Mudah dan Murah! 5 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah Dan Murah! 5 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan

Ilustrasi Minyak Kelapa. (Special)

Ladiestory.id - Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan oleh ibu-ibu ketika memasak di dapur. Hal ini disebabkan, minyak kelapa diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, selain untuk kesehatan minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Hal ini pun dilalui oleh salah satu aktris Hollywood, Emma Stone.

Dirinya menjadikan minyak satu ini sebagai salah satu produk dalam ritual wajib perawatan sehari hari. Di Indonesia sendiri, minyak kelapa cukup mudah dan murah untuk didapatkan. Kira-kira apa saja ya manfaat minyak kelapa bagi kecantikan? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Melembapkan Kulit

Ilustrasi Melembapkan Kulit. (Special)

Bagi kamu yang cukup sensitif dengan produk perawatan dengan sifat comedogenic. Maka, kamu perlu mencoba minyak kelapa sebagai salah satu produk dalam rangkaian perawatan mu. Sebab, minyak kelapa tidak memiliki sifat comedogenic dan aman digunakan pada kulit tubuh maupun wajah.

Tak ayal, minyak kelapa diakui cukup ampuh dalam membantu melembabkan kulit. Selain itu, bagi penderita gejala eksim. Minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa gatal dan melembabkan kulit yang mengering. Namun, hal ini tidak dapat kamu rasakan hasilnya dengan instan. Kamu perlu melakukannya secara berkala. 

Memiliki Sifat Antibakteri

Ilustrasi Kulit Sehat. (Special)

Adanya kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat menciptakan sifat antibakteri serta anti radang. Sehingga, selain melembabkan kulit minyak kelapa juga efektif dalam mencegah kulit mengalami dehidrasi. Selain itu, adanya sifat antibakteri dan anti radang membantu tubuh dalam mencegah dan meredakan jerawat yang diakibatkan hormon. Khususnya yang terjadi pada ibu pada masa kehamilan. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang bermasalah.

Bantu Angkat Sisa Makeup

Ilustrasi Membersihkan Makeup. (Special)

Setelah seharian beraktivitas dengan menggunakan makeup. Tentu, kamu ingin segera membersihkan sisa makeup yang masih tersisa dengan maksimal. Namun, ketika menggunakan cleanser atau toner saja. Kamu merasa masih sangat kurang maksimal dalam membersihkan.

Maka, kamu perlu mencoba minyak kelapa untuk membantu angkat sisa makeup. Selain sisa makeup, minyak kelapa juga dapat membantu mengangkat sebum hingga kotoran yang diakibatkan polusi maupun debu. Namun, jangan lupa setelah menggunakan minyak kelapa. Kamu perlu membersihkan wajah menggunakan facial foam untuk hasil yang maksimal. 

Bantu Jaga Kesehatan Rambut

Ilustrasi Rambut Sehat. (Special)

Adanya paparan sinar matahari, polusi hingga cuaca yang tidak menentu akan memberikan banyak efek pada kondisi rambut. Terutama bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan. tentunya kesehatan rambut menjadi terganggu bahkan mengalami kerusakan. Namun, kamu tak perlu risau lagi dengan kondisi ini. Kamu dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pilihan dalam perawatan mencegah rambut rusak.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga membantu rambut tumbuh lebih subur, mengkilap dan bebas ketombe. Cara menggunakannya cukup dengan oleskan minyak kelapa ke bagian kulit kepala dan batang rambut, diamkan selama 30 menit dengan menggunakan shower cap. Kemudian, bisa dengan air mengalir. kamu juga bisa melakukan keramas sesudah menggunakan minyak kelapa ini. 

Mampu Tingkatkan Kesehatan Kuku

Ilustrasi kuku sehat. (Special)

Manfaat terakhir dari menggunakan minyak kelapa yaitu dapat meningkatkan kesehatan kuku. Sebab, minyak satu ini dikenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan inilah yang sangat diperlukan oleh kuku untuk memproses pertumbuhan.

Selain itu, kandungan lemak pada minyak kelapa membantu memberi kelembaban yang membantu kuku terhindar dari dehidrasi. Tak hanya itu, teksturnya yang mudah meresap juga dapat menjaga lapisan kulit sekitar kuku menjadi lembab. Cara mengaplikasikan minyak kelapa untuk perawatan kuku sangatlah mudah. Cukup oleskan minyak kelapa di bagian kuku serta kutikula dengan gerakan memutar secara berkala.