Penyebab dan Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Rabu, 15 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Penyebab dan Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Foto: Ladiestory.id

Skin Barrier adalah lapisan pelindung pada kulit bagian luar yang fungsinya untuk menjaga kulit agar terhindar dari berbagai dampak negatif. Misalnya sinar UV, kotoran polusi udara dan lain sebagainya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakan Skin Barrier

Bukan cuma itu, skin barrier turut berperan dalam menjaga kelembapan kulit. Walaupun perannya sebagai pelindung, namun nyatanya skin barrier ini rapuh dan gampang rusak lho ladies. Cari tahu yuk apa penyebabnya dan gimana cara mengatasinya.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Foto: Ladiestory.id

Tahukah kamu, Ladies, apa saja yang bisa membuat skin barrier rusak? 

Ini dia beberapa penyebab skin barrier rusak:

  • Paparan sinar matahari yang terlalu lama tanpa menggunakan pelindung kulit.
  • Semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin lemah juga perlindungan skin barrier pada kulit.
  • Banyak pikiran dan kurang tidur juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada skin barrier kamu.
  • Memakai produk skin care yang dengan bahan dasar keras dan mengakibatkan iritasi yang makin kelamaan mengelupas dan kering.
  • Tidak menggunakan pelembab. Masih banyak sebagian wanita yang menyepelekan pemakaian pelembab, terutama mereka yang punya kulit berminyak. Padahal jenis apapun kulit kamu, pelembab itu wajib buat menjaga kesehatan kulit kamu.
  • Terkena zat polutan yang membahayakan yang berasal dari lingkungan sekitar.
  • Over exfoliating yang salah. Dengan alasan untuk mengangkat sel kulit yang mati, tapi justru malah mengelupas lapisan pelindung terluar, hingga akhirnya mengalami kerusakan.
  • Itulah ladies penyebab dari rusaknya skin barrier pada wajah. Lalu bagaimana mengatasinya? Yuk simak terus ya di bawah ini.

Cara Mengatasi Skin Barrier Yang Rusak

Lakukan perawatan skin barrier yang rusak dengan 5 hal berikut ini ya, Ladies.

1. Menghentikan Aktivitas Exfoliasi

Foto: Ladiestory.id

Bila kamu merasakan ada kerusakan pada skin barrier kamu, tapi tetap melakukan eksfoliasi, maka hentikan sekarang juga! Bila kamu masih terus melakukannya maka yang terjadi pada kulit kamu akan semakin tipis dan skin barrier kamu makin lama jadi rusak parah.

2. Rutin Melakukan Basic Skin care

Foto: Ladiestory.id

Saat skin barrier kamu rusak, jangan lantas berhenti melakukan perawatan wajah. Kamu bisa lakukan perawatan dasar pada kulit kamu seperti face wash, sunscreen, dan moisturiser.

Basic skin care ini tidak akan berpengaruh negatif pada kulit kamu. Tapi justru akan membantu kulit memperbaiki dengan meregenerasi dan melindungi dari faktor luar yang dapat merusak kulit.

3. Menghidrasi Kulit

Foto: Ladiestory.id

Masalah pada kulit wajah seperti rusaknya skin barrier, jerawat, breakout ataupun komedo, biasanya semua berawal dari kurangnya cairan dalam tubuh sehingga muncul dehidrasi.

Untuk mengatasinya kamu bisa lakukan hidrasi maksimal untuk kulit kamu. Seperti memakai produk dengan formula hydrating misalnya toner, serum dan moisturiser. Penting juga buat kamu menghindari produk yang mengandung alkohol yang dapat membuat kulit dehidrasi dan kering.

4. Minimalkan Pemakaian Skincare

Foto: Ladiestory.id

Rusaknya skin barrier itu artinya ia tak bisa bekerja dengan baik. Penggunaan skin care yang berat dan banyak justru akan semakin memperburuk kondisi wajah kamu. Karena itu kurangi pemakaian skin care seminimal mungkin.

Hindari juga untuk memakai produk dengan bahan dasar keras, seperti, zat kimia, pewangi dan pewarna.  Berikan waktu buat kulit wajahmu untuk memperbaiki dari kerusakan skin barrier, agar kulit kamu pulih, sehat dan cantik kembali ya, Ladies.

5. Beri Skincare dengan Kandungan yang Menenangkan

Foto: Ladiestory.id

Selain menghindari produk skin care dengan bahan dasar keras kamu juga harus gunakan skin care yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan kulit. Seperti centella asiatica, aloe vera, green tea, tea tree oil, snail mucin, calendula, hyaluronic acid, mugwort dan lain-lain. 

Nah, itulah ladies 5 cara mengatasi kulit yang mengalami kerusakan skin barrier. Lakukan perawatan yang benar dan hindari hal-hal yang bisa merusak skin barrier, agar kulit wajah kamu tetap sehat dan cantik ya, Ladies.