Mudah Dipraktekan! 5 Cara Tunda Timbul Keriput di Wajah

Senin, 30 Januari 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah Dipraktekan! 5 Cara Tunda Timbul Keriput Di Wajah

Ilustrasi Keriput. (Special)

Ladiestory.id - Kerutan di wajah merupakan salah satu hal yang banyak membuat sebagian wanita merasa cemas. Sebab, ketika kerutan muncul makan menandakan bahwa kini usianya tak lagi muda. Meski kini, terdapat berbagai rangkaian perawatan anti-aging. Seiring berjalannya waktu tentu membuat kulit akan mengalami pengurangan produksi kolagen.

Namun, bagi kamu yang telah memasuki usia 30 tahun keatas. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunda timbulnya keriput di wajah. Nah, bagi kamu yang penasaran. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ilustrasi Air Putih. (Special)

Bagi orang dewasa, kebutuhan cairan tubuh mengalami peningkatan. Hal ini pun memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Salah satunya yaitu mampu membantu melembabkan dan menghidrasi tubuh. Sehingga, keriput pun akan terhindar untuk muncul di kulitmu.

Nah, bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan cairan. Usahakan untuk mengkonsumsi sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih per hari. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan perasan lemon untuk penambahan kandungan antioksidan bagi tubuh. 

Hindari Sinar UV

Ilustrasi Sinar UV. (Special)

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas khususnya di luar rumah. Pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya. Hal ini sangat efektif dalam menghindari paparan sinar matahari atau UV secara langsung. Sebab, seiring bertambahnya usia akan membuat produksi kolagen atau pembaruan kulit melambat.

Tak ayal, sinar matahari langsung akan memicu munculnya keriput khususnya pada area mata. Jika kamu melakukan aktivitas diluar ruangan. Selain menggunakan tabir surya atau sunscreen, jangan lupakan penggunaan topi serta sunglass untuk menjadi perlindungan ekstra pada dirimu. 

Jangan Lupa Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi. (Special)

Menggunakan makeup sehari-hari tentu banyak meninggalkan sisa pada kulit. Tak hanya itu, regenerasi kulit wajah juga membuatnya meninggalkan sisa berupa sel kulit mati. Akhirnya, kulit menjadi terlihat kusam dan tampak menua lebih dari umurmu sesungguhnya.

Bagi kamu yang ingin menghindari keriput yang muncul ini, kamu dapat melakukan eksfoliasi secara rutin seperti satu minggu sekali. Sehingga, kulit akan kembali bersih, sel mati pun terhempas serta garis halus serta noda gelap mulai memudar dari wajah. 

Lakukan Perawatan Area Mata

Ilustrasi Perawatan Area Mata. (Special)

Mata merupakan salah satu alat indra manusia yang dapat menjadi daya tarik sendiri. Namun, ketika kulit area mata terlihat terdapat kerutan. Tentunya, akan menurunkan daya tariknya dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Nah, supaya kamu tidak mengalami keriput secara cepat khususnya yang terlihat di area kulit mata.

Kamu perlu melakukan beberapa kegiatan ini. Pertama kamu dapat meletakkan sendok dingin pada area sekitar kulit mata setiap pagi hari. Kedua, menggunakan kompres atau masker khusus untuk area kulit mata. 

Utamakan Penggunaan Anti-Aging

Ilustrasi Perawatan Anti-Aging. (Special)

 Cara terakhir yang perlu kamu terapkan untuk menunda munculnya keriput yaitu dengan mengutamakan penggunaan produk anti aging. Produk semacam ini dapat membantu secara efektif mengurangi timbulnya keriput di wajah. Beberapa produk yang perlu kamu pilih yaitu memiliki kandungan vitamin A, C, D, E, serta B5.

Mengenai waktu terbaik dalam mengaplikasikan produk anti-aging yaitu malam hari. Hal ini dikarenakan, malam hari merupakan waktunya kulit beristirahat dan melakukan regenerasi. 

Itulah lima cara mudah untuk menunda timbulnya keriput di wajah. Tentunya, selain cara di atas kamu juga perlu menjaga pola makan serta melakukan olahraga secara rutin. Sehingga, tak hanya secara penampilan namun fisik juga tetap terjaga dan awet muda. Selamat mencoba dan salah sehat ya Ladies!