5 Obat Alami Bantu Obati Kudis dan Redakan Gatal

Kamis, 29 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Obat Alami Bantu Obati Kudis Dan Redakan Gatal

Ilustrasi gatal. (Special)

Ladiestory.id - Bagi kamu yang sedang mengalami gatal-gatal hingga muncul gejala kurap maupun kudis tentu akan sangat menyiksa. Tak ayal, terkadang kamu terus menerus menggaruknya. Kudis sendiri merupakan kondisi di mana kulit terasa gatal yang disebabkan oleh tungau yang bernama sarcoptes scabiei.

Bahayanya, penyakit kudis ini dapat dengan sangat mudah menular ke orang lain melalui kontak langsung. Nah, untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penularan. Yuk, simak lima obat alami kudis untuk bantu redakan gatal. 

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Tanaman satu ini tentu sudah tidak asing bagi kamu, bukan? Lidah buaya dianggap merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya memberikan efek sejuk pada kulit, namun juga membantu mengurangi rasa perih pada bagian kulit yang tengah meradang.

Rasa gatal yang dialami penderita kudis oleh infeksi tungau dapat diatasi dengan obat alami satu ini. Cukup berikan lidah buaya yang telah dikupas, kemudian balurkan pada kulit yang mengalami gatal atau kudis. Hingga saat ini, belum ada penemuan terkait efek samping penggunaan pada penderita kudis. 

Kunyit

Ilustrasi kunyit bubuk. (Special)

Selain untuk bahan masakan, kunyit juga dapat membantumu mengobati kudis. Hasil riset dari BioMed Research International mengungkapkan, bahwa kunyit memiliki kandungan antijamur dan antiradang yang dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab kudis.

Penggunaan kunyit untuk pengobatan kudis dapat dilakukan dalam bentuk mengonsumsinya langsung atau membuat campuran dari kunyit yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa. Kemudian, aduk campuran tersebut hingga mengental. Setelah itu, kamu dapat mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi kudis atau kurap dan diamkan hingga mengering. Kini, kamu juga dapat menggunakan kunyit yang telah di ekstrak menjadi bubuk.

Tea Tree Oil

tea tree oil. (Special)

Minyak yang lebih kenal sebagai minyak esensial atau atsiri ini ternyata memiliki khasiat menghilangkan kudis. Sejauh ini, penelitian menemukan bahwa tea tree oil dapat membantu meredakan gejala gatal. American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, menemukan bahwa minyak atsiri atau tea tree oil memberikan hasil maksimal dalam mengobati kudis ringan serta scabies berkrusta.

Sebab, sifat antibakteri dan anti radang yang terkandung tea tree oil membantu penyembuhan infeksi kulit. Selain itu, mampu mencegah perkembangan penyakit seperti pyoderma, sepsis, hingga infeksi kulit karena bakteri. Untuk menggunakan tea tree oil, cukup oleskan pada area kulit yang terinfeksi kudis atau kurap.

Kapulaga

Ilustrasi kapulaga. (Special)

Rempah biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk menambah cita rasa masakan, begitupula dengan kapulaga. Rempah satu ini juga memiliki manfaat lain. Salah satunya, membantu mengobati penyakit kudis. Hal ini disebabkan adanya kandungan efek anti-infeksi dan peremajaan.

Faktor inilah yang membantu menghilangkan tungau serta membantu menyembuhkan kulit yang terinfeksi. Kapulaga juga memiliki antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga, dapat melawan kudis secara maksimal dan efektif.

Minyak Cengkeh 

ilustrasi minyak cengkeh (Special)

Pengobatan alami lain yang bisa kamu coba yaitu minyak cengkeh. Minyak satu ini memiliki sifat sebagai anti mikroba serta fungsi yang seperti anestesi. Tak hanya itu, minyak cengkeh juga dikenal memiliki kandungan kaya akan antioksidan.

Kandungan inilah yang berfungsi untuk mengobati kudis tanpa efek samping. Kamu dapat mengoleskan cairan minyak cengkeh ke area kulit yang terkena kudis secara rutin untuk hasil maksimal.

Nah, itulah lima obat alami yang dapat membantumu menyembuhkan kudis. Pastikan kamu juga selalu menjaga kebersihan tubuh dan tempat tinggalmu. Jangan lupa, selalu terapkan pola hidup sehat ya.