Perempuan Tanggung 'Beban' Berat Di Setiap Perayaan, Ini Kata Penelitian

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:55:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Perempuan Tanggung 'Beban' Berat Di Setiap Perayaan, Ini Kata Penelitian

Ilustrasi persiapan natal. (Pexels.com/nicolemichalou)

Ladiestory.id - Perayaan natal pastinya menjadi salah satu acara kumpul keluarga maupun sahabat yang paling ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, momen ini menjadi kesempatan para kerabat jauh atau sahabat lama kembali berkumpul di malam yang hangat. 

Acara besar maupun kecil di rumah suatu keluarga ini pastinya memiliki sosok yang sangat berpengaruh dalam terlaksananya perayaan natal. Ya, perempuan!

Perempuan di dalam suatu keluarga pastinya memikul beban yang cukup berat dalam jalannya acara yang dinantikan seluruh kerabat maupun sahabat.

Menurut penelitian OnePoll, sebanyak 80% wanita melaporkan bahwa mereka menanggung sebagian besar ‘beban mental’ yang berkaitan dengan persiapan natal. Kontras perbedaan beban tanggung jawab lebih nyata terasa saat 68% perempuan lebih banyak berkontribusi dibanding laki-laki yang hanya 32%.

Ilustrasi persiapan natal. (Pexels.com/nicolemichalou)

 

 

Persiapan yang biasa dilakukan perempuan menjelang perayaan natal seperti: 

  • Membeli dan membungkus kado 
  • Mengatur anggaran 
  • Memasak makanan
  • Bersih-bersih rumah
  • Mendekorasi pohon natal
  • Mendekorasi rumah
  • Menghubungi kerabat
  • Memilih pakaian natal 
  • Menulis kartu ucapan

Biasanya persiapan ini dilakukan oleh ibu, kakak perempuan hingga adik perempuan yang saling membantu mempersiapkan acara mereka. Sebaliknya, beberapa tugas yang lebih sering dilakukan laki-laki adalah memastikan bensin mobil full atau menggantung lampu natal di luar ruangan. 

Survei juga menyoroti adanya ketegangan hubungan di setiap menjelang perayaan natal yang disebabkan perselisihan dan perbedaan pendapat.

Ilustrasi persiapan natal. (Pexels.com/jonathanborba)

“Natal adalah pengalaman kolektif dan momen berbagi beban mental untuk memastikan semua orang merasa dihargai dan menghargai,” kata juru bicara OnePoll.

Hasil dari penelitian, 57% responden mengakui bahwa perempuan lebih mahir mengatur keuangan, mendekorasi hingga memasak makanan lezat, sedangkan 24% laki-laki mengaku akan bersantai selama persiapan hari natal.

“Ini bukan tentang peran gender, ini tentang mengenali sifat unik yang dimiliki setiap orang dan berkolaborasi untuk sama-sama menciptakan musim libur yang menyenangkan untuk semua orang,” lanjutnya.

Ilustrasi persiapan natal. (Pexels.com/jonathanborba)

 

Menindak terjadinya perselisihan dan menghilangkan rasa beban hati pasangan kamu, OnePoll menganjurkan agar laki-laki dan perempuan bekerja sama dan berkontribusi secara setara dalam persiapan di setiap perayaan. 

Sehingga tidak hanya mengurangi beban kerja, tetapi juga memperkuat hubungan keluarga yang menjadikan liburan lebih menyenangkan.