Moms Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Anak yang Sedang Tantrum

Rabu, 7 Februari 2024 | 21:38:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Moms Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Anak Yang Sedang Tantrum

Ilustrasi Anak Menangis. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap orang tua pernah menghadapi seorang anak yang sedang mengalami tantrum. Keadaan ini merupakan kondisi saat anak mengeluarkan emosinya dengan berbagai cara, seperti menangis kencang, berguling di lantai, hingga mengamuk dan melempar barang.

Pada umumnya, tantrum biasanya terjadi pada anak yang masih berusia 1 hingga 4 tahu. Hal ini dikarenakan, pada usia tersebut anak belum memiliki kemampuan untuk menjelaskan apa yang menjadi keinginannya.

Sebagai orang tua tidak perlu khawatir dan bingung apabila sang anak mengalami tantrum, karena kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi pada anak.

Melansir Parents, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang tantrum.

Segera Tangani

Ilustrasi Anak Menangis. (Freepik.com)

 

Jika anak menjadi agresif seperti memukul, menendang, menggigit, atau melempar barang saat sedang  tantrum, maka segeralah hentikan mereka dan jauhkan mereka dari barang-barang di sekitarnya.

Hadapi perilaku anak dengan tenang dan tegas. Dalam hal ini, contohkanlah pada anak perilaku tanpa kekerasan dan menangani konflik secara produktif adalah cara terbaik untuk mengajarkan anak perilaku baik yang diinginkan orang tua.

Jangan Teriaki Anak

Ilustrasi Anak Menangis. (Freepik.com)

 

Orang tua adalah contoh bagi anaknya, seorang anak akan mengikuti orang tuanya dalam menangani amarahnya. Jika orang tua berteriak, maka anak akan menyamai volume suaranya dengan orang tua. Padahal seorang anak hanya ingin terlibat dan terhubung dengan orang tuanya.

Daripada meninggikan suara saat berbicara dengan anak, alangkah baiknya orang tua meminta maaf kepada anaknya.

Biarkan Anak Marah

Ilustrasi Anak Menangis. (Freepik.com)

 

Terkadang seorang anak hanya perlu untuk melampiaskan amarahnya, untuk itu biarkan saja anak untuk marah dan menangis. Membiarkan anak marah akan membantu anak-anak untuk belajar bagaimana melampiaskan emosi dengan cara yang tidak baik.

Biarkan anak melampiaskan perasaannya, menenangkan diri, dan mengendalikan dirinya tanpa harus berteriak lagi.

Alihkan Perhatian Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Saat anak sedang tantrum, maka cobalah untuk alihkan perhatian mereka. Mengalihkan perhatian anak bisa dilakukan dengan mengajaknya bermain mainan yang disuka, atau mengajaknya memberi makanan yang ia suka.

Peluk Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Memeluk anak ketika dirinya sedang mengamuk, dapat membantu anak untuk menenangkan dirinya. Berilah pelukan yang erat agar anak bisa merasa nyaman dalam pelukan orang tua. Pelukan dari orang tua akan membuat anak merasa aman dan memberi tahu mereka bahwa orang tuanya peduli terhadap dirinya.