Profesi Hebat dan Menjanjikan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah

Jumat, 3 April 2020 | 13:46:16

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Profesi Hebat dan Menjanjikan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah

Oleh karena satu dan lain hal, kamu menjadi salah satu orang yang dirumahkan karena pandemik COVID-19. Wajar jika kamu sedih, panik dan stres. Namun, hidup terus berlanjut dan sekarang kamu mulai mencari cara untuk mengaktualisasikan diri dan memenuhi kebutuhan. Kira-kira profesi seperti apa yang bisa kamu coba, yang tidak mengharuskan kamu keluar rumah--paling tidak dalam situasi seperti sekarang ini? Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi profesi idaman. 

Penerjemah 

Meski beberapa perusahaan membutuhkan kandidat dengan latar belakang pendidikan spesifik, tapi dua hal utama yang dicari dari seorang penerjemah adalah fasih dua bahasa. Apa yang bisa kamu terjemahkan? Ada banyak pilihan, atau kamu bisa mencari bidang yang sesuai dengan profesi kamu selama ini, entah itu di bidang medis, sains, pemerintahan, dan lain sebagainya. 

Web Developer

Jika selama ini kamu penasaran tentang cara membangun situs, ingin mempelajarinya tapi belum sempat melakukannya, sekarang adalah saat yang tepat. Ada banyak coding boot camps yang menawarkan kursus singkat tentang cara membuat situs. Dan biasanya seorang web developer tidak dilirik karena pendidikannya, melainkan situs-situs apa yang sudah dibuat, maka kesempatanmu untuk berkembang di profesi ini sangat menjanjikan. Oleh karenanya, ayo belajar dari sekarang! 

Penulis Lepas 

Ada begitu banyak situs baru bermunculan, ini artinya permintaan atas penulis lepas yang bagus semakin tinggi. Dan memang sih, sejumlah situs mapan memiliki penulis internal, tapi semakin banyak perusahaan yang mencari penulis dan pecipta konten lepas. Jika selama ini kamu suka menulis, saatnya mengasah kemampuan tersebut dengan menuangkannya ke dalam blog atau media sosial pribadimu. Hasilkan karya sebanyak mungkin, dan mulailah mengunjungi situs-situs yang mencari penulis lepas. 

Media Sosial Manajer

Di jaman sekarang ini, hampir semua bisnis memiliki media sosial. Pasalnya media ini bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak tanpa harus membayar mahal untuk iklan di radio, televisi atau media cetak. Akan tetapi, tidak semua perusahaan memiliki seseorang yang mengatur akun media sosial mereka. Inilah sebabnya, banyak merek yang mencari media sosial manajer. Jadi, jika aku pribadimu tergolong sukses dan disukai oleh orang-orang di sekitarmu, mungkin itu pertanda kamu memiliki talenta di bidang ini. Lakukan sedikit riset dengan berselancar di Instagram untuk mencari tahu merek-merek mana yang membutuhkan media sosial manajer, dan hubungi mereka secara langsung. Yep, jangan malu, karena bisa saja responmu mereka sangat positif. 

E-entrepeneur 

E-entrepreneur adalah seseorang yang menawarkan jasa atau produk miliknya dengan memanfaatkan Net economy. Salah satu contoh e-entrepeneur adalah mereka yang menggunakan e-market place untuk menjual produk atau jasa mereka. Apakah kamu tertarik melakukannya, tapi tidak tahu produk apa yang memiliki prospek laris manis? Ini sebuah ide: menghasilkan produk yang sustainable dan ramah lingkungan. Pasalnya, berbagai data menunjukkan bahwa produk tipe ini akan menjadi preferensi banyak orang dalam beberapa tahun ke depan. 

Sebut saja, produk perawatan diri atau produk kecantikan yang sustainable (berkelanjutan). Menurut data Nielsen 2019, 73 persen konsumen mengatakan mereka ingin mengurangi dampak lingkungan yang mereka hasilkan, dan 38 persen lebih memilih untuk membeli produk kecantikan yang berkelanjutan.

Dan fakta tambahan ini mungkin bisa membuat kamu semakin tertarik untuk menciptakan produk sustainable: merek mewah seperti Dior akan merilis parfum yang bisa didaur ulang tahun ini. L’Oréal Paris juga berencana untuk membuat semua kemasannya bisa didaur ulang, diisi ulang atau dijadikan kompos per 2025. Sementara itu, Olay mulai menguji coba kemasan isi ulang untuk produk pelembapnya. Menjanjikan banget, ya? Jadi, coba cek sekitarmu, adakah produk sustainable yang bisa kamu hasilkan? Mungkin bisa ajak teman-teman dekat untuk mewujudkan misi mulia ini? Nyalakan Zoom atau aplikasi video call lain sekarang juga, dan ungkapkan ide ini kepada orang-orang yang menurutmu punya keinginan yang sama untuk membuat dunia lebih baik. 

Bagaimana, apakah ada profesi baru yang ingin kamu coba?

Sumber foto utama: Rawpixel.com