Menjelajahi Keindahan Alam Nan Indah di Perbukitan Candi Ijo

Rabu, 15 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Menjelajahi Keindahan Alam Nan Indah Di Perbukitan Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta. (Spesial)

Ladiestory.id-Kota Yogyakarta kaya akan objek wisata, dan salah satunya adalah Candi Ijo. Candi yang terletak di atas bukit setinggi  kurang lebih 400 mdpl ini memang tidak sepopuler Candi Borobudur dan Candi Prambanan, namun Candi Ijo punya pesona yang cukup elok dan eksotis. 

Candi Ijo adalah peninggalan dari kerajaan Medang pada abad 10-11 Masehi. Candi ini berada di atas bukit hijau, dan karena berada di tempat yang paling tinggi di Yogyakarta itulah, dari sini akan tampak berbagai pesona keindahan alam sekitarnya. 

Arsitektur Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta. (Spesial)

Pada bagian gerbang candi terdapat ukiran dengan badan naga yang memiliki mulut raksasa.  Komplek Candi Ijo ini terdiri dari 17 candi di 11 teras berundak yang menyajikan relief dengan kisah-kisah yang menarik. 

Pada bagian teras paling atas adalah tempat yang paling suci, dengan ciri adanya 1 candi utama dan juga terdapat 3 candi perwira. 3 Candi perwira tersebut sebagai bentuk penghormatan masyarakat Hindu pada Trimurti yakni Dewa Wisnu, Brahma dan Siwa.

Di dalam candi perwara tersebut terdapat arca yang dahulu merupakan kendaraan dari Dewa Siwa, lalu ada juga meja yang terbuat dari batu. Terdapat pula ukiran yang bermotif kepala ganda dengan segala atributnya. 

Aktivitas Menarik  Yang Dapat Dinikmati di Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta. (Spesial)

Karena letak di atas perbukitan Candi Ijo menyuguhkan pesona alam yang indah dan menarik. Berbagai pemandangan yang bisa kamu nikmati di sini, antara lain :

1. Memanjakan Mata Dengan Hamparan Sawah Nan Hijau 

Dari atas perbukitan Candi Ijo ini mata kamu akan dimanjakan indahnya hamparan sawah nan hijau di bawah langit biru nan eksotis. Kamu dapat berfoto ria dengan spot relief dan pemandangan  candi yang menawan.

2. Menyaksikan Pemandangan Unik Pesawat Terbang

Karena letaknya di ketinggian, kamu dapat menikmati pemandangan khas alam dari dataran tinggi. Pada bagian teras teratas, kamu akan takjub dengan hijaunya perbukitan ditambah indahnya  jalanan kota Yogyakarta dari kejauhan.

Selain itu kamu juga akan menyaksikan pemandangan unik berupa pesawat terbang besar yang akan mendarat ke landasan bandara.

3. Serunya Berkeliling Dengan  Jeep Wisata

Candi Ijo ini masuk dalam rute jeep wisata Prambanan , hanya dengan membayar Rp 350.000 hingga Rp 600.000 kamu sudah bisa berkeliling dengan jeep wisata.

4. Menyaksikan Matahari Terbenam di Celah Batuan 

Indahnya matahari terbenam dipadu dengan langit jingga menjadi salah satu momen yang diburu para wisatawan. Di atas ketinggian cahaya orange dengan hamparan sawah nan hijau.  Semua pemandangan tersebut akan memanjakan mata kamu di Candi Ijo.

5. Berfoto Ria Dengan Spot Menarik

Hijaunya rumput, langit yang cerah, relief candi yang indah, hingga pemandangan yang mempesona semua dapat kamu jadikan spot buat foto. 

Lokasi dan Rute  Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta. (Spesial)

Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman-Yogyakarta, kurang lebih 18 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk sampai tempat wisata Candi Ijo,  bila kamu dari arah kota Yogyakarta maka bisa ambil jalan menuju arah Solo, yang searah menuju Candi Prambanan.

Sebelum melewati Prambanan kamu akan menemukan pertigaan, selanjutnya kamu bisa belok kanan hingga melewati Candi Ratu Boko.  Dari Candi ratu Boko masih jalan terus hingga perempatan, belok kiri dan kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju Candi Ijo. 

Itulah informasi seputar Candi Ijo dengan pemandangan yang indah hamparan sawah, relief candi hingga pesawat terbang yang melintas. Semua akan memanjakan mata kamu,  semoga bermanfaat.

s