Pluang Dukung Masyarakat Beli Properti Impian dengan Ulet Berinvestasi

Senin, 22 Mei 2023 | 17:39:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Pluang Dukung Masyarakat Beli Properti Impian Dengan Ulet Berinvestasi

Pluang Dukung Masyarakat Beli Properti Impian dengan Ulet Berinvestasi. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai bentuk peringatan Hari Buruh pada tanggal 1 Mei 2023 lalu, Pluang, aplikasi investasi multi-aset terdepan di Indonesia, berkolaborasi dengan platform manajemen penjualan properti Rumah123.com menggelar siaran langsung Instagram bertajuk “Rumah 123 x Pluang - Special May Day: Siapapun Bisa Beli Rumah”.

Pluang dan rumah123.com membahas lebih jauh tentang kendala dan tantangan generasi muda dalam membeli properti serta bagaimana strategi yang tepat untuk mengatasinya. Pluang sendiri berkeyakinan bahwa dengan memiliki strategi investasi yang kuat, siapapun akan mampu untuk mencapai tujuan finansial mereka, salah satunya adalah kepemilikan rumah.

Kepemilikan properti, terutama rumah, menjadi salah satu impian masyarakat yang kerap kali dianggap paling sulit. Kendati rumah termasuk dalam kebutuhan papan yang merupakan satu dari tiga kebutuhan primer manusia bersama sandang dan pangan, nyatanya perjalanan membeli rumah tidak selalu semudah membalikkan telapak tangan.

Selain itu, kondisi pandemi Covid-19 juga berdampak kepada penurunan daya beli masyarakat. Berdasarkan laporan Bank
Indonesia (BI), penjualan properti residensial primer menurun 15,19 persen secara tahunan atau year on year (YoY) pada kuartal III-2021.

“Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memiliki properti, salah satunya kondisi finansial. Tiap individu harus bisa mengukur kemampuan keuangan masing-masing ketika berencana membeli properti. Selain itu, masyarakat juga disarankan memiliki pandangan yang realistis dalam memutuskan pilihan properti dengan menyesuaikan kondisi ekonomi dan finansial yang dimiliki. Diperlukan strategi yang tepat agar mampu membeli properti yang
diinginkan, salah satunya adalah dengan giat menabung dan berinvestasi," ujar Kartika Dewi, Head of Corporate of Communications Pluang menyatakan.

Meskipun terlihat penurunan pada penjualan properti pada tahun 2021, terdapat peningkatan signifikan pada minat masyarakat untuk membeli properti. Berdasarkan data dari Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023, konsumen tampak melirik properti dengan harga di atas Rp1 miliar.

Peningkatan daya beli juga terlihat dari indeks harga properti nasional yang naik 1,7 persen secara kuartalan hingga berada di angka 122,4.

“Peningkatan daya beli masyarakat terhadap properti ini menimbulkan harapan pada masyarakat untuk dapat memiliki properti yang mereka inginkan. Saya sendiri memandang optimis fakta tersebut dan mendukung masyarakat untuk kembali menata ulang perencanaan investasi mereka dengan menyesuaikan pada kondisi terkini. Dengan berbagai aset investasi
yang ada di Pluang, masyarakat bisa mulai membagi-bagi dana dingin yang mereka miliki sekarang ke berbagai portofolio aset sesuai profil risiko mereka agar dapat mengakselerasi perjalanan mereka menuju kepemilikan properti,” ujar Tika.

Tika juga menyatakan bahwa strategi investasi yang tepat akan lebih mudah untuk membuka peluang masyarakat akan impian mereka, terlepas dari profesi, asal-usul, ataupun kemampuan berinvestasi. Selain itu, diperlukan platform investasi yang transparan dan berizin agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Pluang sendiri merupakan platform investasi yang legal dan berizin, serta diawasi oleh regulator. Tak sampai disitu, Pluang juga memanjakan penggunanya dengan banyak fitur canggih yang didesain khusus untuk membantu memaksimalkan keuntungan investor.

“Pluang memiliki visi untuk dapat membantu investor untuk memulai perjalanan investasi mereka dengan aset investasi yang terjangkau dan berbiaya rendah. Kami percaya bahwa investasi dapat membantu individu untuk melangkah lebih dekat pada kemerdekaan finansial mereka. Jadi untuk teman-teman yang berencana untuk membeli rumah, jangan khawatir, terus
belajar untuk membangun portofolio investasi impianmu dan jangan lupa menabung!” tutup Tika.

Pluang memfasilitasi pengalaman investasi yang ramah pemula lewat fitur seperti Pluang Akademi dan Pocket yang bertujuan untuk mempermudah pengambilan keputusan investasi. Tidak hanya itu, para traders juga dapat memaksimalkan potensi asetnya dengan fitur-fitur unggulan seperti Leverage, Market Order, dan Technical Indicator yang dapat digunakan di
aset Saham AS.