5 Perpustakaan di Jakarta yang Estetik dan Wajib Dikunjungi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Perpustakaan Di Jakarta Yang Estetik Dan Wajib Dikunjungi

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Ladiestory.id - Perpustakaan selalu identik dengan tempat yang membosankan dan kurang menarik untuk dikunjungi. Desain ruangan yang monoton dan penataan ruangan yang begitu-begitu saja membuat pengunjung merasa kurang tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.

Namun, siapa sangka, kini di Jakarta telah banyak bermunculan perpustakaan estetik. Perpustakaan tersebut menghadirkan desain ruangan yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, tak jarang juga perpustakaan ini menyediakan co-working space yang bisa kamu manfaatkan untuk bekerja maupun mengerjakan tugas. Ladiestory.id telah merangkum lima rekomendasi perpustakaan di Jakarta yang estetik dan menarik untuk dikunjungi.

Perpustakaan Freedom Institute

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Rekomendasi pertama perpustakaan di Jakarta yang estetik dan wajib dikunjungi adalah Perpustakaan Freedom Institute. Lokasinya berada di Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Kamu bisa mengunjungi perpustakaan ini pada Senin-Jumat pada pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Salah satu daya tarik dari perpustakaan ini adalah desain interiornya yang sangat nyaman untuk kamu gunakan sebagai tempat membaca buku. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sekitar 14 ribu koleksi buku di perpustakaan ini. Namun sayangnya, buku tersebut hanya bisa kamu baca di tempat dan belum bisa kamu pinjam untuk dibawa pulang.

Perpustakaan Jakarta Cikini, Taman Ismail Marzuki

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Perpustakaan Jakarta Cikini, Taman Ismail Marzuki menjadi salah satu perpustakaan yang viral beberapa waktu lalu. Meskipun baru dibuka untuk umum pada 8 Juli 2022, namun perpustakaan ini telah berhasil menarik minat masyarakat.

Perpustakaan Jakarta Cikini, Taman Ismail Marzuki berlokasi di Jl. Cikini Raya No.73, Cikini, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini menerapkan sistem reservasi online bagi pengunjung yang datang. Tujuannya adalah agar jumlah pengunjung yang datang tidak melebihi dari kapasitas, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Daya tarik dari perpustakaan satu ini adalah adanya spot foto yang Instagramable. Kalau kamu termasuk salah satu yang suka berburu foto, jangan lupa datang ke perpustakaan ini ya. 

Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Kalau kamu termasuk salah satu yang menyukai buku tentang sejarah maupun literatur, Perpustakaan Erasmus Huis wajib kamu kunjungi. Lokasinya berada di kedutaan Belanda, yaitu di Jl. H. R. Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Kamu bisa berkunjung ke perpustakaan ini pada Selasa - Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 16.00.

Selain menyediakan lebih dari 14 ribu koleksi buku, perpustakaan ini juga memiliki desain yang estetik. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi Perpustakaan Erasmus Huis. Jika kamu ingin belajar banyak tentang kebudayaan Belanda, perpustakaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena perpustakaan ini juga menjadi tempat untuk kolaborasi budaya Indonesia dan Belanda.

Perpustakaan Goethe Institute

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Perpustakaan Goethe Institute berlokasi di Pusat Kebudayaan Jerman, Jl. Sam Ratulangi No. 9, Gondangdia, Jakarta Pusat. Di perpustakaan ini, kamu bisa menemukan lebih dari 40 ribu koleksi buku. Tempat ini juga merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mengajak buah hati, karena tersedia koleksi buku untuk anak dan disediakan juga tempat bermain anak.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi perpustakaan ini, kamu bisa datang pada Senin-Jumat pukul 11.00 - 21.00, Sabtu pukul 11.00-19.00 WIB, dan Minggu pukul 11.00 - 15.00 WIB.

Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan di Jakarta. (Special)

Rekomendasi perpustakaan estetik di Jakarta yang terakhir adalah Perpustakaan Nasional RI yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat. Perpustakaan satu ini juga telah mendapatkan sertifikat dari UNESCO dan menjadi perpustakaan yang memiliki gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Di perpustakaan ini, kamu bisa melihat Monas secara langsung di rooftop perpustakaan. Selain itu, terdapat fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati secara gratis, seperti WiFi, komputer, working space yang nyaman dan estetik. Tertarik mengunjunginya?