Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli, Berikut Daftarnya

Jumat, 2 Juli 2021 | 09:12:27

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli, Berikut Daftarnya

Foto: Instagram/beritakotabandung

Oleh-oleh memang menjadi suatu hal yang selalu dinantikan oleh keluarga ataupun teman ketika kita ketika sedang berpergian.

Ketika mengunjungi kota Bandung, Anda dapat membawa beberapa oleh-oleh yang siap Anda borong ketika pulang.

Terdapat beragam jenis buah tangan yang bisa Anda bawa dari kota kembang ini, dimulai dari makanan, camilan, baju, jajanan, sampai souvenir khas Bandung pun ada.

Anda tinggal memilih ingin membeli oleh-oleh jenis apa serta soal harga tidak usah kuatir, hampir semuanya di banderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Telah menjadi kebiasaan atau semacam tradisi, jika sehabis liburan hampir semua traveler selalu menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga, sanak saudara, teman, tetangga, atau sekedar untuk kenang-kenangan.

Tak heran bila di setiap kota wisata termasuk Bandung, berjejeran aneka toko dan pusat oleh-oleh khas daerah yang terkenal.

Berburu oleh-oleh khas adalah hal yang tak boleh dilewatkan ketika melakukan perjalanan ke suatu daerah. Setiap daerah di Indonesia menawarkan berbagai produk olahan khas yang menjadi oleh-oleh wajib bagi para turis.

Seperti salah satu contoh misalnya di Bandung. Bandung merupakan satu dari sekian banyak kota besar di Indonesia yang terus menerus mengembangkan sektor pariwisata untuk menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung.

Bandung pun juga memiliki oleh oleh khas mereka sendiri, Anda dapat membawakan oleh oleh untuk keluarga dengan oleh oleh di bawah ini.

  1. Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

foto:instagram/kalsareater
Foto: Instagram/kalsareater

Oleh-oleh yang satu ini tidak boleh ditinggalkan saat Anda mengunjungi Bandung. Toko oleh-oleh ini bahkan menjadi langganan dan favorit para pelancong ketika mengunjungi Bandung.

Anda dapat menemukan Pisang Bollen di toko pusatnya yang beralamat di Jalan H. Akbar No.4 Kebun Kawung. Selain dipusatnya Anda juga dapat membeli di beberapa cabang seperti di Jalan Dago, Cihampelas dan Jalan Pasteur.

  1. Picnic Roll Primarasa

foto:instagram/jastip_nv
Foto: Instagram/jastip_nv

Saat Anda mengunjungi Bandung dan mencari buah tangan, Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh Primarasa.

Pusat oleh-oleh ini menjual makanan yang menjadi makanan ciri khas dan juga terkenal yaitu Picnic Roll.

Picnic roll ini merupakan daging cincang yang diolah dengan bumbu khusus, lalu dimasukkan kulit pastri yang didalamnya berisi telur. Setelahnya di bakar sudah pasti rasanya sangat lezat. Salah satu cabang yang dapat  Anda tuju terletak di Jalan Pasirkaliki.

  1. Surabi Bandung

foto:instagram/rika_dinarjanti
Foto: Instagram/rika_dinarjanti

Diantara banyaknya kuliner khas Bandung yang salah satunya wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah surabi. Bila dulu surabi dikenal sebagai jajanan tradisional dan kurang diminati, maka sekarang telah berbeda.

Kreasi berupa beragam toping menarik di atasnya menjadikan surabi sebagai salah satu oleh-oleh wajib dibawa pulang dari Bandung. Surabi ini juga cocok dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh untuk menambah sensasi nikmat rasanya.

  1. Peuyeum

foto:instagram/infoticibaduyut
Foto: Instagram/infoticibaduyut

Peyeum yang dalam bahasa Indonesia disebut tape ini terbuat dari singkong yang sudah difermentasi. Makanan yang satu ini sangat digemari warga Bandung karena dapat menghasilkan rasa hangat di tubuh saat dikonsumsi.

Sebagai salah satu oleh-oleh khas, tidak sulit untuk menemukan peuyeum ini. Selain dimakan langsung, peuyeum ini juga nikmat diolah menjadi berbagai olahan kuliner lain.

Makanan ciri khas Bandung di atas dapat menjadi referensi untuk Anda dalam memberikan oleh oleh kepada keluargamu.

Berita Terkait