6 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Enak yang Wajib Kamu Beli

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak Yang Wajib Kamu Beli

Foto: Foto: pergikuliner

Ladiestory.id - Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang bukan hanya terkenal dengan banyak tempat wisatanya yang menarik. Namun Bandung juga punya oleh-oleh khas yang enak dan terkenal, sebagai buah tangan saat kamu mengunjungi kota Bandung.

Oleh-oleh Khas Bandung Paling Enak

Inilah oleh-oleh khas Bandung paling enak yang wajib kamu beli saat mengunjungi kota Bandung.

1. Peuyeum 

oleh-oleh khas bandung
Foto: kompas

Salah satu oleh-oleh khas Bandung paling enak dan terkenal adalah peuyeum. Peuyeum lebih dikenal dengan sebutan tape oleh para wisatawan yang berasal dari luar kota Bandung. 

Makanan yang bertekstur empuk dan legit ini termasuk makanan tradisional Bandung yang wajib kamu coba. Peuyeum dibuat dengan bahan dasar singkong yang diolah lagi menjadi berbagai macam makanan. Salah satu olahan dari peuyeum yang terkenal adalah kolak peuyeum. 

2. Brownies Kukus Amanda

oleh-oleh khas bandung
Foto: tokopedia

Brownies kukus Amanda adalah salah satu oleh-oleh Bandung yang wajib kamu bawa pulang. Brownies kukus Amanda mempunyai tempat tersendiri di hati wisatawan. 

Teksturnya yang legit dengan rasa cokelatnya yang enak membuat banyak wisatawan ketagihan dan selalu berburu brownies ini saat liburan ke Bandung

3. Tahu Susu Lembang

oleh-oleh khas bandung
Foto: pergikuliner

Tahu susu khas Bandung ini banyak disukai wisatawan karena rasanya yang memang enak dan gurih. Tahu susu Bandung terbuat dari kedelai yang dicampur dengan  susu murni, membuat tekstur tahu ini lebih lembut daripada jenis tahu lainnya. Kamu juga bisa pilih untuk membeli mentahan atau langsung menikmati tahu yang sudah digoreng matang.

4. Bolu Bakar Tunggal

oleh-oleh khas bandung
Foto: traveloka

Bolu Bakar Tunggal ini bisa jadi pilihan oleh-oleh Bandung yang sedang digemari dan wajib kamu coba. Bolu bakar ini berbentuk balok persegi panjang, yang dipotong pada bagian tengahnya lalu diberi olesan mentega dan ditambah dengan isian. 

Setelah itu kemudian bolu dibakar. Untuk isiannya kamu bisa bebas pilih. Ada keju, cokelat, durian, kacang, roombutter original, strawberry, kopi, kelapa, nanas, abon, hingga tuna. Rasanya dijamin enak dan bisa bikin ketagihan. 

5. Gepuk Ny. Ong

oleh-oleh khas bandung
Foto: ayobandung

Gepuk atau empal yang satu ini wajib masuk dalam daftar oleh-oleh kamu saat ke Bandung. Gepuk berasal dari daging sapi yang digeprek menjadi pipih.

Biasanya kuliner ini dimasak bersama rempah-rempah dengan resep tradisional. Salah satu gepuk yang legendaris di Bandung adalah Gepuk Ny. Ong. Gepuk ini diklaim hanya dibuat dari daging sapi terbaik Indonesia.

6. Roti Leutik

oleh-oleh khas bandung
Foto: kumparan

Roti Leutik atau dalam bahasa Sunda artinya roti kecil. Roti mini dengan berbagai varian bentuk ini memiliki rasa yang nikmat. Roti ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa, ada rasa Almond, Cheese Blonde, Cheese Sandwich, Choco Mango, Kopyor, Capucino, dan masih banyak lagi rasa lainnya.

Itulah 6 macam oleh-oleh khas Bandung paling enak yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Bandung. Tertarik mencicipi yang mana?