7 Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Sakral dan Penuh Makna

Rabu, 14 Desember 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

7 Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Sakral Dan Penuh Makna

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram.com/morden.co)

Ladiestory.id - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah sah menjadi pasangan suami istri. Kaesang dan Erina telah melaksanakan akad nikah yang bertempat di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022).

Namun, sebelum acara akad nikah tersebut dilaksanakan, baik Kaesang maupun Erina telah menjalani serangkaian prosesi adat Jawa. Bahkan sejak Kamis (8/12/2022), rangkaian acara pernikahan keduanya telah dimulai. Nah, Ladiestory.id telah merangkum tujuh rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang sakral serta penuh makna. 

Semaan Al-Qur'an

Erina Gudono menggelar Semaan Al-Qur'an. (Instagram.com/erinagudono)

Dalam tradisi Jawa, sebelum dilangsungkan acara pernikahan maka dilaksanakan terlebih dulu acara semaan Al-Qur'an atau pengajian. Acara ini umumnya dilaksanakan di kediaman calon mempelai wanita.

Erina Gudono menggelar acara semaan Al-Qur'an pada Kamis (8/12/2022). Acara tersebut berlangsung khidmat dan dihadiri oleh keluarga besar Erina Gudono. 

Pemasangan Bleketepe

Pemasangan bleketepe menjelang pernikahan Kaesang dan Erina. (Instagram.com/morden.co)

Dalam adat Jawa, untuk menandai akan dilaksanakannya pernikahan, maka di rumah kedua mempelai dipasang bleketepe. Bleketepe adalah sebuah anyaman yang terbuat dari daun kelapa. Keluarga Kaesang Pangarep juga tidak ketinggalan untuk melakukan pemasangan bleketepe pada Jumat (9/12/2022).

Pemasangan bleketepe ini bertujuan untuk membuang hal-hal buruk dalam pernikahan yang akan dijalani oleh Kaesang dan Erina. Selain itu, bleketepe juga bisa menjadi simbol bahwa tuan rumah sudah siap menerima tamu. 

Prosesi Langkahan

Erina Gudono melakukan prosesi langkahan. (Instagram.com/erinagudono)

Erina Gudono merupakan putri ketiga dari pasangan Gudono dan Sofiatun. Kedua kakak dari Erina Gudono belum menikah, sehingga ia diharuskan melaksanakan prosesi langkahan. Dalam prosesi ini, Erina Gudono meminta restu dan izin dari kedua kakaknya yang belum menikah.

Tujuan dari adanya prosesi langkahan ini adalah agar kedua kakaknya yang "dilangkahi" ikhlas melepas masa lajang Erina Gudono. Dalam adat Jawa, saudara yang "dilangkahi" juga boleh meminta sesuatu sebagai "plangkah" dari sang adik. 

Siraman

Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman. (Instagram.com/morden.co)

Baik Kaesang maupun Erina melakukan prosesi siraman menjelang acara pernikahan. Prosesi siraman keduanya dilaksanakan pada Jumat (9/12/2022) dan digelar di tempat yang berbeda. Kaesang melaksanakan prosesi siraman di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Sementara, Erina menggelar acara siraman di Mlati Sleman, Yogyakarta. 

Prosesi siraman ini memiliki makna sebagai simbol kasih sayang orang tua kepada calon pengantin. Dalam acara siraman Kaesang dan Erina, pasangan ini menggunakan air dari tujuh sumber mata air. 

Midodareni

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi midodareni. (Instagram.com/erinagudono)

Pada malam hari menjelang acara akad nikah, yaitu tepatnya pada Jumat (9/12/2022), dilaksanakan malam midodareni. Kaesang beserta keluarga besarnya mendatangi rumah Erina Gudono di Yogyakarta. Kedatangan Kaesang dan keluarga adalah dalam rangka melamar Erina Gudono. 

Namun, pada acara ini, Kaesang tidak diperbolehkan bertemu dengan Erina. Hal ini dikarenakan Erina masih dipingit. Hanya Iriana, yang merupakan ibu Kaesang, yang boleh melihat Erina. 

Akad Nikah

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram.com/morden.co)

Dari seluruh rangkaian acara pernikahan, akad nikah merupakan acara puncak. Kaesang dan Erina telah melaksanakan akad nikah pada Sabtu (10/12/2022). Acara akad nikah keduanya dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan juga para artis.  

Dalam acacara ini, mereka mengenakan busana khas Yogyakarta. Erina yang mengenakan riasan paes ageng juga terlihat semakin anggun.

Ngunduh Mantu

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar acara ngunduh mantu. (Special)

Setelah acara akad nikah dilaksanakan, maka prosesi selanjutnya dari pernikahan Kaesang dan Erina adalah ngunduh mantu. Acara ngunduh mantu dilaksanakan pada Minggu (11/12/2022).

Acara ngunduh mantu dimulai dengan dilaksankannya kirab dari Loji Gandrung, Solo menuju Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Kemudian, pada malam harinya diadakan pesta resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang mengundang pejabat negara dan juga artis tanah air.