NOICE Wadahi Insan Pers untuk Kembangkan Konten Berita dengan Podcast

Jumat, 10 Februari 2023 | 11:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Noice Wadahi Insan Pers Untuk Kembangkan Konten Berita Dengan Podcast

NOICE Wadahi Insan Pers untuk Kembangkan Konten Berita dengan Podcast. (ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Di era transformasi digital ini, mulai terlihat adanya perubahan konsumsi masyarakat termasuk salah satunya dalam mengonsumsi bacaan berita seperti halnya opsi mendengarkan berita lewat audio untuk memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati konten berita.

Memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2023, perusahaan rintisan teknologi asal Indonesia yang berfokus untuk menghadirkan platform konten audio terlengkap, NOICE memberikan dukungannya kepada insan pers di era transformasi digital ini. 

NOICE Wadahi Insan Pers untuk Kembangkan Konten Berita dengan Podcast. (Special)

 

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan bahwa platform audio memiliki beragam keunggulan yang menjadikannya semakin populer dari tahun ke tahun. Seperti di antaranya kemudahan yang diberikan karena bisa didengarkan saat screenless moment atau sambil melakukan aktivitas lainnya. 

“Keunggulan ini pula yang kami yakini sebagai potensi besar yang bisa dimanfaatkan bagi kemajuan jurnalisme di era digital. Konten podcast misalnya, kini telah sangat berkembang dari konten hiburan kemudian merambah ke topik lain yang tak kalah menarik, salah satunya pemberitaan,” ujar Niken Sasmaya di NOICE Space, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

“Di momen spesial ini, kami ingin mengajak insan pers Indonesia untuk memanfaatkan konten audio sebagai saluran pemberitaan baru yang bisa dinikmati masyarakat sehingga media-media di tanah air bisa lebih memperluas akses informasi serta mengoptimalkan perannya di era digital ini,” sambung Niken.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ratri Kartika Widya selaku jurnalis dan former executive producer Katadata Indonesia mengatakan bahwa pertumbuhan konten audio terhadap jurnalisme telah menjadi tantangan baru bagi industri jurnalistik.

Menurut Ratri, dengan memanfaatkan konten audio seperti podcast, para jurnalis bisa bercerita dengan proses story telling yang unik dan dapat memberikan pelaporan yang mendalam.

“Dengan memanfaatkan kekuatan audio, kita dapat memberikan pengalaman mendengarkan informasi yang menarik dan imersif bagi audiens. Saya sangat mendukung penggunaan jurnalisme audio sebagai alat bercerita dan yakini ini akan terus memainkan peran penting di masa depan jurnalisme,” tuturnya.