Patut Diketahui, Kata Dokter Begini Cara Terbaik Bersihkan Area Intim

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:37:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Patut Diketahui, Kata Dokter Begini Cara Terbaik Bersihkan Area Intim

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kesehatan organ intim haruslah menjadi perhatian utama bagi tiap orang, khususnya bagi seorang wanita. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim wajib dijaga agar fungsinya senantiasa terjaga.

Tak sembarangan, dalam membersihkan organ intim kewanitaan terdapat cara khusus yang harus diperhatikan agar organ intim tidak mengalami infeksi atau cedera.

Melansir The Health Site pada Kamis (28/12/2023), Dokter Tanaya atau yang lebih dikenal sebagai @dr_cuterus di Instagram, menjelaskan dalam sebuah video bahwa seseorang tidak perlu untuk harus selalu mencuci vaginanya, karena vagina dapat membersihkan dirinya sendiri dengan baik.

Dokter Tanaya mengatakan sebaiknya gunakan sabun yang tidak menggunakan wewangian dan tidak mengandung glitter, atau bahan lain yang dapat membuat iritasi.

"Yang harus Anda lakukan adalah, saat mandi, gunakan sabun yang lembut, atau gunakan sabun mandi yang higienis,” kata Dokter Tanaya, dikutip Kamis (28/12/2023).

“Pastikan saja sabun tersebut tidak diberi wewangian dan tidak mengandung glitter dan bahan-bahan yang dapat mengiritasi Anda," lanjutnya.

Bahkan menurutnya, seseorang juga bisa membersihkan organ intimnya hanya dengan menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun.

Unggahan Dokter Tanaya. (Instagram.com/dr_cuterus)

 

Lebih lanjut, sang dokter juga mengimbau agar tidak memasukkan apapun ke dalam vagina. Hal ini karena vagina merupakan saluran elastis dan berotot yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Seperti diketahui, vagina memiliki peran yang sangat penting bagi seorang wanita. Melalui lubang vaginalah lapisan rahim (endometrium) akan keluar dari tubuh selama siklus menstruasi. Serta lubang vagina juga menjadi jalan sperma masuk ke dalam tubuh untuk merencanakan kehamilan.

Tak hanya itu, lubang vagina juga sering disebut sebagai ‘jalan lahir’, pasalnya dalam proses persalinan, bayi akan menuju vagina untuk keluar dari tubuh dan dilahirkan.

Dalam videonya, Dokter Tanaya mengungkapkan bahwa dalam membersihkan organ intim, sebaiknya dilakukan dengan cara memutar pada bagian bibir vagina. 

“Dengan situasi pembersihan lainnya, apa yang dapat Anda lakukan adalah melakukan gerakan berputar dengan jari yang bersih di antara 'bibir' vagina, dan membersihkan sekelilingnya. Bersihkan di bawah klitoris, tetapi jangan memasukkan jari Anda ke dalam apa pun yang terjadi," pungkasnya.