5 Puding Unik dari Berbagai Negara, Pernah Coba?

Senin, 24 Januari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Puding Unik Dari Berbagai Negara, Pernah Coba?

Ilustrasi thai mango coconut. (vibrantplate.com)

Ladiestory.id - Konon, makanan manis dapat berdampak pada mood atau suasana hati agar lebih baik. Puding menjadi salah satu makanan manis yang kerap dikonsumsi sebagai makanan penutup.

Puding adalah sejenis makanan penutup bercita rasa manis, yang disajikan dengan tekstur lembut dan kenyal. Cara pengolahan puding biasanya direbus atau dikukus dengan menggunakan bahan seperti maizena, susu atau yoghurt, dan telur.

Selain itu, puding disajikan dengan beberapa tambahan perasa seperti cokelat, karamel, vanila, atau campuran buah-buahan. Sajian pudding dapat diberikan topping untuk mempercantk dan memberikan rasa yang unik. 

Faktanya, setiap negara memiliki puding yang berbeda dan unik. Penasaran apa saja? Ladiestory.id telah merangkum beberapa puding unik dari berbagai negara. 

1. Flummery - Inggris

Ilustrasi flummery. (bestrecipes.com.au)

Flummery merupakan salah satu jenis jelly dari Inggris yang memiliki tekstur mirip seperti puding. Makanan ini tidak hanya diketahui di daratan Britania Raya, namun hingga ke Irlandia.

Makanan ini menjadi salah satu macam puding yang dijadikan pencuci mulut. Flummery terbuat dari susu yang dikombinasikan dengan jelly sehingga dipenuhi dengan berbagai rasa, seperti stawberry, raspberry, dan lemon. Perpaduan cita rasa ini cukup unik.

2. Tavuk göğsü - Turki

Ilustrasi tavuk gogsu. (yemek.com)

Puding selalu identik dengan rasa manis. Namun, beda halnya dengan pudding asal Turki ini. Puding bernama tavuk gogsu ini memiliki keunikan karena komposisi bahan yang digunakan. Jika biasanya puding berisi buah, tapi tavuk gogsu justru terbuat dari dada ayam.

Makanan ini berisi daging ayam yang kemudian dicampur dengan susu, gula, beras yang telah dihancurkan, dan kayu manis. Biasanya, puding ini disajikan berwarna putih. Namun, kini sudah banyak inovasi tavuk gogsu yang dicampur bubuk cokelat untuk menambah cita rasanya.

3. Purin - Jepang

Ilustrasi purin. (Special)

Negeri Matahari Terbit memiliki keunikan tersendiri untuk kreasi puding, yaitu Purin. Para penyuka anime pasti tidak asing dengan puding ini karena sering muncul dan populer di beberapa film anime

Purin adalah makanan penutup custard dengan lapisan karamel pada topping-nya. Keunikan dari purin adalah konsistensi yang sangat lembut sehingga mudah pecah dan melumer saat masuk ke dalam mulut. Bukan hanya itu, purin menjadi salah satu menu favorit bagi para pengunjung domestik maupun mancanegara di Jepang

4. Thai Mango Coconut Pudding - Thailand

Ilustrasi thai mango coconut. (vibrantplate.com)

Thailand merupakan negara yang punya banyak varian makanan menarik. Negeri Gajah Putih selalu memberikan inovasi makanan kreatif yang cocok dengan di lidah banyak orang. Thai mango coconut pudding sebagai salah satu contohnya. Makanan ini terbuat dari kelapa dan mangga untuk makanan penutup.

Soal cita rasa, makanan ini tidak perlu diragukan karena dapat menggugah selera dengan rasa manis dan segar dari mangga serta gurih dari kelapa. Mango coconut pudding menjadi andalan tersendiri bagi penikmat puding, khususnya warga lokal di Thailand.

5. Mahalabia - Mesir

Ilustrasi mahalabia. (spoonsofflavor.com)

Puding unik yang berasal dari Negara Piramida, Mesir dan berada di  wilayah Timur Tengah. Komposisi dari puding bernama mahalabia ini adalah tepung beras, gula, dan susu.

Tekstur puding ini sangat lembut dengan cita rasa yang sungguh menarik. Penyajian puding ini disiram dengan sirup atau air mawar. Di beberapa tempat, mereka menggunakan inovasi lain dengan menambahkan topping pada mahalabia.

Tertarik mencoba deretan puding di atas?