Rayakan HUT ke-77 RI, Jokowi dan Iriana Kompak Pakai Baju Adat Buton

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:30:00

Rayakan Hut Ke-77 Ri, Jokowi Dan Iriana Kompak Pakai Baju Adat Buton

Jokowi dan Iriana Kenakan Pakaian Adat Buton (Special)

Ladiestory.id - Joko Widodo kerap mengenakan pakaian adat, setiap kali menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kali ini, giliran pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara yang menjadi pilihan Jokowi dan Iriana.

Iriana tampil elegan dengan baju atasan dan bawahan berwarna biru cerah dengan hiasan ornamen emas. Untuk aksesorisnya, Ibu Negara memakai syal biru dan sapu tangan dengan warna senada. Penampilan Iriana pun dilengkapi dengan mahkota emas yang berukuran cukup besar.

Tidak ketinggalan dari sang istri, Jokowi juga mengenakan baju Dolomani dari Buton yang biasa dipakai oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad. Baju tersebut berbentuk jubah panjang warna merah dengan ornamen putih, dan dipadu dengan celana merah dengan hiasan senada. Tidak lupa dengan kopiah berwarna merah dan putih. 

Untuk dalamannya, Jokowi mengenakan kemeja putih berhias payet yang tampak selaras dengan ornamen jubah merah. Jokowi juga membawa tongkat Kesultanan Buton saat dirinya menjadi inspektur upacara pada Rabu (17/8/2022).

Pakaian Jokowi dan Iriana dijahit khusus oleh penjahit lokal asal Baubau, Camapaga Tailor, Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya Kepala Negara, para tamu yang ikut serta memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Mengutip dari laman resmi Presiden RI, Menteri Kesehatan RI memilih mengenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Budi Ganidi Sadikin menyebutkan alasan pemilihan baju ini berkaitan dengan persiapan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

“Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa,” ujar Mentri Kesehatan RI.