Motif Batik Sederhana Penuh Makna dari Kolaborasi UNIQLO Indonesia dan Bai Soemarlono

Kamis, 31 Maret 2022 | 20:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Motif Batik Sederhana Penuh Makna Dari Kolaborasi Uniqlo Indonesia Dan Bai Soemarlono

UNIQLO Batik Sederhana X Bai Soemarlono. (Spesial)

Ladiestory.id - Setelah debut pertama pada 2021 lalu, perusahaan ritel global asal jepang, UNIQLO Indonesia mengumumkan untuk kembali berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo melalui UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang akan diluncurkan secara resmi pada 4 April mendatang. 

Kolaborasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia melalui perpaduan koleksi LifeWear yang nyaman dan berkualitas dengan desain motif batik eksklusif yang bisa digunakan sehari-hari.

UNIQLO Batik Sederhana X Bai Soemarlono. (Spesial)

Sebagai brand global, kami berkomitmen dan mendukung para seniman Indonesia dalam melestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama salah satu desainer Indonesia Bai Soemarlono melalui koleksi dengan desain eksklusif yang memadukan keindahan dan karakteristik dari Batik Motif namun tetap nyaman dan stylish yang sesuai dengan nilai dan konsep LifeWear khas UNIQLO. Kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan inspirasi berpakaian batik motif khas Indonesia untuk digunakan sehari-hari, ujar Daniel Pieter Sumual selaku Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia.

UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi masyarakat untuk menikmati karya batik sebagai sebuah seni melalui motif-motif sederhana namun penuh makna yang merepresentasikan kekayaan warisan budaya Indonesia. 

UNIQLO Batik Sederhana X Bai Soemarlono. (Spesial)

Melalui desain pada kolaborasi tersebut, Bai Soemarlono juga mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman.

Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang sangat erat hubungannya: krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya hanya dapat diselesaikan jika umat manusia berhenti menggunakan alam sebagai sumber daya dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah bagian dari alam. Oleh karena itu, setiap kali kita merusak alam, kita merugikan diri kita sendiri," ujar Bai Soemarlono.

"Untuk itu, kami memilih motif Batik untuk UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 ini didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. Mereka tidak hanya mencakup harapan untuk perubahan tetapi juga mendorong kita semua untuk bertindak. Kami membuat desainnya dalam skala yang lebih kecil dengan menggunakan warna monokromatik sederhana untuk menekankan gagasan agar hidup selaras dengan ekosistem, pungkasnya.