Penting! Makna Simbol di Balik Kemasan Kosmetik

Selasa, 14 Juli 2020 | 11:55:44

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Penting!  Makna Simbol Di Balik Kemasan Kosmetik

Pada kemasan skincare dan makeup terdapat banyak tulisan dan logo berupa simbol  tersembunyi yang sering abaikan? sebagai konsumen produk kosmetik, sudahkah kita aware dengan berbagai symbol di produk kosmetik yang kita konsumsi? Misalnya kalau anda adalah pribadi-pribadi yang ramah dan peduli dengan lingkungan misalnya, alangkah lebih menyenangkan bukan ketika kita mengetahui bahwa produk kita itu bisa di recycle, dan atau malah free animal testing? Nah, sebenarnya, hal itu bisa kita ketahui dari simbol-simbol yang ada di wadah kosmetik kita. Jadi, yuk disimak 6 makna simbol yang sering ada di kemasan produk kecantikan dan skincare

1. Masa kadaluarsa (Best before dan Period After Opening)

Sebelum membeli ada baiknya, kamu men-cek masa kadaluarsa. Ada dua macam tkamu nih untuk mengetahui masa kadaluarsa kosmetik, pertama dengan tulisan expired date/best before yang biasanya tertulis di wadah body lotion, bedak atau lipstick dan mascara kita. Oh iya, untuk tkamu expired date, ada baiknya cek benar-benar ya, karena ada merek kosmetik yang meletakkan expired date ini di plastic press packaging, sehingga ketika kita buka plastik press packaging-nya, kita sudah lost track untuk masa kadaluarsanya.

2.The green dot

Biasanya berbentuk dua tkamu panah, hitam dan bening, menyerupai simbol yin dan yang. Hal ini untuk memenuhi stkamurt aturan untuk produk kosmetik di Negara-negara Eropa, untuk menginfokan kepada konsumen, bahwa mereka adalah brand kosmetik yang menjadi anggota organisasi ‘recycling & recovery’ dan mereka peduli dan spare budget untuk daur ulang.

3. Flammable

Biasanya tkamu ini kita temukan pada produk cat kuku atau produk hair spray, yang peka terhadap api atau suhu yang tinggi, sehingga kita juga akan lebih hati-hati dalam penyimpanannya, yaitu tempak yang kering namun sejuk dan tidak di bawah sinar matahari langsung.

4. More information (symbol jari mengarah pada buku)

Untuk menunjukkan bahwa masih banyak informasi tentang produk yang masuk dalam kemasan, bisa di sisipan atau malah dibalik(lapisan dalam) dari stiker kupas. Simbol ini biasanya disertakan bila tidak ada cukup ruang dalam stiker kemasan. Cara lainnya adalah dengan menunjuk (tkamu panah) seperti produk foundation produk Revlon Colorstay di bawah ini.

5. Sertifikat organik

Sertifikat organik trademark terdaftar yang menunjukkan kalau produk kosmetik itu tidak mengandung hewan ataupun menggunakan hewan dalam percobaannya. Biasanya hal ini menjadi perhatian dari para vegan, dan mempermudah mereka untuk mengetahuinya.

6. Tanda“Animal Cruelty Free”

Ada beberapa symbol nih untuk produk dengan animal cruelty free, tergantung organisasi yang mengeluarkannya, ada PETA (People of Ethical Treatment of Animal), atau CCIC atau BUAV (cruelty free animal) etc.

Mulai sekarang kamu nggak akan lagi sembarangan memakai make-up. Kamu jadi lebih paham mengenai produk kecantikan dari memperhatikan kemasannya. Dengan mengetahui makna simbol-simbol yang tertera, kamu bisa meminimalisir penggunakan produk yang sudah kedaluwarsa.

Sumber Foto: Freepik.com