Replika Hadirkan Teknologi AI yang Dapat Berikan Suasana Meditasi untuk Pengguna

Kamis, 1 Februari 2024 | 16:41:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Replika Hadirkan Teknologi Ai Yang Dapat Berikan Suasana Meditasi Untuk Pengguna

Tomo Visual. (Theverge.com)

Ladiestory.id - Perusahaan penyedia teknologi artificial intelligence (AI), Replika, tengah menguji coba sebuah aplikasi kesehatan dan meditasi berbasis teknologi AI, yang disebut dengan Tomo. Aplikasi yang saat ini sudah tersedia di IOS store disebut dapat membawa pengguna ke tempat peristirahatan di sebuah pulau virtual.

Tomo menawarkan program untuk membantu orang mengeksplorasi pertumbuhan pribadi, kesejahteraan mental, dan kepuasan. Ini juga menyediakan meditasi terpandu, yoga, kelas afirmasi, dan, yang paling penting, terapi bicara. 

Pengguna dapat mencoba Tomo secara gratis selama tiga hari, setelah itu mereka harus memilih antara membayar 7,99 dolar AS (Rp126 ribu) per minggu atau 49,99 dolar AS (Rp788 ribu) per tahun. 

Dilansir dari The Verge Online, saat pertama kali membuka aplikasi Tomo, pengguna akan disambut dengan musik yang menenangkan seolah sedang berada di tempat spa. 

Kemudian, avatar karakter Tomo yang digambarkan sebagai seorang wanita muda berdiri di depan rumah tradisional Jepang di sebuah pulau dan memberikan pertanyaan apa yang hendak dilakukan oleh pengguna. Setelah pengguna menjawab beberapa pertanyaan, profil pengguna akan terbentuk.

Pendekatan yang diadopsi aplikasi Tomo dengan pengguna dibuat seolah tengah berkonsultasi dengan sosok terapis menggunakan chat.

Tomo Visual. (Theverge.com)

“Kami bekerja dengan pelatih dan psikolog untuk membuat program untuk Tomo. Kami berfokus pada masalah yang paling umum, namun juga memikirkan solusi terbaik untuk percakapan dengan AI,” kata Eugenia Kuyda, pendiri dan CEO Replika, dilansir dari The Verge Online.

“Kami memiliki banyak pengalaman dalam membangun program pelatihan untuk Replika dengan psikolog klinis dari UC Berkeley, bagi Tomo, kami memperluasnya ke guru mindfulness untuk menggabungkan praktik Timur dan Barat," lanjutnya.

Setelah percakapan awal, pengguna dapat menjelajahi aktivitas atau area lain di pulau tersebut. Seperti contoh yang dilansir dari The Verge Online, Tomo merangkum bahwa di pertanyaan awal pengguna dinilai stres bekerja hingga kurang tidur.

Tomo pun menghadirkan program yang berkisar dari menguasai seni keseimbangan kehidupan kerja, mendorong motivasi, dan meningkatkan kualitas tidur, yang hadir dalam bentuk modul yang dapat diselesaikan pengguna dalam waktu mulai dari dua minggu hingga satu bulan.

Aplikasi Tomo hanya baru tersedia untuk pengguna Apple. Namun, tidak perlu kecewa, karena Replika akan segera merilis Tomo untuk versi Android di akhir tahun 2024 mendatang. Tidak hanya itu, Replika juga berencana meluncurkan aplikasi di Vision Pro Apple, untuk memberi experience meditasi yang dipandu Tomo lebih mendalam.