Orang Tua Wajib Tahu! Ini Cara Bantu Anak Atasi Rasa Khawatir

Sabtu, 17 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Cara Bantu Anak Atasi Rasa Khawatir

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ketika seorang anak bertumbuh besar, tentunya mereka akan menghadapi banyak hal-hal baru di dalam hidupnya. Mulai dari sekolah, bertemu teman baru, bersaing dalam olahraga, dan banyak hal lainnya.

Ketika seorang anak menghadapi hal-hal baru di dalam hidupnya, sering kali mereka merasakan emosi yang campur aduk bahkan berantakan. Menghadapi sesuatu yang baru dalam hidupnya, kadang membuat anak menjadi stres.

Hal itu bisa saja akan membuat anak menjadi merasa senang atau khawatir akan apa yang akan dihadapinya di masa depan. Namun, perlu diketahui bahwa kekhawatiran tidak semuanya menjadi buruk. 

Orang tua dapat membantu anak mereka untuk mengatasi rasa khawatirnya dalam menghadapi berbagai hal-hal baru yang ditemui.

Melansir Kids Health, berikut ini cara membantu anak menangani rasa khawatir.

Habiskan Waktu Bersama

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Meski hanya beberapa menit, meluangkan waktu untuk anak sangat memberikan dampak baik bagi pertumbuhan mereka. Lakukan hal-hal bersama yang anak sukai, seperti jalan-jalan, memasak, makan, atau sekadar bercerita di ruang tamu.

Temukan cara untuk tersenyum dan tertawa bersama. Ini akan membuat ikatan antara orang tua dan anak menjadi lebih kuat dan positif, serta akan menciptakan momen bagi anak-anak untuk terbuka secara alami.

Tanyakan Apa yang Sedang Dipikirkan

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Bantu anak-anak untuk memberi label pada apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Mereka mungkin tidak selalu punya banyak hal untuk dikatakan, dan mereka mungkin tidak selalu ingin membicarakan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Namun, beri tahu anak-anak bahwa sebagai orang tua akan selalu terbuka untuk mendengarkan dan berbicara kapan saja.

Dengarkan dengan Sabar

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Saat anak ingin bercerita atau meluapkan isi hatinya, maka dengarkanlah dengan penuh perhatian. Beri mereka waktu untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka melalui kata-kata.

Sesekali ajukanlah pertanyaan untuk mendengar lebih banyak cerita dari anak, dan jangan terlalu cepat untuk memberikan nasihat, biarkan mereka mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu.

Bantu Anak Pikirkan Cara Untuk Hadapi Hal Baru

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Bantulah anak untuk memikirkan bagaimana cara untuk mereka menghadapi suatu hal baru di dalam hidupnya.  Ajaklah mereka untuk memikirkan apa yang dapat mereka lakukan, dukung ide-ide bagus dari mereka dan diskusikanlah bersama-sama. 

Beri Rasa Tenang dan Nyaman

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Saat anak sedang merasa khawatir, maka cobalah untuk memberinya rasa tenang dan nyaman. Ingatkan anak bahwa apa yang sedang dikhawatirkannya saat ini, akan segera berlalu dan terlewati.  Ajari anak untuk menggunakan pernapasan yang tenang untuk menenangkan pikiran dan tubuh mereka.