Polka Cosmetics Dukung Desainer Indonesia di New York Fashion Week 2023

Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:45:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Polka Cosmetics Dukung Desainer Indonesia Di New York Fashion Week 2023

Produk Polka Cosmetics. (instagram.com/polkacosmetics)

Ladiestory.id - Salah satu brand kecantikan lokal, Polka Cosmetics, ikut berkontribusi mendukung para desainer Indonesia yang akan tampil di New York Fashion Week 2023.

Polka mendukung event fashion tersebut dari segi tata rias model, yang nantinya akan memperagakan hasil rancangan para desainer tanah air. Ini merupakan suatu bentuk kerja sama antara Polka dengan para desainer untuk membangun suatu ekosistem industri kreatif Indonesia, yang diwakili oleh karya anak bangsa agar dapat bersama-sama bersaing di kancah internasional. 

Produk Polka Cosmetics. (instagram.com/polkacosmetics)

Tiara Adikusumah selaku Founder dari Polka Cosmetics mengungkapkan bahwa fashion dan kecantikan (beauty) merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Ia mengatakan makeup berperan untuk mendukung karya-karya yang nantinya akan tampil di New York Fashion Week.

Founder Polka Cosmetics. (instagram.com/tiaradikusumah)

“Disini kecantikan, makeup adalah sebagai supporting karya-karya dari desainer atau karya-karya yang nantinya akan ada di New York Fashion Week. Jadi memang perannya kecantikan disini ada di backstage,” jelasnya dalam sebuah press conference di Rumah Kaca Melati, Jakarta pada Kamis (25/8/2022).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Ayu Heni Rosan, juga memberikan dukungan penuh atas kebutuhan para desainer selama kegiatan berlangsung hingga mendukung desainer untuk melakukan ekspansi pasar di Amerika Serikat.

Sambutan Dubes RI untuk Amerika Serikat, Ayu Heni Rosan.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

Ayu Heni Rosan mengatakan bahwa, peluang desainer tanah air yang masuk ke pasar Amerika Serikat sangat terbuka lebar. Mengingat ekspor Indonesia ke Amerika Serikat terus meningkat terutama untuk produk garmen atau tekstil.

Pada 2021, nilai ekspor tekstil Indonesia di Amerika mencapai sekitar Rp4 Miliar dan mengalami peningkatan sebesar 17 persen dari 2020. Amerika Serikat pun saat ini merupakan mitra dagang terbesar kedua setelah Cina. Ia meyakini bahwa dengan strategi pemasaran yang tepat karya dan produk Indonesia dapat menembus pasar Amerika Serikat, tidak lupa untuk terus memperhatikan kualitas material produk serta mempertahankan ciri khas masing-masing. 

Polka juga turut memfasilitasi rangkaian acara ini mulai dari persiapan photoshoot dan video shoot dengan menggandeng beberapa makeup artist yang akan diterbangkan langsung ke New York. 

“Kita support dengan tim makeup artist polka yang akan berangkat ke New York. Dengan memberangkatkan total 6 tim yang akan memimpin tim backstage dari tim New York Fashion Week itu sendiri dengan konsep-konsep dari para desainer. Kita memfasilitasi, meng-exercise konsep-konsep yang ditawarkan dari makeup artist yang kami undang untuk berpartisipasi di sana,” ungkapnya. 

Tiara Adikusumah memberikan sedikit gambaran konsep yang akan digunakan untuk event fashion tersebut. Ia mengatakan jika konsep yang diusung adalah menyesuaikan dengan koleksi hasil masing-masing para desainer. Dikarenakan setiap desainer sudah memiliki visi tersendiri, peran Polka disini adalah mendukung untuk mewujudkan visi-visi mereka yang nanti akan dipamerkan di ajang Internasional. 

Ia mengungkapkan perasaannya dapat berkontribusi langsung dalam ajang Internasional ini sekaligus berharap agar dapat terus berkolaborasi di industri kreatif.

“Sampai di detik ini pun saya gak nyangka ya, Polka yang berdiri di tahun 2015 ikut bisa sampai disini, bisa men-support, bisa meraih mimpi bersama-sama. Tentu kita maunya terbuka untuk berkolaborasi dengan industri kreatif dan desainer-desainer muda lainnya. Semoga kita berharap menjadi berkah untuk semua orang dan tidak berhenti sampai disini saja,” ujar Tiara. 

Produk Polka Cosmetics. (instagram.com/polkacosmetics)

Sementara itu, Polka Cosmetics sudah berdiri sejak 2015 yang berfokus untuk pangsa pasar di usia 18-35 tahun. Mengusung spirit indie brand, Polka menjadi salah satu brand rising star dari Nielsen’s pada 2018.