Pengalaman Pakai Masker Spirulina: Hilangkan Jerawat

Selasa, 22 Juni 2021 | 15:25:50

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Pengalaman Pakai Masker Spirulina: Hilangkan Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Merawat wajah memang sangat diperlukan supaya wajah terlihat sehat dan good looking. Saat ini sudah banyak berbagai macam skincare yang dapat digunakan untuk merawat wajah dari mulai toner, pelembab hingga masker.

Berbicara tentang masker, masker spirulina adalah salah satu jenis masker yang sedang naik daun di kalangan beauty vlogger karena kegunaannya yang bermacam-macam. 

Masker spirulina adalah masker hijau yang terbuat dari ganggang bernama latin Arthospira. Spirulina ini mengandung banyak zat yang baik untuk kulit kita, termasuk bisa mencerahkan dan juga mengencangkan kulit.

Sejauh di Indonesia ada dua merek spirulina yang paling tenar dan diburu orang yaitu spirulina Tiens dari China dan spirulina HPAI dari Malaysia.

Lalu bagaimana pengalaman pakai masker spirulina? Apalah manjur? Namun sebelum itu kita kenali lebih dalam mengenai manfaat masker spirulina.

Manfaat Masker Spirulina :

1. Membersihkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Selain bisa membersihkan kulit kusam karena paparan sinar matahari, spirulina yang ada kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kecerahan kulit.

2. Menjaga Kelembaban Kulit Wajah

Masker spirulina dapat membuat kulit kering jadi lembab. Selain itu, juga bisa meningkatkan elastisitas kulit. 

3. Sebagai Detoks Kulit Wajah

Setelah seharian kena polusi, pas banget emang kalau malamnya langsung pakai masker spirulina. Karena salah satu manfaatnya bisa jadi detoks kulit wajah kita.

Selain mengandung antioksidan, spirulina juga ada kandungan zat yang menurut penelitian bersifat anti toxic yang bisa mengangkat racun racun yang ada di kulit bagian luar.

4. Sebagai Anti Aging

Kandungan yang ada di dalam masker spriulina termasuk vitamin E dan zat lainnya bisa memperbaiki tanda-tanda penuaan, misalnya keriput, noda hitam, kerutan halus, dan lainnya.

5. Mengatasi Jerawat

Spirulina terdapat kandungan senyawa yang sifatnya antibakteri. Oleh sebab itu, bisa bertarung melawan jerawat di wajah. Tentu tidak instan ya, harus rutin pemakaian.

6. Mengatasi Pigmentasi Kulit Wajah

Anda ngalamin gak ada dark spot di wajah, mungkin bisa jadi salah satunya dari bekas jerawat? Ternyata spirulina bisa mengatasinya.

Pengalaman Pakai Masker Spirulina 7 Hari

Review Pengalaman Pakai Masker Spirulina selama 7 hari dikutip dari seorang blogger yaitu Kaniarda.

Kaniarda menuliska bahwa dia lebih sering mencampur masker spirulina dengan aloe vera gel agar aromanya tidak terlalu kuat di hidung. Nah berikut efek yang ditimbulkan :

1. Bibit jerawat tidak jadi tumbuh jerawat 

Foto: Pinterest/KANIAARDA

2. Tekstur muka lebih bagus dan lebih smooth

Foto: Pinterest/KANIAARDA

3. Komedo hitam berkurang 

Foto: Pinterest/KANIAARDA
Namun Kaniarda menuliskan bahwa masker spirulina tidak menghilangkan komedo hitam secara menyeluruh.
 
"nah suatu malam aku pake maskernya, terus di area hidung ku kasi tissue gitu pokoknya bikin ala-ala porepack. As u can see komedo hitam ku cukup berkurang (walaupun nggak hilang total). Sedangkan untuk whiteheads atau komedo putih, masker spirulina ini masih belom nampol."

Harga Masker Spirulina

Biasanya masker spirulina dijual eceran per kapsul dan botolan besar isi 100 kapsul. Masker spirulina ini dibandrol dengan harga Rp 7.000 – Rp 10.000 per kapsul. Untuk Spirulina Tiens, isi per botol adalah 100 kapsul dengan harga minimal Rp 400 ribu. 

Murah atau mahal mungkin itu tergantung dari penjualnya, tetapi meskipun murah, produk spirulina yang asli tidak  akan semurah yang palsu yang biasanya dijual hanya Rp 1.000 – Rp 2.000 aja per kapsulnya.

Oleh sebab itu, mari kita kenali perbedaan spirulina asli dan palsu.

Ciri Masker Spirulina Palsu dan Asli

Produk Asli :

Produk Palsu :

  • Bentuk cangkang sama besar, termasuk bagian penutup

  • Bau bahan kimia dan tidak sedap

  • Warna lebih kehitaman atau justru hijau muda

  • Bertekstur cair saat diaduk

  • Tekstur lebih kasar

  • Biasanya harga terbilang lebih murah

Itulah pengalaman pakai masker spirulina beserta harganya. Tapi tetap ingat lagi ya, skincare punya pengaruh yang beda-beda di setiap wajah. Bisa cocok di wajah orang lain, belum tentu cocok di Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!