?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 6 HAL YANG HARUS DIKETAHUI SAAT MEMILIH PERHIASAN BERLIAN

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Perhiasan Berlian

LS Lifestyle
Durasi baca: 4 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Perhiasan Berlian

Frank & co. Memiliki perhiasan berlian seperti model cincin berlian, kalung berlian dan sebagainya, menjadi kebanggan sekaligus keistimewaan sendiri. Namun, memiliki berlian tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu diketahui saat memilih perhiasan berlian.

Cara Memilih Perhiasan Berlian bagi Pemula

Ada pepatah yang menyebut, “Diamonds are girls’ best friend”. Rasanya pepatah ini betul. Setiap perempuan umumnya menyukai perhiasan, apalagi yang berkilauan seperti cincin emas putih atau pun kalung emas putih yang dikombinasikan dengan  sentuhan berlian. Selain model dan bentuknya yang indah, beragam perhiasan berlian tersebut memiliki harga yang istimewa. 

Seperti diketahui, harga perhiasan berlian bisa mencapai puluhan juta hingga milyaran. Berlian merupakan batu mineral alami yang memiliki kandungan karbon murni dengan kadar hingga 99,95% yang terbentuk dari proses suhu dan tekanan yang sangat tinggi di dalam perut bumi. Di samping itu, berlian memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh batu mulia lainnya, yaitu kemampuannya untuk memantulkan cahaya dengan sangat baik. Tak heran, bila banyak perempuan yang ingin memiliki berlian. Lantas, bagaimana cara memilih perhiasan berlian yang berkualitas? Berikut ini tips memilih perhiasan berlian berdasarkan 6C bagi pemula. 

Baca juga: Tips Pemakaian Skincare Yang Benar Untuk Kulit Remaja

Carat

Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas berlian, salah satunya ukuran carat atau karat berlian. Semakin besar karat berlian, semakin mahal harganya. Tentunya semakin bagus juga kualitasnya. Akan tetapi, ukuran karat berlian ini berbeda dengan ukuran gram emas. Misalnya, jika satu karat berlian seharga Rp100 juta, dua karat berlian bisa jadi senilai Rp300 juta. Meski begitu, kamu tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan daya beli atau budget yang dimiliki  demi menjamin kestabilan kondisi finansial.

Color

Color atau warna berlian turut menentukan keindahan, kemewahan, juga harga. Umumnya, berlian berwarna putih atau bening, tapi ada pula yang berwarna kuning, coklat, merah, hijau, dan sebagainya. Warna di luar warna normal ini disebut fancy color. 
Fancy color ini disebabkan oleh zat-zat lain yang ikut terbawa dalam proses pemampatan. Akibatnya, menimbulkan warna seperti nitrogen yang menyebabkan warna kekuningan, atau kristal lain yang membuatnya kecoklatan. Namun, berlian terbaik adalah berlian putih. Semakin putih berlian, semakin tinggi  harganya. Begitu pun sebaliknya. Semakin berwarna berlian, semakin rendah nilainya. 

Gemological Institute of America (GIA), lembaga terpercaya yang menangani mengenai perhiasan, membagi skala warna berlian dari D sampai  Z. Tingkat warna berlian tertinggi dengan warna paling sedikit atau putih digolongkan dalam skala D, sedangkan tingkat warna berlian terendah dengan warna yang banyak diberi skala Z. Di toko perhiasan terpercaya seperti Frank & co, warna standar yang digunakan adalah F color.

Clarity

Clarity atau kejernihan berhubungan dengan kemurnian berlian. Sama dengan  kebanyakan batu mulia lainnya, berlian juga tak luput dari noda atau cacat yang mempengaruhi tingkat kejernihannya. Noda ini bisa berupa goresan, titik, atau bentuk gelembung air. GIA membagi kejernihan berlian berdasarkan tingkatan. Semakin jernih berlian, semakin tinggi harganya. Pertama, flawless alias tanpa noda. Kedua, internally flawless (IF). Kondisi ini tidak ada cacat di dalam, tapi memiliki bekas tanda di luar berlian yang hanya dapat dilihat menggunakan alat khusus.

Ketiga, very very slightly included. Berlian memiliki noda di bagian dalam berlian yang hanya bisa dilihat dengan teropong berlian. Keempat, very slightly included, yakni noda di bagian dalam berlian yang tidak terlihat dengan mata telanjang, tapi mudah tampak jika memakai teropong berlian. Terakhir, include. Kondisi cacat dalam jumlah banyak dan dapat dilihat dengan mata telanjang maupun kaca pembesar. 

Baca juga: Desain Cincin Tunangan dengan Model Pave Terbaik


Cutting

Cutting merupakan bentuk irisan atau potongan berlian. Kesempurnaan potongan berlian akan berpengaruh pada cahaya atau pantulan berlian. Berlian yang dipotong dengan tepat akan menghasilkan pantulan cahaya yang cemerlang walau warna dan kejernihannya kurang baik. Sebaliknya, meski memiliki kejernihan dan warna yang baik, berlian tidak akan terlalu berkilau bila potongannya tidak simetris. 

Semakin simetris potongan berlian, ditambah presisi dan kerapihan hasil irisan, semakin besar harga berlian. GIA menggolongkan menentukan tingkatan mutu pemotongan berlian mulai yang tertinggi hingga terendah, yakni excellent, very good, good, fair, dan poor. 

Certificate

Selain komponen berlian, hal yang tak kalah penting yang harus diketahui dalam memilih perhiasan berlian, baik itu dalam bentuk kalung, anting, gelang, maupun cincin berlian wanita adalah sertifikat berlian. Pastikan membeli berlian yang memiliki sertifikat dari GIA. 

Berlian yang memiliki sertifikat umumnya yang berukuran di atas 0,5 karat. Keberadaan sertifikat berlian ini amat dibutuhkan. Selain menandakan bahwa berlian sudah berkualitas, aman, serta asli, juga memudahkan kamu saat hendak menjual kembali karena berlian tak diragukan lagi kualitasnya. Sertifikat ini juga menjadi jaminan bahwa berlian dibeli dari sumber terpercaya. Di dalam sertifikat juga menjelaskan mengenai karakteristik dan komponen berlian yang sudah dijelaskan di atas serta harga berlian sehingga memudahkan pembeli. 

Confidence

Meski tidak berkaitan dengan kondisi berlian, confidence atau kepercayaan perlu dimiliki saat hendak membeli berlian. Tanpa adanya kepercayaan, sulit bagi kita untuk memiliki berlian. Karena itu, demi mendapatkan kepercayaan, kebanyakan orang memilih membeli berlian di toko terpercaya seperti Frank & co. Dengan demikian, berlian yang dibeli tidak diragukan lagi kualitas serta keasliannya. Frank & co. menyediakan berbagai jenis dan model perhiasan berlian, salah satu koleksi yang paling laku adalah model cincin berlian.

Baca juga: 5 Anting Berlian Ini Menjadi Koleksi Termahal di Dunia

Nah, itu dia yang harus diperhatikan saat memilih perhiasan berlian. Semoga bisa membantu kamu memilih berlian ketika membelinya nanti ya.

Tips memilih perhiasan berlian Cincin berlian wanita Kalung perhiasan Perhiasan emas putih Model gelang emas terbaru Cincin tunangan perhiasan cincin Model cincin tunangan Model cincin kawin emas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle