Lika-liku Perjalanan Carl & Claire Hadirkan Parfum Lokal Berkualitas

Selasa, 6 September 2022 | 20:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Lika-Liku Perjalanan Carl & Claire Hadirkan Parfum Lokal Berkualitas

Parfum Carl & Claire. (Spesial)

Ladiestory.id - Tren wewangian yang terus berkembang saat ini diikuti dengan kemajuan industri parfum lokal yang siap bersaing dalam menyuguhkan produk berkualitas. Mengawali bisnis dengan misi untuk membangun kepercayaan diri melalui parfum, Nouva Puspita, Founder sekaligus CEO dari Carl & Claire, sukses hadir membawa serangkaian aroma parfum menarik untuk menciptakan rasa percaya diri bagi para penikmatnya.

Hadirnya Carl & Claire didasari oleh tren serta kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi namun dengan harga bersahabat, di mana saat itu jarang ditemui. Pada awalnya, terdapat keraguan, khususnya melihat situasi di mana tidak banyak pelaku usaha yang bergerak dalam bidang ini. Apalagi, peta persaingan industri didominasi para pemain bisnis lama dan sudah memiliki nama besar.

Carl & Claire di Shopee 9.9. (Spesial)

Rasa ingin tahu Nouva yang cukup besar membawanya berani mengulik lebih dalam mengenai potensi dan peluang berbisnis pada industri ini. Selain itu, tekad dan komitmennya untuk membawa sisi baru memajukan industri parfum lokal, perjalanan bisnis diawali pada 2019 dengan mencoba peruntungan ke orang terdekat hingga mengambil langkah berani berpartisipasi pada offline bazar.  

“Perjalanan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya saat tahun pertama kelahiran Carl & Claire, di mana sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan," ujar Nouva Puspita.

"Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan," sambungnya.

Carl & Claire di Shopee 9.9. (Spesial)

Belajar dari kegagalan tersebut, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat. Hal ini sesuai dengan misi awal Carl & Claire untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas dengan harga terjangkau.

Terus berusaha untuk mengepakkan sayapnya, Nouva mengembangkan potensi melalui ranah digital dengan memiliki website penjualan. Kemudian, pada 2021, Carl & Claire memutuskan bergabung menjadi ShopeeMall.

Menurut Nouva, langkah tersebut semakin memperkuat presence dalam ranah digital. Pasalnya, dengan ShopeeMall, Nouva yakin dapat semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand.

Carl & Claire di Shopee 9.9. (Spesial)

Adanya ragam program seperti flash sale dan kampanye angka kembar seperti 9.9 dan 12.12 dirasa Nouva sangat membantu dalam meningkatkan penjualan serta brand awareness di Shopee. Terbukt,i salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume, kerap terjual habis setiap mengikuti kampanye. 

“Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi, di mana kami pelaku usaha dihadapkan oleh pembatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat. Salah satunya kemeriahan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day menjadi momentum bagi pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan,” sambungnya.