1. Lifestyle
  2. 6 Rekomendasi Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan
Lifestyle

6 Rekomendasi Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

6 Rekomendasi Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan. (Special)

Ladiestory.id - Menikmati  musim hujan di awal 2023 dengan menyantap aneka makanan yang menghangatkan tubuh merupakan pilihan yang tepat. Saat musim hujan tiba, sebagian orang biasanya mengalami peningkatan nafsu makan karena didukung oleh udara yang dingin.

Banyak aneka makanan khas Indonesia yang bisa kamu jadikan santapan untuk menghangatkan tubuh. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, beberapa jenis makanan berikut juga mudah kamu temukan di mana saja. Ladies, kira-kira makanan apa saja ya? Agar tidak penasaran yuk, simak 6 rekomendasi makanan yang cocok disantap saat musim hujan.

Mi Kuah

Ilustrasi mi kuah. (Special)

Mi kuah atau mi rebus menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk disantap saat musim hujan. Mi kuah sendiri terdiri dari berbagai jenis olahan di berbagai daerah misalnya mi kocok dari Bandung, mi Celor dari Palembang, dan masih banyak lagi olahan mi kuah lainnya.

Bagi kamu yang tidak suka ribet, maka kamu bisa mengolah mi kuah instan. Agar semakin lezat dan nikmat kamu bisa menambahkan bahan lainnya seperti sosis, bakso, telur, dan aneka sayuran.

Bakso

Ilustrasi bakso. (Special)

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah menikmati atau mencicipi jenis makanan yang satu ini. Ya, bakso menjadi salah satu jenis makanan yang bisa dinikmati kapan saja. Tapi, menikmati bakso saat musim hujan tentu akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Makanan yang menggunakan bahan baku daging cincang ini disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Agar semakin pas di lidah, kamu bisa menambahkan komponen lain seperti sambal, saos, dan juga kecap.

Sop

Ilustrasi sop. (Special)

Kuah kaldu yang pekat dipadukan dengan rempah-rempah Indonesia, dan campuran sayuran membuat sop menjadi makanan yang bisa memberikan sensasi hangat di tubuh.

Olahan sop sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti sop ayam, sop daging, sop buntut, sop jagung, dan sop kambing. Semua jenis sop tersebut sangat cocok dinikmati saat musim dingin atau musim hujan.

Soto

Potret Soto Pangandaran. (Special)

Hampir di setiap wilayah yang ada di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing, salah satunya soto. Banyak jenis soto yang bisa kamu nikmati, mulai dari soto Betawi, soto Makassar, soto Semarang, dan beberapa jenis soto lainnya sesuai dengan wilayah. 

Pada dasarnya, soto adalah nasi hangat yang dicampur dengan kaldu ayam atau sapi, lalu diberikan tambahan bihun, telur, serta pelengkap lain yang membuat citarasa semakin nikmat. Bagi kamu yang sedang lapar di musim hujan, makanan yang satu ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Gulai

Gulai Kambing (shutterstock)

Gulai atau yang sering disebut gule merupakan makanan yang berasal dari Pulau Sumatera. Biasanya, gulai menggunakan bahan baku ayam, daging sapi atau kambing, dan jeroan. Bagi kamu yang vegetarian, kamu bisa konsumsi gulai sayur yang terbuat dari daun singkong atau nangka.

Perpaduan kuah dengan bumbu yang pekat sangat nikmat untuk disantap apalagi saat pada musim hujan. Gulai biasanya disajikan dengan nasi putih, kerupuk, dan sambal.

Pempek

Ilustrasi pempek. (Special)

Makanan yang satu ini berasal dari Palembang, dengan citarasa kuah yang segar pempek bisa kamu nikmati kapan saja, terutama saat musim hujan. Kuah pempek atau yang sering disebut cuko menawarkan sensasi rasa manis dan asam. 

Kuah tersebut sangat cocok dipadukan dengan irisan pempek yang terbuat dari daging ikan tenggiri. Kamu juga bisa menambahkan irisan timun dan sambal agar rasanya lebih nikmat dan mantap. Itulah enam rekomendasi makanan yang cocok disantap saat musim hujan. Ladies, kamu suka yang mana?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel