Asal Sumatera Barat, Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Asal Sumatera Barat, Ini Perbedaan Nasi Kapau Dan Nasi Padang

Ilustrasi nasi kapau. (Special)

Ladiestory.id - Selain kaya akan budaya, Indonesia juga memiliki kekayaan akan makanan dengan citra rasa khas. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang akan berbeda dengan daerah lainnya.

Bahkan makanan dari suatu daerah bisa dijual di daerah lain. Hal ini biasanya karena makanan tersebut banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah nasi padang, yang mudah di jumpai di daerah lain.

Selain nasi padang, nasi kapau juga memiliki banyak penggemar. Serupa tapi tak sama, makanan asal Sumatera Barat ini ternyata punya beberapa perbedaan. 

1. Asal

Ilustrasi nasi kapau. (Special)

Perbedaan nasi kapau dan nasi padang terletak pada asal kedua makanan ini. Meskipun sama-sama berasal dari Sumatera Barat, namun nasi padang berasal dari Padang, sedangkan nasi kapau berasal dari sebuah nagari bernama Kapau.

Nagari atau Desa Kapau terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Daerah ini dikenal sebagai tempat di mana Kamu bisa bereksplorasi kuliner Minang sepuasnya. Nasi kapau biasa juga disebut dengan Los Lambuang. Sebab jika Kamu berkunjung ke Bukittinggi, Kamu bisa membeli nasi kapau ini di Pasar Lereng.

Sedangkan, nasi padang merupakan istilah yang memiliki pemaknaan luas dan bias. Sebab makanan ini merujuk pada semua masakan yang berasal dari Sumatera Barat. Jenis olahan masakan itu tidak harus berasal dari kota Padang.

2. Penataan

Ilustrasi nasi padang. (Special)

Cara penataan nasi kapau dan nasi padang pun tampak berbeda. Nasi padang biasanya ditata dalam etalase kaca. Menunya biasa tersusun secara rapi dan bertingkat. 

Sedangkan, penataan meja lauk nasi kapau biasanya berhadapan dengan meja dan kursi pengunjung. Bahkan, tak jarang pula tempat makan nasi kapau yang berhadapan langsung dengan penjual. Biasanya, lauk nasi kapau disediakan dalam wadah-wadah besar di atas sebuah meja yang lebih rendah daripada posisi duduk penjualnya.

3. Posisi Penjual

Ilustrasi nasi kapau. (Special)

Posisi penjual nasi kapau dan nasi padang juga berbeda. Penjual nasi kapau biasanya berada di belakang belakang meja lauk, bersebrangan dengan pembeli. Lalu, penjual akan mengambil menu pilihan pembeli dengan menggunakan sendok panjang.

Sendok panjang ini berfungsi agar penjual dapat mengambil menu di tingkat yang paling rendah. Selain itu, nasi kapau juga identik dengan makan secara praktis dan cepat.

Sedangkan nasi padang, penjual akan membebaskan pembeli untuk melihat, memilih, dan mengambil menu sendiri apa yang diinginkan. Namun, penjual yang akan melayani jika memesan untuk dibungkus.

4. Jenis Sayur

Ilustrasi jenis sayur. (Special)

Jenis sayur dari nasi kapau dan nasi padang juga berbeda. Jika nasi kapau akan identik dengan sayur gulai nangka. Sedangkan nasi padang lebih identik pada kehaidran rebung di dalam gulai nangka.

Selain itu potongan gulai sayuran di nasi kapau biasanya lebih besar. Misalnya saja pada kol, tidak dipotong-potong, melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.

5. Sambal

Ilustrasi sambal. (Special)

Memang keduanya sama-sama memiliki sambal sebagai pelengkap hidangan. Namun sambal nasi kapau dan nasi padang berbeda. Jika nasi kapau identik dengan sambal hijau, nasi kapau menggunakan sambal merah.

Mana makanan kesukaanmu?