Penyebab Farel Prayoga Tak Nyanyikan "Joko Tingkir", Lagu Sempat Di-request Jokowi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Penyebab Farel Prayoga Tak Nyanyikan "Joko Tingkir", Lagu Sempat Di-Request Jokowi

Farel Prayoga(Special)

Ladiestory.id - Nama penyanyi cilik Farel Prayoga menjadi sorotan publik, usai dirinya berhasil menggemparkan Istana Negara dengan lagu "Ojo Dibandingke". Pasalnya sejumlah pejabat pemerintah, Menteri, hingga tamu undangan upacara pun ikut berjoget seusai merayakan HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022).

Tak hanya itu, namun Presiden Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pun tak malu ikut berjoget. Keseruan ini pun membuat semua orang yang ada di Istana Negara terhipnotis.

Farel Prayoga pun berhasil berinteraksi dengan sejumlah orang ternama di Indonesia. Pasalnya beberapa pejabat diketahui maju ke panggung kecil tempat Farel perform.

Bahkan seusai lagu yang dipopulerkan Denny Caknan itu usai, semua orang meneriaki untuk Farel menyanyikan satu lagu lagi. Mereka ketagihan dengan suara cengkok penyanyi cilik asal Banyuwangi itu.

Kemudian, host kondang Indra Bekti yang turut hadir pun mengambil mic Farel. Ia pun mengatakan bahwa bocah itu ingin menyanyikan satu lagu lagi.

"Ini anaknya minta sekali lagi, boleh?" kata artis Indra Bekti yang berada disamping Farel.

Jokowi Saat Perayaan HUT RI ke-77(Special)

Kemudian Jokowi pun mengacungkan jempol sebagai tanda ia menyetujui Farel menyanyikan satu lagu lagi. Bahkan saat itu Jokowi pun sempat request sebuah lagu bertajuk Joko Tingkir

"Joko Tingkir," kata Jokowi lalu tertawa.

Mendengar hal itu, Farel pun bahagia. Bahkan ia kembali menegaskan untuk izin menyanyikan lagi lagu dangdut.

"'Joko Tingkir. Izin sekali lagi nggih," ujar Farel setelah mendengar permintaan Jokowi.

Kemudian sejumlah orang di sekeliling Farel pun nampak berbisik-bisik. Mereka pun menyarankan Farel agar tidak menyanyikan lagu Joko Tingkir. Meski pun lagu tersebut di request oleh orang nomer satu di Indonesia.

"Nuwun sewu, lagunya yang tadi aja boleh, sekali lagi?" suara lainnya dari pengeras suara.

Akhirnya Farel pun tidak membawakan lagu tersebut. Ia kembali menyanyikan lagu sebelumnya yakni "Ojo Dibandingke".

Farel memilih tak menyanyikan "Joko Tingkir" lantaran lagu dangdut itu sedang menuai pro kontra. Memang lagu tersebut viral di aplikasi TikTok. Bahkan lagu dangdut tersebut memiliki nada yang enak didengar dan cocok untuk berjoget.

Namun beberapa pihak menganggap lirik lagu tersebut dinilai tidak pantas. Diketahui dalam lagu tersebut tersemat lirik "Joko Tingkir".

Diketahui Joko Tingkir merupakan tokoh yang besar dan tidak sembarangan. Pasalnya ia merupakan tokoh keagamaan yang besar.

Selain itu diketahui Joko Tingkir merupakan guru ulama di Nusantara. Bahkan ia pernah menjadi murid Raden Said atau Sunan Kalijaga.

Bahkan salah satu ulama yakni Nadlatur Ulama (NU) KH. Ahmad Muwafiq geram dengan lagu tersebut. Pasalnya ia menilai lagu itu merupakan penghinaan pada ulama Indonesia.

"Kulo jengkel ono Joko Tingkir ngombe dawet, iki sopo to sing ngarang, ngawur, (saya jengkel ada Joko Tingkir ngombe dawet, ini siapa yang ngarang, ngawur," ujar ulama itu, dikutip dari channel Youtube Gus Muwafiq.

Tak hanya itu, Joko Tingkir sendiri merupakan raja pertama dan pendiri Kerajaan Pajang. Tercatat ia berkuasa di kedudukannya selama 14 tahun yakni dari 1568 hingga 1582.

Sehingga beberapa pihak menganggap lirik tersebut tidak pantas. Sementara diketahui lagu tersebut memiliki arti tidak usah memikirkan sesuatu yang membuat pusing dan stres.

Lirik lagu tersebut pun berisi pantun dalam bahasa Jawa. Lagu tersebut diciptakan oleh Abah Lala alias Agus Purwanto. Ia merupakan musisi asal Boyolali Jawa Tengah.

Meski lagu "Joko Tingkir" tidak jadi dinyanyikan, namun semua orang yang ada di Istana Negara tetap terhipnotis dengan penampilan Farel. Meski pun dinyanyikan untuk yang kedua kalinya, mereka pun tetap bergoyang menikmati lagu dangdut tersebut.