat mengembalikan elastisitas kulit dan membantu regenerasi sel sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.

5. Selada air

Anti Aging
Foto: Ladiestory.id

Kandungan antioksidan pada vitamin A dan C dalam selada air berfungsi sebagai anti aging yang menetralisir radikal bebas berbahaya, membantu mengurangi gari-garis halus, dan kerutan di wajah.

6. Blueberry

Selain mengandung vitamin A dan C,  blueberry juga mengandung antosianin yang juga berperan penting sebagai agen anti aging dan mencegah kehilangan kolagen.

7. Paprika merah

Anti Aging
Foto: Ladiestory.id

Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam paprika merah dapat mendorong produksi kolagen yang menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan karotenoid-nya  juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan radikal bebas.

Demikian ulasan tentang arti anti aging dan sumber alaminya. Semoga bermanfaat.