Resep dan Tips Membuat Pancake Fluffy yang Lembut Khas Jepang

Senin, 22 November 2021 | 00:02:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Dan Tips Membuat Pancake Fluffy Yang Lembut Khas Jepang

Foto: foodnetwork

Ladiestory.id - Pancake mungkin bukan makanan yang asing lagi. Sama seperti kue, pancake adalah kue dadar yang dibuat dari campuran bahan-bahan seperti terigu, telur ayam, gula dan susu.

Jika biasanya kue di oven, untuk pancake biasanya dibentuk adonan yang kental, kemudian digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit mentega. Nah, setelah matang, panecake bisa dihidangkan, biasanya pancake dihidangkan bersam madu dan buah-buahan seperti stroberi.

Resep Pancake Fluffy ala Jepang

Foto: Dok. House&Home

Ternyata pancake sendiri memiliki banyak macam, salah satunya pancake asal Jepang yang dikenal dengan pancake fluffy. Karena teksturnya yang lembut membuat pancake fluffy sangat tren saat ini.

Pancake ini juga dikenal sebagai pancake Jepang. Meskipun asalnya dari luar negeri, tidak membuat pancake ini cara pengolahannya sulit.

Sebenarnya cara membuat pancake fluffy sangat mudah, sama seperti membuat pancake pada umumnya. Tetapi kamu perlu cermat dalam memahami resep dan cara pembuatannya. Pancake ini bertekstur lembut dan tebal dengan bagian luarnya yang garing.

Nah bila kamu ingin pancake tebal bisa dicetak lebih tinggi. Usahakan selalu gunakan api kecil saat memasaknya supaya nanti bagian luar pancake kering secara merata.

Cara pembuatannya sangat mudah sama seperti membuat pancake pada umunya. Tanpa membelinya di cafe, kamu pun juga bisa menikmati pancake fluffy ini. Nah berikut ini resep, cara pembuatan, dan sedikit tips mengenai pancake fluffy supaya kamu bisa mencobanya di rumah.

Untuk resep kali ini dibuat untuk 8 porsi, dengan waktu pembuatan 45 menit, waktu persiapan 15 menit, waktu memasak 30 menit. Yuk ikuti resep dan petunjuknya dengan cermat supaya pancake kamu bisa jadi.

Foto: foodnetwork

Bahan utama:

  • 200 gram tepung terigu
  • 60 gram gula pasir
  • 2 sdt baking powder double acting
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt garam
  • 300 ml susu cair putih
  • 4 sdm mentega (lelehkan terlebih dahulu)
  • 1 sdt essent vanili
  • 1 kuning telur (kocok sampi mengembang)
  • 3 putih telur
  • ¼ sdt cream of tartar

Bahan pelengkap:

  • sirop maple
  • gula bubuk
  • buah segar
  • madu.

Cara membuat pancake:

1. Siapakan tempat terlebih dahulu, kemudian campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, soda kue dan garam menjadi satu.

2. Siapkan tempat lain, kemudian campurkan susu, lelehan mentega, dan essent vanili, kocok sampai semua bahan tercampur sampai rata.

3. Setelah itu tuangkan campuran susu ke dalam tempat berisi campuran tepung sambil terus diaduk secara perlahan hingga menjadi adonan yang licin.

4. Siapkan tempat yang kering dan bersih, lalu kocok putih telur dengan cream of tartar hingga benar-benar mengembang halus.

5. Kemudian tuangkan secara bertahap dalam adonan tepung, tuang dengan perlahan dan ringan hingga semua bahan tercampur rata.

6. Siapkan wajan anti lengket (teflon) lalu panaskan wajan tersebut di atas api sedang.

7. Oleskan mentega di atas wajan, kemudian tuang satu sendok besar adonan kemudian tutup wajan dan tunggu sampai adonan berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan kering.

8. Jika dirasa sudah matang, balikkan pancake sambil tekan pelan hingga membentuk bulatan. Masak hingga kering lalu angkat. Ulangi cara ini sampai seluruh adonan habis.

9. Sambil menunggu semua adonan habis. Kamu bisa menyiapkan sirop maple atau madu dan potongan buah segar.

10. Setelah matang, angkat dan tumpuk 2-4 pancake kemudian tuangkan madu diataanya lalu berikan potongan buah segar sebagai pemanis tampilan. Sajika selagi masih hangat supaya tekstur renyahnya bisa kamu nikmati.

Foto: bbcgoodfood

Tips membuat pancake:

1. Supaya pancake menjadi lembut membal, sebaiknya putih telur dikocok terpisah di tempat kering dan bersih tanpa jejak minyak agar bisa mengembang bagus.

2. Jika kamu tidak ada cream of tartar bisa diganti dengan 1 sdm air jeruk lemon dikocok bersama putih telur.

3. Jangan terlalu kuat dan lama mengaduk adonan karena adonan akan keras. Nah terutama saat mengaduk dengan putih telur kocok, cukup lakukan perlahan saja, ya!

Nah, itu dia informasi mengenai resep dan tips membuat pancake fluffy. Sangat mudah, bukan? Jika kamu tertarik untuk mencobanya di rumah, jangan lupa untuk cermati resep di atas, ya. Selamat mencoba!