Najwa Shihab Siap Usut Tuntas Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:30:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Najwa Shihab Siap Usut Tuntas Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan

Najwa Shihab. (instagram.com/najwashihab)

Ladiestory.id - Najwa Shihab terlihat ikut belasungkawa atas tragedi kerusuhan yang baru saja terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Di mana kejadian tersebut banyak menelan korban jiwa dan dapat dikatakan sebagai tragedi paling kelam dalam dunia sepak bola Indonesia. 

Tidak hanya menyampaikan pesan duka cita, ia turut menyoroti tragedi itu dan meminta agar semua pihak melakukan evaluasi secara sungguh-sungguh karena banyaknya korban yang akhirnya harus meregang nyawa. Hal ini ia tuliskan di Instagram pribadinya dengan unggahan gambar bendera setengah tiang pada Minggu (2/10/2022). 

Najwa Shihab Tragedi Kanjuruhan. (instagram.com/najwashihab)

“Satu nyawa pun sudah terlalu banyak, sudah amat sangat banyak. APALAGI INI. Evaluasi, evaluasi, evaluasi. Klise? Jelas klise kalau evaluasinya cuma di permukaan. Apalagi kalau direaksi hanya dengan liga berhenti sesaat… lalu berlanjut seperti sedia kala, seakan semuanya baik-baik saja, hanya karena sudah mengeluarkan sanksi, sanksi, dan sanksi,” tulisnya dikutip dari laman instagram @najwashihab, Senin (3/10/2022). 

Ia juga menyinggung beberapa pihak dan mengatakan, bahwa tidak ada evaluasi jika tanggapannya hanya bisa menyalahkan serta menghukum mereka yang paling rentan dan pada akhirnya hanya mendapat ucapan belasungkawa. 

Pemilik nama panggilan Mbak Nana ini menilai, jika tragedi yang baru saja terjadi merupakan sebuah tragedi besar yang telah memakan banyak korban jiwa.

Najwa Shihab. (Instagram.com/najwashihab)

“Ratusan nyawa yang hilang ini tragedi luar biasa besar. Ini bukan lagi tragedi bagi sepakbola Indonesia, ini sudah tragedi bagi bangsa Indonesia. Langkah-langkah luar biasa mutlak dilakukan oleh semua otoritas tertinggi di negeri ini untuk menghukum yang bersalah, merombak yang memang harus dirombak,” tegasnya.

Mbak Nana juga beranggapan bahwa kalimat 'tanggung jawab bersama' adalah sebuah isyarat jika pada akhirnya tidak ada yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Ia pun menegaskan, agar kasus ini harus diusut tuntas. 

“Kalimat 'ini tanggung jawab BERSAMA' artinya TIDAK ADA yg bertanggung jawab. Menyiratkan keinginan lepas tangan. Jadi mari kita kawal sama-sama. Tragedi ini wajib diusut tuntas,” tutur Mbak Nana. 

Ambil langkah tegas, Mbak Nana pun terlihat akan melakukan sebuah investigasi independen demi mengungkap pihak-pihak siapa yang meski bertanggung jawab atas tragedi kelam ini. Berkolaborasi dengan beberapa media lain, ia siap mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan dan meminta kepada publik agar bekerja sama demi mendukung kelancaran proses investigasi tersebut.

Najwa Shihab Tragedi Kanjuruhan. (instagram.com/najwashihab)

Ia juga meminta kepada mereka yang saat itu hadir sebagai penonton di Stadion Kanjuruhan untuk mengirimkan bukti dokumentasi berupa foto atau pun video yang sempat diambil ketika berada di lokasi kejadian.