Pendamping Pengantin Pria, Kenalan dengan Groomsmen dan Tugasnya

Selasa, 7 September 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Pendamping Pengantin Pria, Kenalan dengan Groomsmen dan Tugasnya

Foto: Instagram.com/fero_walandouw

Pernikahan merupakan salah satu momen istimewa, terutama bagi para calon pengantin. Untuk itu, kehadiran orang-orang terdekat, seperti orangtua, keluarga, dan sahabat sangat berarti untuk memeriahkan acara tersebut. Bukan hanya untuk memeriahkan acara saja, calon pengantin juga membutuhkan pendamping agar acara mereka berjalan lancar.

Biasanya calon pengantin dibantu oleh kehadiran bridesmaid dan groomsmen. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata bridesmaid, tapi tahukah Anda apa itu groomsmen?

Apa Itu Groomsmen?

Groomsmen
Foto: instagram.com/chicco.jerikho)

Bridesmaid merupakan pendamping untuk pengantin wanita, sedangkan groomsmen merupakan sebutan untuk pendamping mempelai pria. Groomsmen adalah pendamping pria bagi pengantin pria.

Groomsmen juga sering disebut dengan istilah best man, sedangkan dalam prosesi pernikahan militer mereka disebut dengan swordsmen. Groomsmen biasanya terdiri dari 5 sampai 10 orang teman dekat dari pengantin pria. Biasanya, jumlahnya juga disesuaikan dengan jumlah bridesmaid.

Sejarah Unik Groomsmen

Groomsmen
Foto: instagram.com/alghazali7

Populer di kalangan pengantin modern, groomsmen ternyata sudah ada sejak zaman Romawi. Menurut sejarah, groomsmen memiliki tugas penting, yaitu untuk melindungi calon pengantin dari roh jahat yang mungkin mengganggu pernikahan mereka.

Pada masa itu, groomsmen juga sudah mengenal adanya seragam yang dipakai saat acara pernikahan. Namun, seragam yang mereka kenakan harus benar-benar mirip dengan mempelai pria. Hal ini memiliki tujuan untuk mengecoh para roh jahat agar mereka tidak dapat membedakan mana pengantin yang asli.

Seiring berjalannya waktu, tugas dan kewajiban groomsmen pun mengalami perubahan.

Tugas Groomsmen di Acara Pernikahan Modern

Groomsmen
Foto: (instagram.com/chicco.jerikho

Kini, kepercayaan terhadap roh jahat yang berniat mengacaukan acara pernikahan nyaris tidak ada. Maka dari itu, kehadiran groomsmen mengalami perubahan tugas di acara pernikahan modern. Umumnya, groomsmen hadir untuk menjadi pendamping mempelai pria sekaligus pendamping bridesmaid. Nah, berikut ini beberapa tugas groomsmen.

1. Menghadiri semua acara sebelum hari H

Tugas groomsmen yang pertama sebagai pendamping pengantin laki-laki adalah menghadiri semua acara sebelum hari H. Bukan hanya sebagai pendamping, groomsmen juga bertugas untuk turut membantu mempersiapkan acara-acara tersebut.

2. Penerima tamu dan membantu tamu yang kebingungan

Groomsmen memiliki tugas untuk menjadi penerima tamu. Biasanya mereka akan berdiri di pintu masuk lalu menanyakan nama tamu yang datang. Selanjutnya mereka akan menunjukkan tempat duduk tamu yang bersangkutan.

Groomsmen juga bertugas untuk mengantarkan para tamu hingga ke meja apabila konsep acara pernikahan adalah menempatkan tamu di meja-meja tertentu.

Selain itu, groomsmen turut andil untuk membantu tamu yang kebingugan, seperti tidak tahu dimana letak kamar mandi atau dimana tempat untuk menyerahkan kado bagi pengantin. Maka dari itu, groomsmen hadir untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dan membuat para tamu merasa lebih nyaman.

3. Perhatikan agar pengantin laki-laki tidak kelaparan

Groomsmen pun bertugas untuk memperhatikan kondisi pengantin laki-laki apakah dia sudah makan atau belum. Sebab, para pengantin akan menemui beberapa tamu undangan, sehingga tidak sempat memperhatikan untuk mengisi perut.

Groomsmen
Foto: Ladiestory.id

 

4. Memberikan sambutan jika diminta

Pada beberapa resepsi pernikahan, teman terdekat pengantin diminta untuk memberikan sambutan dan pesan-pesan mereka kepada pasangan yang berbahagia.

Sebagai pendamping pengantin pria, groomsmen dengan senang hati memberikan sambutan. Namun, apabila tidak diminta sebaiknya tidak perlu berinisiatif memberikan sambutan.

5. Menyimpan kado untuk pengantin

Sama halnya seperti bridesmaid, groomsmen pun memiliki tugas untuk menerima kado yang diberikan oleh tamu untuk pengantin. Kado tersebut akan disimpan di tempat yang aman atau meletakkannya di tempat yang sudah disediakan.

6. Mendampingi pengantin laki-laki

Groomsmen memiliki tugas wajib untuk berjalan di belakang pengantin laki-laki menuju ke altar pernikahan atau ke pelaminan bersama dengan pasangan bridesmaid-nya masing-masing. Semua groomsmen mengenakan seragam yang ditentukan, tetapi warnanya berbeda dengan busana yang dipakai oleh pengantin pria.

Itulah pengertian groomsmen, pendamping pengantin pria, beserta tugasnya.

Berita Terkait