Tahun Baru Lebih Produktif, Yuk Konsisten Terapkan 5 Hal Inspiratif Ini!

Senin, 2 Januari 2023 | 14:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tahun Baru Lebih Produktif, Yuk Konsisten Terapkan 5 Hal Inspiratif Ini!

Ilustrasi perempuan melakukan kegiatan produktif. (Special)

Ladiestory.id - Memasuki tahun baru, tak sedikit orang mulai menyusun daftar resolusi maupun impian yang ingin dicapai agar lebih bersemangat menjalani hari-hari ke depannya. Resolusi dideskripsikan sebagai proses perbaikan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam membuat resolusi, dianjurkan spesifik dan terukur, karena proses yang dijalani tidak instan, harus dimulai dari pencapaian akan hal kecil namun konsisten. Selain itu, kamu juga harus punya tujuan yang jelas. Nah, berikut beberapa ide resolusi tahun baru inspiratif yang bisa kamu terapkan!

Ilustrasi memasak. (Special)

Agar tahun yang baru terasa lebih semangat dan penuh tantangan, kamu harus mencoba aktivitas baru. Jadikan momen ini untuk mencoba hal-hal baru, yang berbeda dari apa yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. 

Tidak ada salahnya menambah ilmu yang belum pernah dilakukan, seperti memasak, membuat kue, bercocok tanam, membaca lebih banyak buku, melukis, bahkan journaling. Siapa tahu, keterampilan dan hobi baru tersebut bisa menjadi ide bisnis di masa depan nanti.

Contohnya, belajar memasak memungkinkan kamu untuk menghemat uang, bisa makan makanan yang lebih sehat, dan membuat pasanganmu terkesan. Kamu bisa mulai memasak makanan yang sederhana, seperti pasta dengan melihat resep dari internet atau buku masak. Untuk membeli peralatan dapur dan bahan makanan, kamu bisa mulai cicil untuk membeli produknya dan mendapatkan promo menarik di Shopee.

Ilustrasi menjalin relasi. (Special)

Setiap orang pastinya membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Memasuki tahun baru, kamu bisa membuat resolusi untuk memperbanyak relasi dengan orang sekitar.

Bertemu orang baru dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan tentunya memberikan keuntungan lainnya, seperti dapat membuka peluang bisnis baru, menjalin kerjasama, hingga bertukar ide brilian. Jangan ragu untuk berkelana dengan teman dan rekan kerja baru, yang membawa positive vibes dan menjadi semangat baru untuk mencapai banyak hal. 

Ilustrasi jalan santai. (Special)

Memiliki gaya hidup sehat mungkin sudah menjadi daftar resolusi kamu setiap tahun. Akan tetapi, bagi sebagian orang resolusi ini hanya menjadi tulisan saja dan tidak benar-benar dilaksanakan.

Buat kamu yang pemula, berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari merupakan olahraga yang mudah, gratis, dan merupakan cara yang menyenangkan untuk membuat kamu tetap aktif dan sehat. Namun, apabila kamu ingin olahraga yang lebih ekstrem dan menantang, kamu bisa mencoba tenis, cycling, archery atau rock climbing.

Selain itu, pastikan kamu lebih berkomitmen untuk bergerak. Pasalnya, olahraga sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas.

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

Lebih bijak dalam mengatur keuangan bisa menjadi awal yang baik demi masa depan yang cerah. Mulailah untuk mengatur gaji dan pengeluaran dengan menentukan terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus diprioritaskan, seperti kebutuhan pokok rumah tangga, hingga tagihan listrik.

Namun, tidak ada salahnya untuk menghasilkan uang tambahan, baik melalui freelance atau buka bisnis kecil-kecilan. Bila kamu memiliki hobi, seperti membuat kerajinan tangan atau membuat kue, kamu bisa mulai menjual hasil karya kamu. Siapa tahu, bisnisnya sukses dan menguntungkan.

Nah, untuk memudahkan saat memulai bisnis, kamu tidak perlu khawatir akan persiapan kebutuhan usaha karena Shopee memiliki metode pembayaran SPayLater. Hal ini memungkinkan kamu membeli perlengkapan dan kebutuhan dasar terlebih dahulu, dan membayarnya pada bulan berikutnya atau dengan metode cicilan selama beberapa bulan.

Ilustrasi dekorassi rumah. (Special)

Sudah bosan dengan dekorasi di rumah? Yuk, ganti dekorasi rumah kamu di tahun baru nanti biar terlihat lebih fresh.

Pertama-tama, tentukan tema baru yang unik, seperti scandinavian, japandi, atau monokrom. Jika tidak ingin melakukan banyak perubahan, kamu bisa mulai dengan mengganti warna cat dinding rumah sesuai dengan tren.

Kamu pun bisa mengganti beberapa furnitu, seperti sofa dengan warna yang berbeda, standing lamp, pajangan di ruang tamu, ataupun berikan sentuhan segar di ruangan dengan memberikan tanaman hias. Buatlah suasana baru yang nyaman agar semakin betah.