Resep Sanggara Balanda, Makanan Khas Orang Bugis

Selasa, 11 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Resep Sanggara Balanda, Makanan Khas Orang Bugis

Sanggara Balanda. (Special)

Ladiestory.id - Apa kamu pernah mendengar makanan Sanggara Balanda? Nah, makanan ini merupakan salah satu camilan khas orang Bugis, Sulawesi Selatan. Nama Sanggara Balanda sendiri memiliki arti tertentu.

Sanggara dalam bahasa bugis memiliki arti pisang goreng, sedangkan kata Balanda berasal dari kata Belanda. Oleh karena itu, camilan ini dinamai Sanggara Balanda, karena dulunya dibuat pada zaman penjajahan Belanda di Sulawesi Selatan.

Jadi, bisa dibilang camilan yang satu ini menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Menariknya, makanan ini menjadi makanan favorit orang bugis saat berbuka puasa. Hal tersebut karena makanan ini memiliki rasa manis, seperti halnya takjil. Sanggara Balanda sendiri selalu disajikan dalam keadaan segar, karena camilan ini bukan tipe camilan yang bisa tahan lama.

Ciri khas tersendiri dari Sanggara Balanda, yakni penggunaan bahan, yang hanya boleh pisang raja yang sudah benar-benar matang. Pisang lain dianggap kurang cocok karena biasanya aroma, tekstur, dan rasanya tidak sesuai.

Daripada penasaran bagaimana rasanya, lebih baik kamu coba untuk membuatnya. Pembuatan Sanggara Balanda sebenarnya cukup mudah. Tak perlu bahan yang susah dan proses yang sulit untuk mengolahnya. Kali ini, Ladiestory.id sudah merangkum resep pembuatan Sanggara Balanda yang bisa kamu tiru. Simak ya!

Bahan yang Dibutuhkan untuk Sanggara Balanda

Sanggara Balanda. (Special)

Satu sisir pisang raja yang sudah matang

Minyak goreng secukupnya

150 gram kacang panggang cacah atau kacang yang disangrai dan dihaluskan

2 sdm atau 30 gram gula pasir

2 sdm atau 30 gram mentega

Satu butir telur

Air matang

Cara Pengolahan Sanggara Balanda

Sanggara Balanda. (Special)

Siapkan satu sisir pisang raja yang telah matang, lalu kupas. Selanjutnya, goreng di minyak panas dengan api sedang. Kemudian, tetap pastikan selalu membalik pisang dan biarkan matangnya merata. Jika sudah harum dan sedikit kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Ambil satu butir telur, kemudian kamu kocok lepas. Lalu, masukkan pisang yang sudah digoreng tadi ke dalam kocokan telur. Baluri pisang dengan telur secara merata dan goreng kembali untuk yang kedua kalinya. Goreng sampai kecokelatan.

Jika bagian bawahnya sudah kecokelatan, kamu balik lagi dan biarkan matang merata. Kemudian, angkat dan tiriskan, lakukan hal itu sampai semua pisang selesai dimasak. Setelah itu, belah di bagian tengah pisang, tapi jangan sampai putus.

Siapkan wadah untuk membuat isian. Masukan sebanyak 150 gram kacang panggang cacah dalam wadah. Tambahkan 2 sdm atau 30 gram gula pasir, dan aduk merata. Tambahkan pula, 2 sdm mentega atau bisa juga pakai margarin dan campurkan hingga merata. Terakhir, ambil isian dan letakkan di tengah-tengah pisang yang sudah dibelah.

Inilah cara pengolahan Sanggara Balanda khas Sulawesi Selatan. Biasanya, camilan ini disajikan dengan kuah karamel. Untuk pembuatannya sendiri cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini!

Cara Buat Kuah Karamel

Sanggara Balanda. (Special)

Siapkan wajan atau panci, kemudian nyalakan kompor dengan api sedang. Masukkan gula pasir sebanyak 8 sdm atau sesuai selera. Tunggu hingga gula mencair dan membentuk karamel. Pada tahap ini, gula jangan diaduk terus-menerus agar tidak mengkristal. Apabila sudah mencair, baru boleh di aduk secara perlahan.

Lalu, biarkan meleleh dengan sempurna, berubah warna menjadi kecokelatan, dan matikan kompor. Selanjutnya, tuangkan air sebanyak 250-300 ml ke dalam gula yang telah dimasak. Biarkan air menyatu dengan karamel. Terakhir, tuangkan secukupnya kuah karamel ke Sanggara Balanda.