Christina Aguilera, Penyanyi Multitalenta yang Debut Sejak 1990-an

Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:35:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Christina Aguilera, Penyanyi Multitalenta Yang Debut Sejak 1990-An

Penyanyi Christina Aguilera. (Instagram.com/xtina)

Ladiestory.id - Penyanyi multitalenta Christina Aguilera selalu berhasil memukau para penggemarnya dengan suaranya yang powerful saat menyanyikan sejumlah hits singlenya, seperti Reflection, Beautiful, dan Come On Over Baby.

Tak hanya berbakat, mantan artis Disney Channel ini juga memiliki kepribadian yang dermawan, lho. Yuk, simak fakta menarik Christina Aguilera selengkapnya di sini!

Memulai karier di industri hiburan pada 1990

Penyanyi Christina Aguilera. (Instagram.com/xtina)

Penyanyi bernama lengkap Christina Maria Aguilera ini memulai debutnya di di industri hiburan setelah menempati posisi kedua dalam ajang Kontes Star Search dan membintangi acara Mickey Mouse Club pada 1993-1994 bersama dengan Justin Timberlake dan Britney Spears.

Merekam original soundtrack Mulan sebelum merilis album pertamanya

Penyanyi Christina Aguilera. (Instagram.com/xtina)

Sebelum merilis album pertamanya di tahun 1999, Christina terlebih dulu merekam single untuk film Disney Mulan yang berjudul Reflection. Reflection adalah single bergenre pop dan R&B yang dibawakan Christina dengan suaranya yang powerful. Lagu ini direkam saat Christina berusia 17 tahun, lho!

Barulah setelah merilis single Reflection, Christina resmi merilis album pertamanya, Christina Aguilera di bawah naungan RCA Records. Album ini memiliki genre dance pop dan teen pop dengan hits single, seperti Genie in a Bottle dan Come On Over Baby. Album pertama Christina Aguilera berhasil meraih sertifikasi Platinum.

Sempat diminta untuk mengganti nama belakangnya

Penyanyi Christina Aguilera. (Instagram.com/xtina)

Saat pertama kali memasuki dunia musik, pelantun single Ain’t No Other Man itu mengakui sempat diminta mengganti namanya dengan alasan namanya terlalu etnik dan rumit. Namun, kecintaannya pada budaya Latin yang menjadi asal usulnya, Christina Aguilera menolak untuk mengganti nama belakangnya dan tetap tampil dengan nama itu sepanjang kariernya.

Christina Aguilera merupakan sosok penyanyi yang mulitalenta

Penyanyi Christina Aguilera. (Instagram.com/xtina)

Tak puas berkarier di bidang tarik suara, ibu dari dua anak ini juga tampil sebagai aktris dan pengisi suara di sejumlah film. Kariernya sebagai aktris dimulai pada 2010 dengan berperan sebagai Alice Marlyn dalam film Burlesque. Dalam film yang disutradarai Steven Antin ini, Christina beradu akting dengan penyanyi senior Cher. Selain berakting, pemenang Grammy Awards ini juga pernah mengisi suara dalam film Shark Tale (2004) dan The Emoji Movie (2017).

Selalu menantang dirinya untuk menghadirkan sesuatu yang baru

Dalam perjalanan karier bermusiknya, Christina Aguilera selalu mencoba berbagai genre musik untuk menghasilkan karya yang segar. Album pertamanya dimulai dengan genre dance pop yang ceria. Kemudian, saat beranjak dewasa, Christina mulai berani bereksperimen dengan sejumlah genre, seperti single Fighter yang bergenre rock (2002) dan Ain’t No Other Man (2006) yang memiliki genre funk. Tak heran kalau karyanya selalu dinanti-nantikan penggemar, ya.

Pernah menulis lagu untuk Kelly Clarkson

Christina Aguilera juga berbakat sebagai penulis lagu. Salah satu lagu yang ditulisnya adalah Miss Independent yang dinyanyikan Kelly Clarkson. Miss Independent termasuk dalam album debut Kelly Clarkson, Thankful yang dirilis tahun 2003.

Seorang penyanyi dengan hati yang dermawan

Popularitas yang diraih Christina Aguilera tak lantas membuatnya lupa untuk berbuat baik kepada sesama. Beberapa kegiatan amal yang dilakukan Christina, antara lain menggalang dana untuk Elton John AIDS Foundation dan menjadi duta untuk World Food Program tahun 2009 untuk menanggulangi dampak malnutrisi di sejumlah negara, yaitu Rwanda dan Ekuador.