Perjuangkan Hak Asuh Anak, Inara Rusli Hadirkan Psikolog ke Persidangan

Kamis, 12 Oktober 2023 | 17:38:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Perjuangkan Hak Asuh Anak, Inara Rusli Hadirkan Psikolog Ke Persidangan

Inara Rusli. (Instagram/mommy_starla)

Ladiestory.id - Persidangan perceraian antara Inara Rusli dan Virgoun ‘The Last Child’ kembali digelar pada Rabu (11/10/2023) di Pengadilan Agama (PA Agama) Jakarta Barat, dengan agenda mendengar keterangan dari saksi ahli pihak Inara rusli.

Inara Rusli menghadirkan beberapa saksi ahli diantaranya psikolog anak demi memperjuangkan hak asuh ketiga buah hatinya dari Virgoun.

Inara Rusli menghadirkan psikolog anak dan pendidikan keluarga yang bernama Adib Setiawan. Tujuan ibu tiga anak ini adalah ingin membuktikan bahwa hak asuh anak bisa jatuh ke tangannya berdasarkan pandangan psikologi.

"Kami menghadirkan ahli psikologi anak dan pendidikan keluarga. Pak Adib adalah praktisi dan akademisi untuk menguatkan dalil kami bahwa (hak asuh) anak ini lebih baik (jatuh) ke Inara," kata Arjana Bagaskara selaku kuasa hukum Inara Rusli, yang dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (12/10/2023).

Lebih lanjut, Arjana mengatakan jika Inara Rusli cenderung memiliki kedekatan lebih dengan anak-anaknya ketimbanh Virgoun.

"Selama pernikahan 9 tahun ini kan anak fulltime diasuh sama ibunya. Kenapa kita panggil ahli? Kita ingin bertanya, secara psikologi dari anak-anak ini ketika tiba-tiba dipisah dari ibunya, ya itu aja simpel," ujar Arjana.

Keluarga Virgoun dan Inara Rusli. (Special)

Saksi ahli itu kemudian menjelaskan bahwa anak berusia di bawah 12 tahun harus diasuh oleh sang ibu. Alasannya karena sebagian besar anak lebih dekat dengan ibunya.

"Jika terjadi perceraian harusnya ke ibunya karena lebih lekat dan dekat dengan ibunya," ujar Adib Setiawan.

"Biasanya, ini secara umum saja, memang anak lebih dekat ke ibunya," katanya menyambung.

Kendati begitu sang psikolog mengembalikan keputusan hak asuh itu kepada majelis hakim. Menurutnya persidangan pasti punya pertimbangan lebih mendetail terkait kasus perceraian ini.

Seperti diketahui, Virgoun mentalak cerai Inara Rusli pada 4 Mei 2023 imbas tudingan perselingkuhan yang dibongkar oleh Inara. Sidang cerai perdana keduanya digelar pada 17 Mei 2023.

Namun saat sidang perdana, Virgoun memutuskan mencabut gugatan. Ia berdalih ingin mengajukan berkas baru dengan mencantumkan tuntutan terkait hak asuh anak.

Belum sempat mengajukan permohonan talak baru, Inara Rusli ternyata mengambil langkah cepat dengan balik menggugat cerai Virgoun pada 22 Mei 2023. Ada 11 tuntutan dalam berkas gugatan, dengan di antaranya termasuk soal hak asuh anak, besaran nafkah anak, hingga nafkah mut'ah.