5 Rekomendasi Film Anime Terbaik, Sudah Nonton Belum?

Sabtu, 27 November 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Rekomendasi Film Anime Terbaik, Sudah Nonton Belum?

Foto: productNation

Ladiestory.id - Tak hanya drama Korea saja yang bisa bikin kita baper. Film anime Jepang juga jago mengaduk-aduk perasaan penontonnya dan nggak kalah seru. Di dunia hiburan, seniman Jepang terkenal dengan karya anime yang memiliki alur cerita out of the box, yang membuat penontonya takjub.

Film Anime Terbaik

Semua jenis anime dari Jepang selalu berhasil memikat hati para penggemarnya. Salah satu ciri film anime Jepang adalah plot twist di akhir cerita yang selalu diluar dugaan para penontonnya.

Saat ini sudah terdapat ratusan film anime, namun kami akan rekomendasikan beberapa judul film anime terbaik yang wajib kamu tonton.

1. My Neighbor Totoro (1988)

Foto: IMDb

Tonari no Totoro atau My Neigbor Totoro adalah film anime dari produksi Studio Ghibli. Meski terbilang jadul, anime ini tetap dikenang sebagai salah satu yang terbaik.

Film anime ini mengisahkan tentang dua orang kakak beradik  yaitu Satsuki dan Mei. Mereka pindah ke sebuah pedesaan bersama dengan ayahnya, untuk mengunjungi ibunya yang dirawat di rumah sakit.

Saat akan menempati sebuah rumah di desa tersebut, mereka dikejutkan dengan sosok makhluk besar dan berbulu (Totoro). Mereka merasa ketakutan sekali, untungnya makhluk tersebut bersikap ramah dengan kedua saudara tersebut. Dari sinilah pertemanan mereka dimulai. Berbagai macam hal ajaib terjadi, dan mereka sering bermain bersama.

2. Grave of The Fireflies (1988)

Foto: Rotten Tomatoes

Masih dari Studio Ghibli, yang memang jenius dalam memproduksi film anime. Salah satunya Grave of The Fireflies. Film anime tersedih ini menceritakan tentang Seita dan Setsuko, sepasang kakak beradik yang kehilangan orangtua dan rumahnya akibat Perang Dunia II.

Mereka sempat tinggal dengan bibinya yang kejam, sebelum akhirnya mereka memutuskan pergi dan tinggal di goa. Di dalam goa mereka mengandalkan kunang-kunang sebagai penerangan, dan terpaksa mencuri buah-buahan untuk bertahan hidup.

Cerita ini memiliki alur yang cukup menyedihkan dan menguras air mata. Dimana kita bisa melihat dampak buruk akibat terjadinya peperangan.

3. Spirited Away (2001)

Foto: Caelan Campbell

Studio Ghibli memang rajanya produksi film anime yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Spirited Away tercatat sebagai salah satu film anime dengan pemasukan terbesar di Jepang dan memenangkan piala Oscar pada 2003.

Film ini menceritakan tentang Chihiro dan keluarganya yang berlibur ke sebuah pedesaan di Jepang. Di tengah perjalanan mereka melihat kampung yang sepi, dan di saat berjalan mereka berhenti di sebuah kedai makanan.

Tanpa berpikir panjang, kedua orang tua Chihiro memakan hidangan di kedai itu dan tiba-tiba berubah menjadi babi. Chichiro terkejut, berlari dan ketakutan tanpa sadar memasuki dunia roh. Di dunia roh Chihiro dibantu dengan arwah bernama Haku. Mampukah Chihiro keluar dari dunia roh dan menyelamatkan orang tuanya? Kamu harus nonton ya, biar nggak penasaran.

4. 5 Centimeters per Second (2007)

Foto: IMDb

5 Centimeters per Second merupakan film anime Jepang yang bergendre drama romantis. Film garapan Makoto Shinkai ini berhasil mendapatkan penghargaan Best Animated Feature Film pada ajang Asian Pacific Screen Awards 2007.

Film ini bercerita tentang Takaki Tono yang menyukai teman masa kecilnya, Akari Shinohara. Sayangnya, Akari harus pindah karena pekerjaan orang tuanya. Akhirnya mereka menjalin komunikasi melalui surat, sebelum akhirnya Akari kian menjauh.

Ketika Tanaki sudah tumbuh dewasa dia memutuskan untuk mencari Akari. Kisah cinta yang memiliki plot twist ini berhasil membuat baper para penontonnya.

5. Wolf Children (2012)

Foto: Amazon

Wolf Children memiliki judul asli Ookamu Kodomo no Ate to Yuki. Film ini disutradarai oleh Mamoru Hosoda. Film anime ini mengisahkan tentang seorang mahasiswi yang bernama Hana jatuh cinta kepada seorang pria misterius.

Suatu ketika pria tersebut mengungkapkan bahwa dia bisa berubah menjadi serigala, namun karena terlanjur mencintainya Hana menerima dan akhirnya mereka menikah.

Suami Hana meninggal karena kecelakaan, Hana terpaksa membesarkan kedua anaknya seorang diri. Membesarkan kedua anak setengah serigala membuat Hana berpindah ke desa terpencil jauh dari penduduk. Bagaimana akhir ceritanya? Tonton filmnya secara langsung, ya.

Itulah sekilas tentang beberapa film anime jadul terbaik. Jadi yang mana nih, yang sudah kamu tonton?