7 Penyebab Wajah Breakout Agar Tahu Cara Mengatasinya!

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Penyebab Wajah Breakout Agar Tahu Cara Mengatasinya!

Foto: tentangtahun

Ladiestory.id - Wajah yang mengalami breakout biasanya ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan banyak muncul jerawat. Lalu apa itu breakout?

Mungkin tidak sedikit orang yang mengganggap bahwa breakout dan purging adalah dua kondisi yang sama. Hal ini karena purging juga disebabkan oleh efek penggunaan produk perawatan kulit.

Namun breakout adalah kondisi kulit saat mengalami iritasi dan timbulnya jerawat. Hadirnya biasanya disebabkan karena banyak hal, cara mengatasinya pun harus berdasarkan penyebab asalnya.

7 Penyebab Wajah Breakout!

Nah, meskipun kamu sudah menggunakan rangkaian skincare yang tepat , tapi tetap breakout? Kemungkinan karna kamu memiliki beberapa pola hidup yang salah. Oleh sebab itu yuk ketahui 7 penyebab breakout di bawah ini

1. Pakai Masker Kain

Pandemi Covid-19 memaksa setiap dari kita untuk menjaga diri dari penularan virus mematikan ini. Salah satu bentuk pencegahan yang bisa dilakukan, yaitu selalu memakai masker.

Namun, ada masalah kulit yang bisa terjadi karena pemakaian masker kain, sehingga menyebabkan breakout. Sering kali kondisi ini disebut maskne.

Kamu dapat mengetahui diri mengalami maskne ketika mengalami breakout pada bagian dagu, garis rahang, dan pipi seusai beberapa waktu memakai masker. Lantas, mengapa breakout bisa disebabkan masker kain?

Sederhananya begini, ketika memakai masker maka semua keringat, minyak, dan bakteri akan terperangkap di bawah penutup wajah. Nah, ketika mengenakan masker dalam waktu yang lama, maka kondisi ini akan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab jerawat.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula, Kalori, Berminyak

Penyebab breakout selanjutnya adalah konsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Berbagai makanan seperi keripik kentang, permen dan cokelat, aneka kue, dan sebagainya perlu dihindari agar wajah senatiasa sehat.

Mengonsumsi makanan manis, tinggi kalori, dan berminyak bisa meningkatkan insulin di dalam tubuh dan produksi minyak di wajah. Minyak ini nantinya akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

3. Kurang Asupan Vitamin D

Salah satu rahasia kulit yang sehat adalah terpenuhinya asupan vitamin D. Maka penyebab breakout meski tidak sering pakai makeup, kekurangan vitamin D bisa jadi biang keroknya.

Selain lewat paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat lewat makanan seperti ikan salmon, sarden, minyak ikan kod, tuna kalengan, kuning telur, jamur, atau produk lainnya yang telah diperkaya vitamin D seperti sereal, susu kedelai, oatmeal, dan lain-lain.

4. Begadang

Siapa diantara kalian yang suka begadang. Baik untuk mengerjakan deadline tugas menumpuk atau sebatas nonton drama Korea. Nah menurut laman On Health, kurang istirahat bisa memicu munculnya jerawat.

Kurang tidur, stres dan berkeringat dianggap sebagai tiga pemicu utama jerawat. Menurut Joshua Zeichner, ahli dermatologi asal New York, gangguan siklus tidur bisa meningkatkan kortisol dan menyebabkan peradangan pada kulit. Kelebihan produksi kortisol membuat kelenjar sebaceous menghasilkan minyak lebih banyak.

5. Stres yang Tidak Tertangani

Penyebab breakout bisa dari dalam diri sendiri. Kamu tentu sudah sering mendengar bukan, bahwa stres memang memicu jerawat. Sialnya lagi, jerawat justru terkadang menambah stresmu. Bener tidak?

Ketika kamu sedang stres, kulit menghasilkan hormon stres, termasuk kortisol, yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi testosteron. Akibatnya, kulit semakin banyak menghasilkan minyak sehingga pori tersumbat.

Untuk mengatasi penyebab satu ini, cobalah berolah raga secara teratur, bermeditasi, hingga meluangkan waktu untuk me-time di tengah-tengah kesibukan bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Jarang Mengganti Sarung Bantal

Setiap malam hari, kita akan tidur di ranjang yang sama. Jadi, jangan pernah sepelekan kebersihan seprai yang digunakan.

Salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab breakout adalah jarang mencuci sarung bantal dan seprai. Mengapa demikian?

Pada siang hari, setiap kotoran, minyak, makeup, dan kotoran menumpuk di kulit. Ketika tidak mencuci muka sebelum tidur dan langsung rebahan di ranjang, maka secara tidak langsung akan menyebarkan bakteri ke sarung bantal. Bayangkan apabila melakukan kebiasaan ini setiap hari dan jarang mencuci sarung bantal.

Tidak berhenti sampai di situ, lingkungan yang berminyak dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang akhirnya menjadi salah satu dari banyak penyebab jerawat.

7. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor juga dapat menjadi penyebab breakout. Breakout akan mudah terjadi jika kamu sering memegang wajah padahal jarang cuci tangan dan sering memegang benda-benda yang kotor.

Hal tersebut bisa membuat kotoran dan bakteri berpindah ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori, lalu memunculkan jerawat, terutama jika tipe kulit kamu berminyak. Kebiasaan memencet jerawat juga dapat menjadi penyebab wajah breakout yang sering terjadi.

Inilah 7 penyebab breakout yang perlu di ketahui agar tidak tumbuh jerawat di kemudian hari. Pada dasarnya kunci utamanya adalah menjaga kebersihan ya!