Mesti Tahu, Ini 4 Mitos tentang Jerawat yang Kamu Harus Berhenti Percaya, Menurut Dr. Pimple Popper

Selasa, 22 Oktober 2019 | 10:29:16

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Mesti Tahu, Ini 4 Mitos tentang Jerawat yang Kamu Harus Berhenti Percaya, Menurut Dr. Pimple Popper

Ternyata, ada 4 mitos tentang jerawat yang harus kamu berhenti percaya menurut Dr. Pimple Popper, Ladies! Dokter kulit Sandra Lee, MD, akhir-akhir ini membuat namanya sendiri terkenal dengan penjelasannya di berbagai platform media sosial. Dr. Lee, atau yang lebih dikenal dengan Dr. Pimple Popper, telah membangun brand-nya lewat video-video di Youtube dan acara TV-nya di TLC, lewat perawatan kulit yang disebut SLMD Skincare. Dia mengetahui secara mendalam tentang kulit dan beberapa mitos tentang jerawat yang sering kita dengar ternyata banyak salahnya. Dikutip dari Popsugar, Dr. Pimple Popper menyebutkan bahwa ada 4 mitos tentang jerawat yang kamu harus berhenti percaya!

1. Mitos: Memiliki jerawat berarti kulitmu itu ?kotor?

Kenyataannya, ternyata sepotong pizza yang kamu makan di malam hari tidak akan menyebabkan jerawat kecuali kamu mengoleskannya ke seluruh wajahmu, kata Dr. Lee. Memiliki jerawat bukan berarti bahwa kulitmu kotor, di dalam atau di luar. Sementara ada kecenderungan untuk berpikir bahwa jerawat adalah hasil dari tidak mencuci muka atau seprai yang teratur atau makan terlalu banyak makanan berminyak, Dr. Lee mengatakan jerawat bukanlah kesalahanmu. ?Yang benar adalah bahwa jerawat muncul karena adanya hormon dan genetika,? katanya. Ketika hormonmu keluar, seperti saat masa pubertas, kulitmu akan menghasilkan lebih banyak minyak. ?Jadi, tentu saja jerawat keluar di wajahmu,? kata Dr. Lee. Hal yang sama juga berlaku pada wanita dewasa yang cenderung berjerawat saat masa ovulasi atau menjelang siklus menstruasi mereka. Demikian juga kehamilan dapat memengaruhi kulitmu. ?Entah itu bisa membuat jerawatmu lebih buruk atau bisa membuatnya lebih baik, tergantung pada tingkat hormon,? kata Dr. Lee.

2. Mitos: Kamu dapat mencegah jerawat dengan memencet komedomu

Mungkin tergoda untuk mengeluarkan komedo yang tumbuh di dagumu, terutama jika kamu telah menonton banyak video di YouTube, tetapi yang terbaik adalah dengan penanganan oleh ahlinya. ?Mungkin terlihat mudah saat kamu menyaksikannya lewat video-video di YouTube tentang memencet komedo, tapi itu bisa menjadi hasil yang berbeda jika kamu melakukannya sendiri,? kata Dr. Lee. Mengeluarkan komedo lebih sulit daripada yang terlihat. Dr. Lee menyarankan untuk menggunakan produk pore strip? setiap minggu untuk digunakan di rumah dan tentunya produk itu tidak akan membuat kulitmu iritasi.

3. Mitos: Mencuci wajah lebih sering akan mencegah jerawat

Kenyataannya, ?Satu hal yang kesalahan yang sering pasien saya lakukan tentang mencegah jerawat adalah mencuci muka mereka terlalu sering,? kata Dr. Lee. Mencuci mukamu terlalu sering sebenarnya bisa menyebabkan kerusakan kulit.? Jangan terlalu menganalisis masalah kulitmu. ?Ada jawaban di luar sana, dan mereka menjawabnya dengan bebas, dan ada beberapa hal yang berhasil dengan hal itu,? kata Dr. lee. ?Dasarnya adalah mencuci muka itu perlu tapi jangan berlebihan saja,? jelas Dr. Lee.

4. Mitos: Kamu dapat mengecilkan pori-porimu

Kebenarannya, ?Kamu tidak dapat mengubah ukuran pori-porimu secara permanen,? kata Dr. Lee. Akan tetapi, ?Kamu dapat meminimalkan bentuk mereka. Jika kamu memiliki sesuatu yang selalu menyumbat pori-porimu, itu dapat terus melebar dan membuat pori-porimu sedikit lebih besar,? jelas Dr. Lee. ?Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan elastisitasnya, sehingga pori-pori?kita akan melebar secara alami,? kata Dr. Lee. Berhati-hatilah terhadap produk dan layanan yang mengklaim dapat mengurangi ukuran pori-porimu. ?Ada begitu banyak perusahaan di luar sana atau salon kecantikan yang mengatakan mereka dapat mengecilkan pori-porimu, dan itu sama sekali tidak benar,? kata Dr. lee. ?Saya pikir jenis tindakan terbaik dalam hal ini adalah mencoba bersikap proaktif tentang hal itu: cobalah untuk membantu mencegah pori-porimu agar tidak melebar terlalu besar,? tambahnya.

Source foto: 1, byrdie.com, 2. verywellmind.com, 3. verywellmind.com, 4. tripsavvy.com

Jerawat selalu menjadi hal yang menyebalkan bagi kulit tapi ternyata banyak mitos yang seharusnya jangan kamu telan bulat-bulat, dan itulah 4 mitos tentang jerawat yang harus kamu berhenti percaya.

Berita Terkait