Murah Dan Mudah! Berikut Bahan-Bahan Alami Eksfoliasi Untuk Kesehatan Kulit

Senin, 9 Agustus 2021 | 05:44:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Murah Dan Mudah! Berikut Bahan-Bahan Alami Eksfoliasi Untuk Kesehatan Kulit

foto:instagram/a_elisacha

Kulit kita sering mengalami masalah kebersihan dikarenakan keseharian yang mengharuskan kita berada di bawah terik matahari dan terpapar polusi kendaraan. Sedangkan dibutuhkan waktu 1 bulan untuk kulit meregenerasi dengan sendirinya. Nah, eksfoliasi menjadi salah satu solusi untuk menjaga kulit tetap sehat.

Mengetahui manfaat eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah salah satu cara mengangkat sel kulit mati di bagian terluar kulit. Eksfoliasi memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit, menghilangkan kotoran seperti debu dari polusi dan sisa makeup guna mencegah jerawatan pada kulit, mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menjadikan komedo pada kulit, dan menyamarkan kerutan halus.

Waktu rutin untuk melakukan eksfoliasi

Seperti yang dikatakan di awal, sebenarnya kulit dapat melakukan eksfoliasi rutin dengan sendirinya setiap sebulan sekali. Namun, untuk hasil maksimal dikarenakan sering berpergian dan terkena polusi dan terik matahari, disarankan untuk melakukan eksfoliasi rutin satu sampai dua kali dalam seminggu untuk kulit normal cenderung kering, dan tiga kali untuk kulit kombinasi cenderung berminyak.

Apa saja ya bahan eksfoliasi alami itu?

Sebelum masuk ke ranah eksfoliasi alami, sebaiknya kita mengetahui dua jenis eksfoliasi, yaitu eksfoliasi mekanik dan eksfoliasi kimia. Eksfoliasi mekanik lebih sering menggunakan bahan alami, sedangkan eksfoliasi kimia adalah jenis eksfoliasi yang menggunakan bahan cairan kimia. Ini dia resep bahan alami untuk eksfoliasi

1. Gula dan pisang

 

PISANG
foto:instagram/halofresh

Gula adalah bahan pokok yang selalu tersedia di dalam rumah. Sedangkan pisang merupakan buah yang harganya sangat terjangkau. Dua kombinasi  bahan ini adalah bahan  eksfoliasi yang ampuh untuk menutrisi kulit hingga membuat kulit menjadi lebih lembut. Caranya, campurkan gula 2 sendok teh dan 1 buah pisang ukuran sedang yang sudah di haluskan. Oleskan merata pada kulit dan pijat memutar lalu bilas dengan air bersih.

2. Garam dan minyak zaitun

GARAM
foto:instagram/susieyu78

Garam dan minyak zaitun berguna untuk kesehatan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan garam yang ditumbuk halus satu sendok teh dan 2 sendok teh minyak zaitun. Oles memutar dan tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Madu dan papaya

PEPAYA
foto:instagram/banyumas24jam

Madu memiliki ribuan manfaat untuk kesehatan. Madu juga menjadi bahan eksfoliasi alami yang terbaik. Papaya merupakan buah yang sangat bagus manfaatnya bagi kulit. Dua kombinasi bahan ini ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Caranya, campurkan 4 sendok teh papaya yang dihaluskan dengan madu 1 sendok teh. Oleskan resep tersebut ke kulit dengan Gerakan memutar dan setelah itu diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin untuk hasil maksimal.

4. Kopi, gula merah, dan lemon

KOPI
foto:instagram/lolitainc

Kopi, gula merah, dan lemon merupakah bahan yang mudah ditemukan di dapur rumah kita. Selain harganya yang murah, manfaat ketiga bahan ini sangat luar biasa. Kombinasi ketiga bahan ini sangat manjur untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan kerutan halus.

Caranya, campurkan kopi 1 sendok teh, 1 sendok teh gula merah, dan lemon sebagai pelarut keduanya sesaui selera. Usapkan pada kulit hingga merata, tunggu 10 menit lalu gosok perlahan dengan memutar. Bersihkan dengan air bersih dan lihat hasilnya dalam pemakaian rutin.