Merayakan Akhir Tahun dengan soju JINRO: Keseruan Meriah Ala Korea

Minggu, 31 Desember 2023 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Merayakan Akhir Tahun Dengan Soju Jinro: Keseruan Meriah Ala Korea

HITEJINRO. (Special)

Ladiestory.id -  Soju JINRO telah menjadi soju nomor satu di Korea sejak tahun 1970, yang mendapat gelar sebagai minuman beralkohol terlaris di dunia selama 22 tahun berturut-turut. Keberadaan soju JINRO mewakili rasa kehangatan, persahabatan, dan rasa hormat, menjadikan soju JINRO sebagai bagian penting dalam berbagai acara perayaan, termasuk Tahun Baru. Menjelang perayaan Tahun Baru, JINRO hadir untuk menjadi pelengkap & memandu Kamu dalam acara perayaan dengan ciri khas keceriaan ala Korea, yang memadukan keunikan antara tradisi dan semangat, dengan rasa yang otentik dan murni.

 

1. Bersulang dengan Soju untuk Merayakan Lembaran Baru

HITEJINRO. (Special)

 

Tahukah Kamu bahwa orang Korea merayakan Tahun Baru dua kali? Perayaan pertama jatuh pada pada tanggal 1 Januari menurut kalender matahari dan dirayakan di sebagian besar negara lain. Perayaan kedua yang dijuluki nama Seollal, dirayakan kemudian hari tergantung pada kalender lunar. Biasanya, Seollal berlangsung pada akhir Januari atau awal Februari. Maka, bulan Januari merupakan bulan yang penuh dengan perayaan bagi orang Korea.

Di Korea, Tahun Baru adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga, penghormatan kepada leluhur, dan menikmati makanan rumahan yang lezat. Hal yang umum dilakukan adalah dengan berkumpul di sekitar meja sambil memegang gelas JINRO soju, dan mengucapkan kata "Geonbae!" untuk mendoakan satu sama lain agar selalu mendapatkan, kebahagiaan, kesehatan, dan keberuntungan di tahun yang akan datang.

2. Pemaduan Makanan dan Soju

HITEJINRO. (Special)

 

Soju merupakan minuman yang dapat dinikmati sendiri, tetapi juga cocok dipadukan dengan makanan bercita rasa tinggi, seperti masakan Korean BBQ. Meskipun memadukan makanan dan minuman sangat subjektif tergantung pada selera setiap orang, namun hidangan tradisional Korea seperti Ayam Goreng khas Korea dan Tteokbokki dijamin akan sangat cocok, tetapi ada juga makanan sehari-hari yang sederhana yang dapat dinikmati.

  • Char Kway Teow

Hidangan mie pipih yang ditumis ini biasanya memiliki rasa yang kaya dengan campuran rasa manis dan gurih dari kecap asin, terasi, dan bumbu lainnya. Meskipun lezat, campuran mie dan dan saus gelap yang khas ini dapat membuat hidangan ini menjadi terasa berat. Rasa soju yang murni dan bersih dapat membantu mengurangi kekayaan rasa char kway teow, membuat hidangan ini terasa lebih ringan dan menyegarkan di lidah.

  • Ramen Instan

Rasa ramen instan sangat bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya, tetapi pada umumnya, ramen instan menawarkan kaldu gurih dengan berbagai tingkat kekayaan rasa, rempah-rempah, dan rasa gurih. Meskipun beragam, banyak kaldu ramen instan, terutama yang lebih kaya rasa seperti kaldu ayam bisa menjadi sedikit berat atau asin setelah dinikmati beberapa saat. Rasa soju yang murni dan sedikit manis membantu mengurangi rasa kaldu, membuat setiap gigitan terasa lebih ringan dan menyegarkan.

3. Variasi Resep Koktail dengan Soju

HITEJINRO. (Special)

 

JINRO adalah minuman yang mudah dipadukan, di mana Kamu juga dapat mengejutkan tamu dengan membuat koktail yang meriah di perayaan Tahun Baru yang akan datang. Berikut tiga resep koktail soju mudah yang dapat Kamu buat di rumah untuk perayaan Tahun Baru ini.

Koktail Madu Lemon ala JINRO soju

Perpaduan yang sederhana antara madu lemon dengan soju JINRO rasa Plum dapat mengeluarkan rasa buah yang murni, kombinasi yang dapat menyejukkan tenggorokan di malam hari. 

  • Campurkan madu dengan air panas untuk membuat 60ml sirup madu
  • Sisihkan sirup madu yang telah dibuat hingga dingin
  • Tambahkan selai lemon, sirup madu, dan 60ml jus lemon ke dalam gelas dan aduk rata
  • Tambahkan es ke dalam gelas
  • Terakhir, tuangkan 60ml soju JINRO rasa Plum ke dalam gelas

Koktail Semangka ala JINRO soju

Salah satu koktail klasik adalah dengan menambahkan air tonik dan potongan semangka untuk memberikan rasa yang menyegarkan dan bersoda.

  • Potong dan hancurkan semangka dan taruh di dalam gelas
  • Tambahkan es ke dalam gelas
  • Tuangkan 60ml minuman soda Sprite ke dalam gelas
  • Tambahkan hiasan semangka di atas gelas
  • Terakhir, tuangkan 60ml soju JINRO rasa Chamisul Fresh

Koktail Strawberry Goddess ala JINRO soju

Masih ingat dengan kombinasi klasik soju dengan Yakult? Menambahkan soju JINRO rasa Stroberi (Strawberry) dengan campuran potongan Stroberi asli akan memberikan rasa yang sangat menyegarkan.

  • Potong dan hancurkan stroberi dan 5 helai daun mint ke dalam gelas
  • Tambahan es ke dalam gelas
  • Tuangkan Yakult ke dalam gelas
  • Tuangkan 60ml soju JINRO rasa Stroberi ke dalam gelas

4. Permainan Dimulai!

Acara kumpul-kumpul di Korea normalnya dilengkapi dengan berbagai games yang seru. Permainan klasik yang harus dimainkan semua orang adalah permainan tutup botol soju, di mana setelah botol dibuka, strip di ujung tutup soju diputar hingga hampir lepas, lalu setiap pemain akan bergantian menjentikkan strip tersebut. Orang yang menjentikkan strip tersebut adalah orang yang kalah dan harus meminum satu gelas shot soju.

Setelah stripnya terlepas, Kamu dapat memainkan permainan lain, yaitu di dalam tutup botol terdapat sebuah angka yang bisa digunakan untuk memainkan permainan ini. Orang yang kalah dalam permainan sebelumnya akan melihat angka tersebut, dan pemain lain akan mencoba untuk menebak. Angka yang mungkin muncul adalah antara 1 sampai 100, dan dengan setiap tebakan, orang yang mengetahui angkanya akan mengatakan "lebih tinggi" atau "lebih rendah".

Hal ini tergantung jika apakah tebakannya lebih rendah atau lebih tinggi dari angka yang ada di dalam tutup botol. Misalnya, angka di dalam botol adalah 12, dan seseorang menebak 30. Orang yang mengetahui angka tersebut akan mengatakan "lebih rendah," sehingga rentang yang mungkin sekarang adalah 1 hingga 29. Tergantung pada aturan yang Kamu mainkan, orang yang menebak angka yang benar akan minum, atau semua orang akan minum.

5. Berbagi dengan Sesama

HITEJINRO. (Special)

 

Perlu diingat, dalam budaya Korea, berbagi adalah suatu hal yang penting dilakukan. Soju merupakan sebuah minuman yang patutnya dinikmati bersama, sehingga dapat menciptakan suasana dan percakapan yang menyenangkan. Maka, angkat gelasmu dan bersulang dengan mengucapkan kata “Geonbae!” untuk merayakan Tahun Baru yang meriah!

Selagi kita mengucapkan selamat tinggal pada yang lama dan menyambut Tahun Baru, biarkan JINRO soju menjadi teman Kamu dalam menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup. Baik saat Kamu bersulang gelas dalam acara bersulang tradisional Jeongyeon, menikmati hidangan beraroma JINRO di meja keluarga, atau terlibat dalam permainan tutup botol Soju yang menyenangkan, setiap momen menjadi sebuah perayaan bersama JINRO.

Dalam semangat budaya Korea, di mana berbagi adalah tradisi yang dihargai, JINRO soju akan menjadi pelengkap untuk momen penuh tawa, koneksi, dan kegembiraan. Saat musim perayaan dimulai, kumpulkan orang-orang yang Kamu cintai, dan biarkan semangat Seoul memandu Kamu memasuki tahun baru yang penuh dengan sukacita dan kemakmuran!